Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Kram pada kaki / betis : penyebab, tindakan & cara pencegahannya

43 Komentar

Teman, apakah kau termasuk orang yang sering merasakan kram otot pada bagian kaki / betis ?

Sayangnya..begitulah diriku… Entah kenapa, akhir2 ini cukup sering mengalami kram ringan pada  telapak kaki, khususnya yang membuat jari-jari kaki serentak menguncup / tertekuk kebawah :(

Oleh karena itu, ketika beberapa waktu lalu menemukan artikel Tips Sehat di Harian Radar yang berjudul Pencegahan Kram Pada Kaki langsung deh kubaca habis dan kutulis di sini, sebagai pengingat kalau suatu waktu membutuhkannya lagi.  Ini dia ringkasannya :

Kram kaki adalah nyeri akibat spasme otot di kaki yang timbul karena otot berkontraksi terlalu keras.  Daerah yang paling sering mengalami kram adalah otot betis di bawah & di belakang lutut.

Faktor Penyebab Kram pada kaki :

  1. Otot yang kelelahan
  2. Penggunaan otot kaki yang berlebihan
  3. Kurangnya cairan elektrolit tubuh yang keluar melalui keringat
  4. Penumpukan asam laktat ( hasil metabolisme di otot )
  5. Terganggunya oksigenasi jaringan otot
  6. Terganggunya sirkulasi darah ke jaringan otot

Apa yang harus dilakukan bila tiba-tiba mengalami kram pada kaki :

  • Cari tempat duduk / tempat bersandar
  • Lepaskan alas kaki / sepatu
  • Angkat telapak kaki yg sakit ke atas pangkuan
  • Jangan membungkuk, karena posisi membungkuk bisa menekan daerah perut
  • Perhatikan arah tekanan otot ketika terjadi serangan kram : bila kram menyebabkan jemari kaki dalam keadaan menguncup, gunakan tangan anda untuk secara perlahan menekan jemari kaki kearah atas hingga membuka kembali.
  • Bila kram telah reda, pijat telapak kaki agar aliran darah kembali lancar.

Serangan kram akan menyebabkan kontraksi yang membuat otot memendek, terapi ke arah berlawanan dengan serangan kram akan membantu membuat otot kembali memanjang, namun harus dilakukan dengan perlahan karena gerakan secara paksa / tiba-tiba dapat berisiko merobek serabut otot itu.

Apa yg sebaiknya dilakukan bila kram betis :

  • Segera duduk atau bersandar pada dinding
  • Secara perlahan, luruskan kembali lutut dengan bantuan tangan
  • Jika lutut telah kembali lurus, pijat betis untuk melancarkan peredaran darah
  • Lakukan peregangan kaki termasuk telapak kaki
  • Meski kram sudah mereda, istirahat dulu beberapa menit sebelum kembali beraktifitas

Cara pencegahan kram :

  1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan cara banyak minum.  Minum setidaknya 6-8 gelas sehari, termasuk 1 gelas sebelum tidur.  Juga perbanyak minum sebelum, selama dan sesudah olah raga.
  2. Konsumsi makanan yang kaya kalsium, potasium dan magnesium.  Oya, 1-2 pisang sehari dapat mencukupi kebutuhan potasium kita.
  3. Bila sering mengalami kram betis saat tidur, maka perlu melakukan pelemasan otot betis sebelum tidur, tidur dengan posisi yang mencegah otot betis tertekan, usahakan agar jari-jari & telapak kaki tidak menghadap ke bawah saat tidur
  4. Hindari menggunakan alas kaki dengan hak tinggi, jika terpaksa menggunakan hak tinggi dalam waktu lama, sesekali lepaskan agar jari kaki mempunyai kesempatan untuk beristirahat
  5. Pilih sepatu yang tak terlalu ketat di bagian ujungnya, agar jari-jari kaki tidak terlalu tertekan saat melangkah & mengakibatkan kurang lancarnya peredaran darah
  6. Lakukan olah raga jari kaki yaitu dengan menggerak-gerakkan jari kaki sambil berdiri /  duduk santai
  7. Sering merendam kaki / jari-jari kaki di air hangat dan memijatnya agar aliran darah lancar.

***

Sumber : Artikel “Pencegahan kram pada kaki”  ditulis oleh dr. Dewi Susilowati pada Radar Pekalongan Edisi 19 November 2012.

