Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Hal-hal yang dianjurkan pada hari Jum’at

7 Komentar

1.  Memperbanyak membaca shalawat dan salam kepada Nabi

Diriwayatkan dari Aus bin Aus r.a, Rasulullah SAW bersabda  : “ Sesungguhnya di antara hari yang paling baik adalah hari Jum’at, pada hari itu Nabi Adam diciptakan dan pada hari itu juga diwafatkan, pada hari itu pula sangkakala ditiup dan manusia dimatikan.  Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat atasku pada hari itu karena sesungguhnya shalawat kalian sampai kepadaku. “ Para sahabat bertanya, ”Bagaimana shalawat kami sampai kepadamu sedangkan Anda telah hancur,” lalu Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT mengharamkan kepada bumi untuk memakan jasad para Nabi.”

2. Membaca Surah al-Kahfi

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri r.a, bahwasanya Nabi SAW bersabda : Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya Allah akan meneranginya dengan cahaya di antara dua Jum’at.”

3. Memperbanyak doa dan mencari saat-saat dikabulkannya doa

Diriwayatkan dari Jabir r.a, ia berkata, “Nabi SAW bersabda : “Hari Jum’at itu dua belas jam, tidak ada seorang hamba pun yang saat itu memohon kepada Allah kecuali Dia akan mengabulkannya, maka carilah ia (waktu mustajab) di akhir waktu tersebut, yaitu setelah sholat Ashar.”

Diriwayatkan dari Abu Salamah bin ‘Abdirrahman r.a bahwasanya sekelompok orang dari kalangan sahabat berkumpul.  Mereka lalu saling membicarakan satu waktu pada hari Jum’at.  Kemudian mereka berpisah dan pendapat mereka tidak berbeda bahwa waktu tersebut adalah waktu akhir pada hari Jum’at.

Maka seyogyanya bagi setiap orang yang menghargai waktu tersebut untuk memberikan hari itu dengan hak yang sesuai baginya, berupa dzikir dan doa.

***

Dikutip dari buku  ” Ensiklopedi Fiqih Wanita – Jilid 1 ” – Abu Malik Kamal bin as-Sayyid Salim – Pustaka Ibnu Katsir – 2011

7 thoughts on “Hal-hal yang dianjurkan pada hari Jum’at

  1. terima kasih ya sudah diingatkan, dihari jum;at juga aku mau silaturahim nih memalui BW🙂

    mengingatkan diri sendiri utamanya..hehe… trimakasih sdh bersilaturahmi ke sini Jeng🙂

  2. Aku baru tau, mba.
    Kalau waktu yang dimaksud adalah setelah sholat Ashar.🙂

    Terimaksih, mba.🙂

    rupanya banyak penafsiran Idah..dah itu adalah salah satu penafsirannya… sama-sama, Idah🙂

  3. tok..tok…,mba aq datang….silaturahmi di hari jum’at.
    bukain pintu yaa😀

    Mangga… lho, lawange jeblagan kok say..langsung ke dapur sajah.. *hihi*

  4. Trima kasih sudah diingatkan kembali, Mechta…keutamaan hari Jumat ternyata banyak, dan mudah-mudahan kita bisa melakukan hal-hal yang dianjurkan ini dengan istiqomah.
    Amiiin…

    aamiin… sami2 mbak Irma..🙂

  5. hari Jum’at itu rajanya hari ya mbak.. Banyak kebaikan di sana🙂
    begitulah🙂

  6. Subhanallah…….begitu mulianya hari jum’at ini dlm Islam.

    terimakasih banyak Mechta sudah berbagi ilmu yg sangat bermanfaat ini
    Semoga doa doa kita semua dikabulkan oleh Allah swt ,aamiin

    salam

    Aamiin… terima kasih kembali, Bunda.. terutama sih mengingatkan diri sendiri kok Bun🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s