Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Kulit Pisang dibuang sayang…

31 Komentar

Buah Pisang (musa paradisiaca) mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita, tentu sudah banyak yang tahu bukan? Olehkarena itu banyak yang memilih mengkonsumsi buah yang banyak jenisnya ini, baik dikonsumsi sebagai buah segar maupun hasil olahan dari buah pisang ini. Namun mengenai manfaat kulit pisang, mungkin belum banyak yang tahu, sehingga selama ini kulit pisang banyak dibuang begitu saja.

kulitpisang

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat.  Menurut penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yang cukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata.

Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak, meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit.  Banyak juga manfaatnya ya? Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat tersebut bagi tubuh kita?

Banyak sekali cara kita memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus bersama dengan buah-buahan lainnya.  Langkah – langkah pembuatan jus itu cukup mudah yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang ekcil-kecil sebelum dimasukkan ke dalam blender dengan buah-buahan lain.  Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum 🙂

Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya lho… Misalnya dibuat selai kulit pisang , yogurt kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisangDalam pelatihan yang kami fasilitasi kemarin, yang dipraktekkan adalah pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya :

Bahan-bahan yg dibutuhkan :

  1. Kulit pisang
  2. Air kapur sirih
  3. Tepung tapioka
  4. Bawang putih
  5. Garam

Peralatan yg dibutuhkan :

  1. Blender
  2. Panci
  3. Kukusan
  4. Penggorengan
  5. Tampah / penampan

Cara pengolahan :

  1. Pilih kulit pisang yang baik, cuci bersih lalu rendam dalam air kapur.
  2. Blender kulit pisang yang telah direndam air kapur beberapa menit.
  3. Haluskan bumbu (bawang putih & garam) lalu campurkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan tambahkan tepung tapioka.  (Dalam praktek kemarin, hasil blenderan 5 kulit buah pisang dicampurkan dengan 1/4 kg tepung tapioka, dan garam + bawang putih secukupnya)
  4. Uleni adonan tersebut hingga tercampur rata, lalu masukkan ke dalam plastik silinder, selanjutnya dikukus hingga matang
  5. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu ditata diatas tampah / penampan untuk dijemur
  6. setelah kering kerupuk siap digoreng / dikemas
tahap-tahap pengolahan krupuk kulit pisang

tahap-tahap pengolahan krupuk kulit pisang

Nah.. itu dia cara pembuatan krupuk kulit pisang yang renyah gurihnya tak kalah dengan jenis-jenis kerupuk lainnya.  Mungkin teman2 yang di Jogjakarta sudah sering menemui kerupuk ini, karena contoh yang dibawa para instruktur dari Balai PMD itu rupanya hasil produksi kelp Wanita Tani SERUNI yang ada di Dusun Gamelan Kelurahan Sendang Tirto Kec Berbah Sleman, yang konon sudah banyak dipasarkan di toko oleh-oleh khas Jogja.  Semoga para peserta pelatihan kemarin nantinya juga dapat sukses membuat & memasarkan produk ini.

Penasaran dengan rasanya? mumpung liburan, silahkan dicoba membuatnya ya …. 🙂

***

Catatan :

  1. Pisang yg digunakan dalam latihan kemarin jenis Pisang Uter / Rajasiem yang di Jogja sangat murah harganya karena kurang diminati sebagai pisang yang dikonsumsi segar, namun pada prinsipnya dapat digunakan kulit dari jenis pisang apa saja, terutama yang berkulit tipis.
  2. Sumber : Handout olahan limbah kulit pisang – Balai PMD Jogjakarta.

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

31 thoughts on “Kulit Pisang dibuang sayang…

  1. mba yg tinggal goreng ada ga…hehehe 😀

    blom dapat kiriman tuh say… hasil praktek kemarin dibawa pulang ibu2nya haha…

  2. berapa lama perendaman kulit pisang dengan air kapur?
    ciri khas kematangan setelah dikukus apa mba?
    hehe mau coba nih

    kalau tdk salah direndam air kapur sekitar 30 menit, sedangkan utk mengetahui kematangan setelah dikukus bisa ditusuk dengan garpu / tusuk gigi, bila sudah tak ada bahan yg menempel di garpu / tusuk gigi tandanya sdh matang… silahkan mencoba.. 🙂

  3. wah, kulit pisang ternyata banyak manfaatnya ya…baru tau lho…, trims sharingnya ya

    iya mbak..saya juga baru tahu… tapi, saya juga blom sempat mencoba sendiri nih.. *maluu*