About these ads

43 gagasan untuk “Kram pada kaki / betis : penyebab, tindakan & cara pencegahannya

  1. Saya sering banget nih Mba Mechta kram di daerah betis, terutama kramnya kerasa kalo pas lagi tidur. Tida-tiba otot ketarik. Kalo udah gitu sakit banget dan mau ga mau bakalan kebangun.
    Makasih Mba Mechta udah sharing… :)

    iya…sakit banget ya Dan.. pasti langsung kebangun deh, blom lagi paniknya selama blom ilang sakitnya… yah mudah2an catatan kecil ini ada manfaatnya buat kita ya…

  2. aku pernah tuh kram betis, jadinya menghindari tidur terlentang

    semoga tips2 dicatatan ini bisa membuat kram tak mampir2 lagi :)

  3. yang paling parah dari saya adalah, kram itu terjadi ketika saya sedang TIDUR..
    tiba tiba langsung keram di betis, sakitnya gak ketulungan.. :D

    begitulah… semoga tak terulang lagi ya.. :)

  4. minum itu penting. tapi kadang kalo ngga haus, suka kelupaan!
    info yang berguna!

    saya juga sedang membiasakan minum air puitih ini mas… masih suka lupa..haha…

  5. Bila kelelahan kram betis menghampiri saya Jeng, matur nuwun sanget artikelnya. Salam

    sami-sami Ibu… salam hangat saking Kota Batik :)

  6. Sebelum olahraga memang seharusnya melakukan pemanasan dulu ya jeng
    Saya termasuk yang kurang minum air putih. Kayaknya harus ditambah porsinya ya jeng
    Kram memang nggak enak blas, kadang sama mringis2.
    Hati2 kram di dada ya
    Terima kasih artikelnya yang sangat bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

    haha… leres Pakdhe… menawi pas kram…pringisan nahan sakitipun… weits…kram di dada=jantung napa?.. sereeem… :( Salam manget2 saking Kutho Batik, Dhe…

  7. Kalo pasien saya sering kram… ketika cairan yang dikeluarkan banyak efeknya jadi kram…

    Oh..saat cuci darah ya mas… lha trus, yg kram bagian mana? kaki, tangan, perut atau lainnya? *pertanyaan serius lho ini..* :)

  8. wahh.. terimakasih infonya. :D Nenek saya sering kram, hehe.. Mungkin akan saya kasih tau ini.

    salam kenal

    sama sama… terimakasih juga sdh mapir & salam kembali… Affi.. :)

  9. sering kram tuh mba,….palagi nek di depan leppy trus posisi duduknya ga ganti2… :D

    makanya… klo di depan leppy tiduran saja… lhoh! wkwkwk…

  10. Selamat pagi sahabat.
    Semoga anda sehat,sejahtera dan bahagia selalu.

    Dengan gembira saya kabarkan bahwa anda menjadi salah satu pemenang kuis tebak nama model di BlogCamp.

    Silahkan mengirimkan nama dan alamat agar tali asih dapat segera saya kirimkan.

    Terima kasih

    alhamdulillah… maturnuwun, Pakdhe :)

  11. Pakai veinoplus dari produk Prancise, dan sudah teruji klinis di dunia kedokteran…
    http://www.veinoplus.com
    Di indonesia hanya dijual secara direct selling oleh PT. SOHO, tidak ad di apotik..
    Jika berminat hub 085213759798. Wirya handoko Tasikmalaya.

    terima kasih infonya.. :)

  12. adek saya sekarang harus operasi akibat keram di betis nya dokter bilang ini udah infeksi,, awal nya sih saya gak percaya ,, tapi dokter suntik kaki adek saya yang udah membengkak besar,, dan hasil nya nanah yang di suntik itu tadi.. ,, KENAPA HAL SEPELE seperti naik betis atau keram biasa tadi itu malah jadi yang menakutkan bagi kita,,,

    ih… ngeri juga ya… kok bisa infeksi begitu ya?

