Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Oleh-oleh dari Semarang

25 Komentar

Kalau beberapa waktu lalu, berkesempatan lagi menikmati kudapan sore yang melambungkan kenangan ke dua kota sejuk – Bogor dan Salatiga – maka, alhamdulillah…. kudapan sore yang kunikmati saat kemarin sempat ‘mudik’ di Semarang adalah dua macam olahan sayuran yang termasuk ‘salah-dua’ dari banyak kareman ku..hehe…

Sore pertama kudapan kami adalah Gelandir Brambang Asem, yaitu rebusanย  Gelandir (daun ubi jalar) yang disiram sambel yang berbahan brambang (bawang merah), asem jawa, cabe, gula jawa, sedikit terasi dan garam.ย  Tekstur khas daun gelandir yang lunak / lembut dipadukan dengan manis-asemnya sambal brambang-asem itu membuat lidah menari-nari… ๐Ÿ™‚

Nah, karena keburu habis sebelum sempat di foto, maka untuk keperluan tulisan ini aku pinjam gambar dari Blogย  kitab masakan, siapa tahu ada yang mau nyobain resep yang tertulis lengkap di sana ๐Ÿ™‚

Oya, saat mencari-cari gambar Brambang-asem kemarin, kutemukan juga dua tulisan yang mengulas manfaat daun ubi jalar itu, yaitu bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati Demam Berdarah ( dari Blog Sehat sampai lanjut usia ) juga untuk obat bisul / udun ( dari Mapel Blogku).

Sore berikutnya olahan sayuran yang kami nikmati adalah Petis Kangkung, yang tentu saja terdiri dari kangkung rebus yang disiram dengan sambel petis, ditemani tahu petis dan gembus bacem …. hm, tak kalah nyamleng dari kudapan sore sebelumnya.ย  Dan meskipun kangkung adalah salah satu sayuran hijau pemasokย beta karotinย (sumber vit A) yang tinggi, perlu diwaspadai juga bagi penderita asam urat karena kandunganย purin dalam kangkung juga tinggi.ย  Untung saja, kami tidak bermasalah dengan asam urat sehingga dengan tenang bisa melahap petis kangkung ituย  ๐Ÿ˜‰

Seporsi Petis Kangkung + Tahu & Gembus Bacem…. ‘Nak naaan.. ๐Ÿ™‚

Oya uniknya, kedua kudapan itu di jajakan secara gendhongan sambil berjalan kaki, suatu cara jualan yang sudah agak jarang kutemui…. Dan senangnya lagi, karena 2 hari kemarin aku bisa menjadi teman makan bagi mbakku -yang sedang kurang sehat dan beberapa hari sebelumnya mengeluh tak nafsu makan- dan alhamdulillah, kemarin dia bisa makan cukup lahap… *entah karena menu nya, atau teman makannya ya? haha… GR sithik lah….*

Nah…itu sedikit oleh2 dari acara tilik mbakku di Semarang kemarin… bagaimana weekend-mu kemarin, teman? Semoga menyenangkan ya…

Iklan

Penulis: Mechta Deera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

25 thoughts on “Oleh-oleh dari Semarang

  1. Mba Mechta, aku jadi laper deh ngelihat tayangan foto dan uraianmu. Padahal tadinya cuma berencana mau makan mangga aja untuk makan siangku [malas keluar kamar kost]. Nih jadi pengen Gelandir Brambang Asem deh. Hayo tanggung jawab neh mba… ๐Ÿ˜€

    waaa…maaf deh jadi membuat batal menu mangga buat makan siangnya… InsyaAllah kapan2 kalau ke daerah Jawa Tengah silahkan dicicipi glandir brambang asemnya…sementara ini, gambar dulu ya.. hehe…

  2. Baru dengar istliah gelandir jeng. Di kampung saya daun ubi jalar disebut lung telo.
    Terima kasih infonya.
    Salam hangat dari Surabaya

    oh nggih, Pakdhe…wonten sanes sing nyebute Lung Telo, sami kalih Pakdhe… Salam tak kalah hangat dari Kota Batik.. ๐Ÿ™‚

    • Senada Pakdhe, gelandir kami kenal dengan lung, brambang asem lung jan seger tenan. Wah bacem gembusnya juga nyamleng. Salam

      hm…. di Salatiga pasti sering banget nemuin yg begini ya Bu Prih :)… Selamat beraktifitas ibu…

  3. Padahal tadi habis makan dua piring juga jadi laper lagi Mba mechta lihat poto makanannyaa.. Hueee.. .

    makan lagi ajaa….kan msh dalam pertumbuhan??? hehe… *ups…si kecil ding…yg mesti bnyk makan utk pertumbuhan..*

  4. jatahku mana bu? hehe

    silahkan pilih Ri..mau gambar yg atas / bawah? jangan lupa bagi dua dg si dia ya…hehe…

  5. enak buk buatin satu deh buat kami di jogja
    salam blogger jogja

    masalahnya…aku sendiri hanya sebagai konsumen saja…hahaha… eh, itu ada link resepnya kan..coba deh buat sendiri, pasti bisalah blogger jogja inih.. ๐Ÿ™‚

  6. Kok jadi terbit air liurku liat gambar dan membayangkan rasanya…
    Sayur diolah model begini memang kesukaanku…

    ayoo..jangan cuma dibayangkan Jeng…langsung dimasak..biar gak pengen lagi.. ๐Ÿ™‚

  7. Gelandir brambang itu kayoke ebak banget mb Mechta. Belum pernah nyabain..Disini banyak jg sih menjual daun ubi jepang, kayaknya mesti dibuat nih sesekali. Tks atas inpohnya mbak ๐Ÿ™‚

