Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Mengakhiri & memulai….

7 Komentar

Hari ini, adalah hari terakhir di bulan Dzulhijah  penanggalan 1433 H…  Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, dihari terakhir bulan Zulhijah biasanya ada tradisi pembacaan doa akhir & awal tahun dikalangan kaum muslimin, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama di masjid atau di mushala.

Ditempat kami, tradisi ini dimulai dg pembacaan doa akhir tahun sesudah sholat ashar pada akhir bulan Zulhijah . Dianjurkan pula, sebelum atau sesudah membaca doa akhir tahun ini hendaknya menambahkan bacaan surah Yasin, surah Al Waqi’ah dan surah Al Mulk, yang semuanya sangat bermanfaat.

Doa Akhir Tahun

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Washallallahu ‘ala sayyidina wa mawlana Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Allahumma ma ‘amiltu fi hadzihis sanati mimma nahaytani ‘anhu falam atub minhu walam tardlahu walam tansahu wa halimta ‘alayya ba’da qudratika ‘ala ‘uqubati wa da’awtani ilattawbati minhu ba’da jur-ati ‘ala ma’shiyatika fa-inni astaghfiruka faghfirli.

Wa ma ‘amiltu fiha mimma tardlahu wawa’adtani ‘alayhits tsawaba fa-as-aluka allahumma ya karimu ya dzaljalali wal ikram an tataqabbalhu minni wala taqtha’ raja-i minka ya karim.

Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

( Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah, seru sekalian alam. Dan semoga rahmat dan salam Allah senantiasa dianugerahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan atas keluarga serta sahabatnya.

Ya Allah, apapun yg aku kerjakan dalam tahun ini dari segala yang Kau larang dan aku belum memohon ampun kepada Mu dan Engkau tidak menyukainya dan Engkau tidak melupakannya, dan Engkau selalu menyayangiku setelah kekuasaanMu untuk menyiksaku dan Engkau senantiasa mengajakku untuk bertobat setelah aku terlanjur dalam maksiat, sesungguhnya aku memohon ampun kepada Mu, maka ampunilah aku.

Ya Allah, segala hal yg aku lakukan dalam tahun ini dari segala yg Engkau sukai dan Engkau janjikan pahala bagi yg mengerjakannya, aku meminta kepada-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Penderma, Yang Maha Memiliki Kemuliaan dan Keagungan, terimalah amal ibadahku, dan janganlah Engkau pupuskan harapanku (kepada-Mu) wahai Tuhan Yang Maha Penderma.

Dan semoga rahmat dan salam Allah senantiasa diberikan kepada junjungan kita Nabi muhammad SAW dan atas keluarganya serta sahabatnya. Dan segala puji bagi Allah, seru sekalian alam )

Selanjutnya setelah sholat maghrib, dibaca doa awal tahun yang dianjurkan pula untuk ‘diantar’ dengan shalat hajat 2 atau 4 rakaat ( pada rakaat pertama setelah membaca surah Al Fatihah, hendaknya membaca surah Al Kafirun 10x dan pada rakaat kedua setelah Al Fatihah membaca surah Al Ikhlas 10x ) Disamping itu setelah membaca doa awal tahun juga kembali dibaca surah Yasin, surah Al Waqi’ah dan surah Al Mulk.

Doa Awal Tahun

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Washallallahu ‘ala sayyidina wa mawlana Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwalu wa ‘ala fadl-likal ‘adhim wujudikal mu’awwal wa hadza ‘amun jadidun qad aqbala. Nas-alukal ‘ishmata fihi minasy-syaythani wa awliya-ihi wa junudihi wal ‘awna ‘ala hadizihin nafsil ammarati bissu-i wal istighali bima yuqarribuni ilayka zulfa ya dzal jalali wal ikrami ya arhamar rahimin.

Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

( Dengan nama Allah, Yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah, seru sekalian alam. Semoga rahmat dan salam Allah senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, serta untuk keluarga dan sahabatnya.

Ya Allah, Engkau adalah Zat Yang Maha Abadi, Yang Maha Terdahulu dan Yang Maha Pertama, dan atas anugerah-Mu yang besar dan kedermawanan-Mu semua tergantung, ini adalah tahun baru yang telah tiba, kami memohon kepada-Mu perlindungan di tahun ini dari godaan setan dan para kekasih dan tentaranya. Dan berilah kami pertolongan dari nafsu amarah yg mengarah kepada kejahatan. Berilah kami kemampuan untuk selalu sibuk mendekatkan diri pada-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Memiliki Keagungan dan Kemuliaan, Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.

Semoga rahmat dan salam Allah senantiasa diberikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. Dan segala puji bagi Allah seru sekalian alam )

***

Di waktu pergantian tahun ini…marilah kita renungkan kembali langkah-langkah kita sepanjang tahun yang lalu… sudahkah kita lakukan perintah-perintah-NYA, menjauhi larangan-larangan-NYA, meringankan langkah di jalan yang telah ditunjukkan-NYA ?

Sudahkah kita menjadi orang bermanfaat, tidak hanya bagi diri pribadi, namun setidaknya keluarga bagi orang-orang di sekitar kita?

Marilah kita secara jujur menilai diri sendiri…. memohon ampunan-NYA atas segala khilaf kita di waktu lalu dan  memohon semoga Allah SWT senantiasa membimbing & memudahkan hijrah kita untuk menjadi insan yang lebih BAIK dari hari ke hari…  Aamiin…

Selamat Tahun Baru 1434 H

7 thoughts on “Mengakhiri & memulai….

  1. selamat tahun baru ya mechta,mudah2an kita bisa jadi orang yang lebih baik ya

    Aamiin… selamat tahun baru, mbak Monda:)

  2. semoga tahun yang akan datang lebih baik dari tahun kemarin.

    Aamiin… selamat tahun baru untuk mas haris skeluarga …:)

  3. ya, selamat tahun baru. semoga kita memiliki energi yang lebih untuk berbuat kebaikan. aamiin

    trimakasih sdh mampir ya:)

  4. selamat tahun baru 1 muharam 1434H, Mechta
    semoga di tahun baru ini bertambah2 keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah swt ,aamiin

    semoga Mechta selalu diberikan rejeki kesehatan dan kesuksesan ,aamiin
    salam

    aamiin… terimakasih Bunda… selamatth baru juga teriring doa untuk Bunda & keluarga🙂

  5. Selamat Tahun Baru 1434 H Mb”Mechta semoga ditahun baru ini kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun kemarin dan segala sgl keinginan yang belum tercapai di tahun kemarin bisa diraih ditahun ini… Amiiiiiin🙂

    Aamiin…semoga Allahmengijabah doa pengharapan kita ya..🙂

  6. terimakasih atas pengingatnya sahabat🙂
    semoga di tahun baru ini kualitas kita semakin meningkat, amin🙂

    aamiin… terma kasih kembali, Uni🙂

  7. Selamat Tahun Baru 1434 H Mbak Mechta..
    Semoga di tahun yang baru ini, kita senantiasa tetap istiqomah di jalan Allah dan semoga kualitas iman dan taqwa kita semakin meningkat, Amiiinnn

    Aamiin…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s