  13. anak saya usia 6 th sering merasa kram di kakainya,terutama betis,saya jd khawatir sekali,apa penyebabnya ya??dan apakah berbahaya?

    mohon maaf ibu, karena bukan tenaga medis saya tidak bisa memberikan penjelasan… saran saya, periksakan putra ibu ke dokter anak atau pusat kesehatan terdekat sehingga bisa mendapatkan rekomendasi medis yang tepat…

  14. makasih ya non infony sngt bermanfaat bagi saya ……………

    alhamdulillah klo memang begitu

  15. saya setiap olah raga lari kenapa ya, kaki otot maupun persendian terasa lemas dan seperti tak bertenaga, apakah ini sakit reumatik atau apa ya,..mohon infonya.

    mohon maaf… saya tidak bisa memberi penjelasan ttg hal itu… saran saya, konsultasi dg tenaga kesehatan terdekat :)

  16. Kalo saya ada sakit otot di paha kanan bagian depan dan sudah berlangsung sejak SD belum sembuh total.Kalo kecapean kambuh sakitnya bukan main.Mohon info untuk kesembuhannya.makasih.

    Saran saya, konsultasi segera dengan petugas medis terdekat.. maaf saya tdk punya latar belakang medis jadi tidak bisa memberi saran penyembuhan :)

  17. kalau samah suka keram d perut tangan sama kaki itu karna penyakit apah

    silahkan diperiksakan ke tenaga medis terdekat ya… biar jelas & segera tertangani :)

  18. Waktu hamil, saya sering kram. Sekarang anak kedua saya sudah 8 tahun. Dua hari yang lalu kaki saya kram saat tidur padahal selama ini saya renang dan olah raga teratur. Juga tidak pernah memakai sepatu hak tinggi. Saya mungkin kurang konsumsi air putih

  19. Ya terima kasih atas sarannya..

    terima kasih kembali…

  20. aku sering kli kram jari kaki ,jari tangan,ataupun betis dan akhir ini frekuensix lbh sering bahkan d saat tdr,pdahal bnyk mnum air putih,jg gk sk pakai hak tinggi,klo kambuh suakit mnt ampun,bhkn naik motor pun bs kram sng mngganggu,,,

    sudah konsultasi ke tenaga medis terdekat? hayuu deh, daripada sakit berkelanjutan..

  21. Saya sudah 3 thn ini sering kram saat pagi hari, pas mau bangun,,,begitu ngulet….aduuuuuh….itu kempol eh…betis… kok sakiiiiiiit banget….. jane mung bbrp detit, tapi rasane pengin nagis , saking sakitnya.Dan merasa aneh aja, tdk ada luka, tdk ada penyakit, tiba2 si kempol eh….betis itu ERROR….Maturnuwun artikelnya. Mau kucoba dech saran2nya….

    sami2, Mas Yayo.. sudah periksa ke tenaga medis terdekat? mudah2an sakit tak berlanjut…

  22. well, terima kasih banget infonya, 2 bulan ini sy gampang bgt kena kram, di telapak tangan, jari kaki, betis, pergelangan kaki depan, paha bawah, rasanya ampun2..! thanks n GBU..

    sudahkah periksa ke tenaga medis terdekat? mudah2an segera daoat ditemukan penyebabnya shg tuntas teratasi ya…

  23. suamiku tiap hari kram kakinya, apa obatnya yaaaa

    sebaiknya periksa dulu ke tenaga medis terdekat, mbak.. biar jelas :)

  24. mau tanya. jadinya ini kram yang terjadi pada kaki, betis bisa berbahaya ga? maksudnya apa bisa stroke, karna saya sering kram di daerah jari kaki terus jari kakinya menguncup.# maaf cerewet#

    info yang sangat berguna.

    terimakasih sudah berkenan mampir mbak… namun maaf saya tidak bisa memberikan tinjauan medis karena tak punya latar belakang itu… monggo silahkan konsultasi dengan petugas medis terdekat saja… biar lebih jelas…

  25. kaki ku kemarin malam keram rasa nya sakit sekali saya kaget lalu saya terbangun dan saya bingung apa yang haris di lakukan eh saat mau di pijat sendiri udh hilang

  26. haris = harus
    oh ya tamabahan satu lagi apa yang terjadi jika cepat di atasi ? berbahaya atau tidak ?

    maaf, sebaiknya konsultasi langsung ke tenaga medis terdekat ya… saya tidak mempunyai kompetensi yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini.. Trimakasih sdh mampir…

  27. mba kaki sring kram pas lagi dtg bulan..knapa y mba

    maaf mba ana… saya tdk berkompeten menjawab pertanyaan mbak… bagaimana kalau konsultasi dg tenaga medis terdekat? :)