    Monggo dibuat mbak Evi..trus di foto yg cantik ya..soalnya klo urusan foto2 mbak Evi jagonya deeh…pasti bakalan banyak yg ngiler lihat hsl foto mbak ttg Glandir brambangasem itu nantinya… ๐Ÿ™‚

  8. bagi-bagi dong ole-ole surabayanya ๐Ÿ˜‰

    ehm…ntar klo sempat ke Surabaya n sempat beli oleh2 ya… ๐Ÿ˜‰

  9. kudapan berupa sayuran jarang banget lho, biasanya kan sayur buat teman makan nasi aja

    glandir itu rasanya mirip daun labu siam nggak? teksturnya hampir mirip

    hehe..biasanya sih memang buat temen makan nasi mbak..cuma buat kami enak buat digadho sore2 hehe… wah maaf, aku malah blom pernah ngrasain daun labu siam..jd blom bisa bilang sama / nggak, mbak Monda..

  10. loh aku kalau kesemarnag gak tau ada makanan itu ๐Ÿ˜€ semarangnya mana mbak?

    di Tegalsari mbak… di perkampungan sih, jd msh ada penjual keliling gendhongan gitu klo sore2.. ๐Ÿ™‚

  11. *cleguk

    pas baca ini pas jam makan siang , pas cacing-caing lagi demo dengan garang..

    ups.. maap… cacing2 sabar ya…si eneng mo kerja dulu..hehe…

  12. mbaaaak,….pengeen nyobain…bikin ngantuq ga yaa stlh mkn kangkung…. ๐Ÿ˜€

    ayolah…bikin saja…(kaya’nya) gampang tuuh..hehe… dan kangkung yg bikin ngantuuk, itu kabarnya cuma mitos lho say… ๐Ÿ™‚

  13. Auntie, jd kangen urap buatan mamahku, suka pake si daun ubi jalar itu jg, jadi rasanya lebih khas *ngiler berat*

    hm… memang urap juga maknyuss ya Rin..kami menyebutnya ‘gudhangan’ hehe…

  14. sempet salah liat, sy kirain itu foto pecel.. Sy jd penasaran sm rasa Gelandir.. Kayaknya enak ya ๐Ÿ™‚

    ayo Chi…segera cari di pasar tradisional terdekat…hehe… ๐Ÿ˜€

  15. salam kenal ya mbak…jd nambah vocab kuliner ku lagi..insya Allah klo ke semarang semoga dapet..sepertinya uenakk…

    ayo..ayo..dicari..dicari..hehe… trimakasih sdh mampir disini, salam kenal juga.. ๐Ÿ™‚

  16. kangen semarang jadinyah…

    ayooo..mari kita mudiik.. hehe… semarangnya mana?

  17. mba Mechtaaaaaa…
    maap baru mampir lagih yah mbaaaa…

    gimana kabarnyaaaa…
    mudah mudahan sehat terus yah mba ๐Ÿ™‚

    alhamdulillah baik say… seneng juga baca2 lagi cerita Erry… sayangnya tadi susah komen..ntar deh dicobain lagi.. hehe… Salam buat anak2 lucu itu ya…

  18. Dan ituh poto makanan nya sungguh menggugah selera deh mbaaaa…
    Mirip kayak urap/pecel gitu yah mba?
    dulu waktu masih SD dan tinggal di Bekasi,
    Suka ada tuh mba…
    mbok mbok jualan pecel lewat didepan rumah sambil bawa bakul….

    sekarang rada susah nyari pecel mba…*nasib pemales masak*…hihihi…

    ayo Ry…coba bikin sendiri… olahan sayur kita gak kalah uenak dari olahan sayur korea lho..hehe.. *padahal ngerasain olahan korea jg blom..hehe..*

  19. waaaa…belum pernah nyobain dua duanya , Mechta ๐Ÿ˜ฆ
    tapi, lihat gambarnya disini ….asli ngences liur nya … hahaha ๐Ÿ˜›
    salam

    waa..maaf sampai buat undangeces..hehe… silahkan di coba Bunda..sayur2an sehat buat kita semua..

  20. Padahal saya baru saja makan siang, tapi melihat gambar dan membaca tulisan Mb”Mechta ini tetap saja saya ngilir… ingin mencicipinya… hahahahah

    dan baru tahu Mba ada makan Gelandir Brambang Asem yang terbuat dari ubi jalar… makin penasaran… apa sama kaya kangkung ya Mba? ๐Ÿ™‚

    bukan ubi jalarnya lho… DAUNnya..hehe.. ayuk deh dicoba… iya, mirip kangkung cuma lebih lembut gitu… ๐Ÿ™‚

  21. Mbak, kok banyak dedaunannya? emang enakkah?? ๐Ÿ˜€ (Maklumlah, bukan pecinta sayur).. Sama lumpia enak mana ya??

    uenak Surya… yakin! hehe… coba deeh…pasti ‘ntar ketagihan..hehe..

  22. AKU SENENG LIATIN I NI MASAKAN DARI SEMARANG, COZ AKU JUGA ORANG SEMARANG ^^

    syukurlah bila bermanfaat… eh, sesama orang semarang dilarang saling mendahului ya? hehe…

  23. itu sama gak mbak ama yang dijual ibu2 gendongan juga di masjid baiturrahman simpang5 kalo siang?kayaknya sih sama ๐Ÿ˜†

    eh, mungkin juga ya… si mbak jualnya memang gendongan…dan antara tegalsari dg baiturahman juga gak terlalu jauh…(kalau naik angkot..hehe..)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s