Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Lomba Lampion Batik

15 Komentar

Bulan September sudah lewat tengah bulan…dan Oktober akan segera menjelang.  Hei, ada apa dengan Oktober, kok tampaknya kunanti-nanti?  Eh, nggak kok… biasa2 saja sih… Cuma sedikit antusias  saja mengingat bahwa di awal Oktober di kota kami  rutin digelar acara  Pekan Batik Nusantara.
Apa itu Pekan Batik Nusantara?
Pekan Batik Nusantara ( PBN ) adalah suatu event pameran karya batik -tidak terbatas hanya berbentuk kain ataupun pakaian, namun juga hiasan ataupun pernak-pernik lain dengan nuansa batik-  terutama dari produsen kecil – menengah.  PBN ini diharapkan dapat  membuat warga lokal maupun interlokal eh luar daerah  semakin mengenal, menyukai hingga memakai Batik Pekalongan, dan pada akhirnya akan memacu produktifitas para produsen batik di kota kami, yang ujung-ujungnya tentu diharapkan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat 🙂
Oya, tahun ini, PBN 2012 akan diselenggarakan tanggal 3 – 7 Oktober 2012 di Gedung Olah Raga & Kesenian, Jl, Jetayu Pekalongan, rencananya akan diresmikan pembukaannya oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.  Yang mempunyai waktu luang pada tanggal itu, monggo… silahkan mampir 🙂
Masih ingat payung- payung cantik ini?
Aneka payung batik nan cantik
Ya, payung2 cantik itu bagian dari kegiatan membatik 1000 payung yang telah meramaikan Batik Fiesta 2011 yang diresmikan oleh Ibu Negara pada tahun lalu.  Sebuah acara promosi batik -relatif besar- yang sukses diselenggarakan oleh kota kecil kami.  Dan bagaimana dengan tahun ini ?
Rencananya, PBN tahun ini akan dimeriahkan dengan lomba membuat lampion batik, yang hasilnya akan menyemarakkan kota kami pada awal bulan depan.  Mau ikutan? Ini dia syarat-syaratnya… :
1.  Lomba ini terbuka untuk perorangan / kelompok dengan kategori lomba:
  • Kelompok Umum dan Mahasiswa
  • Kelompok Pelajar SLTP & SLTA
  • Kelompok Pelajar SD
2.  LAMPION BATIK adalah lampion dengan desain ilustrasi motif batik
3.  Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 karya lampion
4.  Ketentuan Teknis :
  • Bahan Cover Lampion  : kertas / kain / plastik
  • Rangka Lampion : kawat / bambu / kayu
  • Desain Cover Lampion : ilustrasi motif batik
  • Bahan Pewarna ilustrasi Lampion :
    • Kain      : proses batik / cat / acrylic / frosen
    • Kertas  : cat / acrylic
    • Plastik  : cat / acrylic / guace
  • Ukuran Lampion  : diameter 30 cm ( bentuk dimensi bebas )
  • Kelengkapan lampion : lampu jari 5 watt (warna bebas) dan kabel max 1 m
5.  Hasil karya & identitas peserta dapat dikirim langsung ke :  PANITIA LOMBA LAMPION BATIK – SEKRETARIAT PANITIA PEKAN BATIK NUSANTARA 2012 – RUKER ASISTEN II SEKDA KOTA PEKALONGAN – JL. MATARAM NO. 1 PEKALONGAN
6.  Waktu pengiriman karya mulai 20 s/d 25 September 2012 ( Jam 09.00 – 13.00 )
7.  Karya yg masuk akan dinilai & di seleksi Tim Juri sesuai kategori lomba, dengan kriteria penilaian :
  • bentuk / model lampion
  • kerapihan
  • fungsi lampion sebagai penerang
8.  Semua karya yg masuk menjadi milik panitia & akan ditampilkan pada Pesona Seribu Lampion Batik di PBN 2012
Nah… itu dia syarat-syarat / ketentuan lombanya.  Pengumuman pemenang 5 Oktober 2012 & penyerahan hadiah 7 Oktober 2012 pada penutupan PBN 2012.  Apa hadiahnya?
Hadiah berupa uang, sertfikat dan piala dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta dari Walikota Pekalongan.  Oya, pajak hadiah ditanggung pemenang lho…
Untuk info lebih lanjut tentang lomba ini, dapat menghubungi kontak person : Sdr. Taufik Harja (085869507009), Sdr. Supriono (08156594017), Sdr. Yunus Suwandi (08156510679) dan Sdr. Iwan (08995610765).
Ayo… siapa berminat ?  🙂
Iklan

Penulis: Mechta Deera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

15 thoughts on “Lomba Lampion Batik

  1. pasti seru lihat hasil kerja kreatif para peserta
    payungnya ajq cantik2
    pasti lampion lenih indah lagi

    semoga saja mbak… dan semoga bisa mendokumentasikan kemeriahan acaranya nanti 🙂

  2. Pengen deh ikutan, tp apa bisa yah..hhe
    keren ya acaranya.

    aku juga ga bisa buat Mel..jadinya ikutan woro2nya saja..haha… Eh, trims sdh mampir di gubuk baruku ini ya 🙂

  3. semoga berhasil dan berharap di tahun berikutnya adalah lomba desainnya saja sehingga bisa berpartisipasi ^_^

    Aamiin… trimakasih sdh mengayuh sampai sini, Bang 🙂

  4. Batik memang warisan nusantara ya Mba Mechta. Baru tahu batik dari Jawa, Madura dan Lampung. Bagus-bagus dan unik-unik.

    motif batik dari irian bagus juga lho Dan.. gambarnya Tifa n patung asmat 🙂

  5. dari kota mana aja yg boleh ikut, mbak?

    Hm..kalau menyimak persyaratannya..tidak ditentukan domisili / asal kota peserta tuh… tapi,untuk lebih jelasnya silahkan kontak no2 kontak person itu ya…

  6. sayang di Pekalongan, jauh dr tempat s pdl acaranya kayaknya menarik..

    Hayu atuuh…jalan2 ke Kota Batik 🙂

  7. Cantik2nya payung batik, kayanya motif batik nusantara. Menikmati PBN di Pekalongan bonus berjumpa jeng Mechta yook. Salam

    Monggo lho, Bu Prih.. 🙂

  8. Keren .. like that ! 🙂

    Maturnuwun 🙂

  9. liat payung2nya aja cantik gitu …………..
    apalagi nanti kalau lomba lampion batik nya sdh digelar….
    kebayang Kota Pekalongan akan indah, meriah dan semarak dengan aneka motif batik….yg pastinya indah2 dan cantik 🙂
    salam

    Insya Allah 🙂 Salam semangat, Bunda…

  10. Wah.., sayang lokasi lombanya jauh..
    semoga sukses saja lah Mbaj.. 😀

    Trimakasih, semoga ya… 🙂

  11. Acara budaya yang sangat menarik..Andaikan aku bisa melihatnya…:)

    Eh..sapa tahu mbak Evi bisa meluangkan waktu main2 kesini…hehe…

  12. Ping-balik: Tak hanya ada batik di Kota Pekalongan | Lalang Ungu

  13. Ping-balik: Pengalaman berpartisipasi dalam Pekalongan Jlamprang Carnival 2015 | Lalang Ungu

  14. Ping-balik: Meriahnya Hari Batik di Kota Batik | Lalang Ungu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s