  28. semalam saya mengalam kram betis mbak saat di kolam renang , tapi saya gx tw mw di apain saya pijat2 aj kaki saya , dan smpek skrg sakit nya gx ilang2 , diapai ya mbak agar sakit nya ilang ?:)

    mohon maaf, saya tdk berkompetensi utk menjawab.. sebaiknya konsultasi dengan tenaga medis terdekat saja.. :)

  29. misi gan saya mau tanya nih,minggu2 ini badan saya sering kram trutama pada betis,kaki dan perut,klau sudah kram badan berasa kaku seperti kayu,saya mau solusi nya gan,bagaimana agar tidak kram lagi,saya kan kerja nya sering angkut2 barang berat,sekali lagi terima kasih

    maaf mas, silahkan dibaca lagi dengan jelas…. artikel ini bukan ditulis berdasarkan kahlian saya karena saya sama sekali bukan berlatarbelakang medis, jadi sama sekali tak berkompeten menjawab pertanyaan anda. sekali lagi maaf, silahkan konsultasi ke tenaga medis/paramedis terdekat.

  30. saya bias kram pada saat berolahraga…..terutama saat main bola

    apakah sebelumnya kurang pemanasan?

  31. terimakasih teman, saya baru pertama kali kram betis kiri, sangat menyiksa

    trimakasih kembali… semoga sudah teratasi dan tak terulang lagi ya…

  32. setiap kali latihan futsal atau juga sparing betis saya selalu mengalami kram yang sangat parah. biasanya ketisa saya terlalu capek atau memaksakan diri untuk mengeluarkan kekuatan. bagaimana cara mengurangi hal tersebut karna untuk tidak samasekali terkena kram itu tidak mungkin jadi za mengurangi saja dulu.

    nah, itu sudah ada solusi sementaranya… utk lebih jelasnya silahkan konsultasi ke tenaga medis terdekat ya… :)

  33. kunjungi disini mas ada solusinya..
    indonesiabebaskeram.blogspot.com/2013/12/atasi-kram-dengan-veinoplus.html?m=1

  34. untuk mengobati dan mencegah terjadinya kram.
    solusinya ada d sini..simple gan..:-)
    indonesiabebaskeram.blogspot.com/2013/12/atasi-kram-dengan-veinoplus.html?m=1

    maaf gan..ame ikut ngelink ya..

  35. Kl pas banagun tidur,truss ngulet,hadeeh betis sy ketari.sakitnya mah ga usah ditanya ya :D anehnya,kram betis nya terjadi pas sy lg hamil aja.biasanya,kl pas otot betis ketarik,sy lemesin kaki sambil rebahan,kaki dilurusin.tahan deh tu sakit yg ampun2 itu,sampe hilang sendiri sakitnya.ada kali 30dtk ya nahan sakitnya

  36. Saya kram dr SMP smpai skrg umu 23 ga ilang2 dan terjadi setiap tdur, blm pernah menemukan solusinya,dan skrg boleh dicoba solusinya

  37. gua pingin nanyak

    mengapa seseorang jika berlari bisa mengalami kejang atau keram
    tapi yang berhubungan dengan sistem pernapasan

    waah… maaf yaa… saya tidak dalam kapasitas utk menjawab hal ini, silahkan hubungi tenaga medis terdekat…

  38. saya keram saat jogging..dan rasa nya masih sakit sampe sekarang di bagian betis belakang,kalo telapak kaki di jintit atau saat solat rasanya sakit banget,..apa sih cara ngilangin nya?

    sebaiknya konsultasi ke tenaga medis terdekat… :)

  39. wah mantap sekali tipsnya, terimakasih. kunjungi disini juga bu ya ada tips lain untuk mengatasi kram http://atasi-kram.blogspot.com/2013/12/atasi-kram-dengan-veinoplus.html terimakasih:)

    terima kasih…

  40. Untuk pencegahan atau mengurangi frekuensi kram, usahakan dalam seminggu paling tidak 2-3 kali keringetan. Tak harus olahraga berat, bersih2 rumah (nyapu-ngepel) juga OK.
    Saya bukan dokter, cuma sharing pengalaman saja. :D

    terima kasih mas/mbak :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 89 pengikut lainnya.