Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Bubur Suran minimalis

16 Komentar

Teman, pernah tahu makanan bernama Bubur Suran ini ?

Mungkin banyak teman-teman khususnya dari daerah Jawa yang sudah tak asing dengan bubur beras yang biasanya muncul menandai tibanya bulan Suro / Muharam ini ya…

Oya, meskipun namanya sama-sama Bubur Suran, tapi masing-masing daerah biasanya mempunyaiΒ  resep khas masing-masing yang membuat penampilan maupun rasa dari bubur suran ini berbeda-beda pula.Β  Bubur Suran ala Jepara yang pernah ditulis mbak Susindra di blognya mungkin berbeda dengan Bubur Suran ala Jogjakarta misalnya… namun kurasa semuanya mencerminkan semangat yang sama yaitu tanda syukur dan doa pengharapan di pergantian tahun πŸ™‚

Nah.. kemarin bertepatan dengan 10 Muharam, ibu membuat Bubur Suran sebagaimana biasanya.Β  Namun karena kebetulan saat ini ibu sedang di rumah kami -yang notabene sehari-harinya minim bahan-bahan memasak, hehe – maka bubur suran yang dibuat ibu kali ini minimalis saja…

Hanya bermodalkan beras, santan, garam dan sedikit kunyit maka jadilah bubur gurih lembut berwarna kuning pucat itu… dan topingnya pun tak kalah minimalis : hanya irisan telur dadar + abon sapi…. tapi… rasanya sama sekali tak minimalis lho!

Bubur Suran ala Yang Ti

Sebagai salah satu hidangan buka puasa di hari itu… Bubur Suran ala Yang Ti ini :Β  ‘Nak-Nann..’ Trimakasiiih, ‘mah…Β  πŸ™‚

Masih adakah tradisi Bubur Suran di daerahmu, teman?

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

16 thoughts on “Bubur Suran minimalis

  1. aku malah baru tau sekarang kalau didaerah jawa ada bubur suran

    oya? mungkin memang tak semua daerah ada tradisi itu ya? hehe…

  2. kalo di tempat saya mungkin jenang suro namanya mbak..

    ah ya…ada juga yg menyebut bubur dengan kata jenang ya.. jadinya jenang suran / suro… oya, daerahnya di mana sih?

  3. Bubur suran ala Yang Ti nyamleng Jeng apalagi bila diwadahi takir daun pisang, …..

    alhamdulillah Bu, kemarin Yang Ti pas di sini jadi bisa ngrasain lagi bubur itu, meskipun ga pake takir..hehe…

  4. sudah ngga ada kayaknya….
    kalau sukuran suran lah masih ada…
    dimasjid2

    berarti sudah alma gak ngicipi bubur suran itu ya? hehe…

  5. Dikampungku tak ada tradisi bubur suron mbak Mechta. Dan sayapun belum pernah memakannya. Jd kayaknya mesti bikin sendiri aku mbak sebab mau minta kita juga berjauhan πŸ™‚

    hehe..iya mbak Evi… lha klo gak ada ibu saja aku ga pernah bikin kok..padahal gamping byanget *kata ibu* hehe…

  6. wah…, boleh dicoba tuh, saya belum pernah makan bubur suran….

    ayo..ayo…mangga dicoba.. kata Yang Ti sih ‘gamping’ buatnya… klo kataku ya ttp saja ribet..hehe…

  7. Kyknya pernah denger jg auntie, waktu aku kecil, sepertinya tradisi itu mulai menghilang..

    rupanya memang tinggal di daerah tertentu saja Rin..disekitar tempat tinggalku kini juga ga kutemui kok…

  8. Oya…mbak Dani & mas Fauzi, trims sudah menyukai post ini.. πŸ™‚

  9. Masa kecil saya dulu sering berburu bubur sura ini di masjid. Tapi sekarang sepertinya sudah tak ada lagi deh.

    kenangan yg indah ya… apakah dulu bubur sura nya di taruh di takir daun seperti dalam kenangan masa kecil ku ? πŸ™‚

  10. saya nggak tau tradisi ini..
    eh baru tau juga kalo bubur bisa dicampur kunyit.. bisa dicoba πŸ™‚

    kunyitnya sekedar buat kasih warna..klo kebanyakan pahit kan? hehe…

  11. *telan ludah*

    sepertinya enak
    belum pernah denger dan nyicip sama sekali πŸ˜€

    Hai Depz… pa kabar? ayo..coba minta dibikinkan yg deket2 situ.. hehe…

  12. Ah, enak tenan bener nih kayaknya!
    Di daerah saya sepertinya tidak ada bubur suran ini, Mechta…atau saya yang nggak tau?
    Tapi yang jelas, saya bener-bener tergoda dengan bubur suran yang ada di foto ini πŸ˜€

    gampil buatnya mbak… *kata Yangti tapi..hehe*

  13. Bapak saya suka cerita tentang bubur ini, tapi karena sejak lahir saya tinggal di Bandung, gak pernah ada tradisi ini.
    Pernah ngerasain sih, dikirim tetangga yang asli jatim dan masih suka bikin.

    Kalau bapak asli mana mbak? kalau di Jatim sebagian nyebutnya Jenang suro, katanya…

  14. bubur boleh minimalis yg penting rasa’nya maksimal….xixixi
    aq baru buka postingan mba yg ini…penasaran dgn koment mba d blogku.
    ihh qta samaan yaa, masih suka bikin bubur suran.
    kpn2 tukeran yuk mba… πŸ˜€

    ehm…yg buat ibuku say…aq blom pernah buat sendiri, hehe… insyaAllah kapan2 dicoba deh..hehe..

  15. alhamdulillaah…masih adaaaa… πŸ™‚
    tapi namanya di tempatku bukan bubur suro… πŸ˜€
    jenang abang namanya. hihihi…

    buburnya dikasih gula jawa ya… hm..jd pengen ngicipi juga niih.. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s