  4. ooh ternyata kulit pisang bisa diolah juga ya

    begitulah…. mau mencoba? 🙂

  5. berarti semua bagian pisang itu bermanfaat ya mbak.. Gak ada yg terbuang 🙂

    iya…sepanjang kita bisa & mau memanfaatkannya 🙂

  6. catet ah, ntar liburan akhir tahun bisa dipraktekkan

    monggo… silahkan mbak Nanik 🙂

  7. Terima kasih Jeng berbagi ilmu olah limbah kulit pisang. Dibuang sembarangan bikin kepleset, diolah jadi sarana berkah. Salam

    sakwangsulipun, ibu… mugi2 wonten manfaatipun 🙂

  8. wah…ini postingan manfaat nih..biasanya kulit pisang jd limbah, eh trnyata bs jadi keripik toh..
    izin catet ya…

    silahkan.. semoga ada manfaatnya 🙂

  9. Pengen nyobain, Mechta…disini saya belum pernah nemu kerupuk kulit pisang ini. Rasanya pasti unik deh!
    Menjadi kreatif dengan barang yang semula kita sebut limbah, ternyata bisa ya… hebat 😀

    iya mbak.. ternyata bisa kok… tapi, benar2 mencoba & berniat mencoba itu memang beda ya mbak… lha saya baru berhenti pada berniat dan belom benar2 sempat mencovanya! haha.. *tutupmukapakehanduk*

  10. Makanan dari kulit pisang kreativitas khas Indonesia banget Mbak Muchtar. penasaran seperti apa rasanya. ngomong untuk mentim/mengukus adonan kerupuk, dengan daun pisang jauh lbh enak ketimbang plastik kali ya..

    iya mbak Evi.. kakak saya juga berkomentar sama, bagaimanapun menggunakan bahan alami lebih aman..

  11. Ping-balik: Abon Duri Ikan « Lalang Ungu

  12. keren lu mbak-mbak. . btw, kulit yg dipake th dari pisang yg mateng(kuning) atw yg mentah(ijo) thx yo. .

    waktu pelatihan kemarin dipakai kulit pisang yg mateng itu… selamat mencoba ya…

  13. wah..postingan sip nih..kebetulan saya usaha pisang keju, kulit pisang jadi limbah banget. mau coba ini kerupuk kulit pisang, kalo dikasih pewarna makanan kuning mungkin tambah cantik yaa..mau coba ah..

    silahkan dicoba mbak… mudah2an berhasil dengan baik ya.. 🙂

  14. mbak bagaimana cara membuat nugget dari kulit pisang,soalnya saya mau buat buat adik saya yang masih kecil.

    • tolong ya mbak saya minta resep nugget dri kulit pisangnyA yang lengkap sekalian klo berhasil saya mau nyoba berbagai varian rasa nugget,itung2 nambah penghasilan buat bayar kuliah. 🙂
      terimakasih

      waah bagus sekali idenya… hm, coba tak carikan dulu ya.. mudah2an nemu soale itu acara sdh tahun lalu… atau mbak Indri bisa kontak ke Balai PMD Jogja, di sana sumber nya 🙂

      • tolong ya mbak saya minta resep cara pembuatan nugget dri kulit pisangnyA yang lengkap buat adik saya yang kecil, sekalian klo berhasil saya mau nyoba berbagai varian rasa nugget,itung2 nambah penghasilan buat bayar kuliah. 🙂
        terimakasih

  15. Ping-balik: Bukan Cuma Pisang yang Bisa Diolah, Kulitnya Juga Bisa Loh | Just my litte Site

  16. Saya tertarik untuk membuat varian kerupuk kulit pisang, terima kasih sangat bermanfaat.
    Bagaimana dengan bonggol pisang, apa kandungan gizinya dan dibikin apa saja ?
    Mohon info

    hm… saya blom dapat banyak info niih.. coba nanti klo ada yaa… atau mungkin ada teman lain mau share? mangga lho.. 🙂

  17. Mba, ini kandungan gizi dari kerupuk kulit pisangnya pernah diteliti gak? Kalo ada tabel kandungan gizi nya, boleh dipost gak?

    wah, saya blom ada info ttg itu… kalau nanti dapat, Insya Allah akan kutulis di sini… Trims sdh mampir, Dinda

  18. hemmmmz

  19. matap , semua nya jadi barokah ya amin
    semoga bermanfaat ya gan tifs nya

    trims kemabli 🙂

  20. Boleh dicoba ni gan, makasih.

    silakan 🙂

  21. dalam pembuatan kerupuk kulit pisang ini tidak ditambahkan air ya

    eh..sdh ckp lama nulis ini..cb tak buka2 contekan dulu..

  22. sayang sekali padahal kulit pisang masih bisa dimanfaatkan, tapi selama ini hanya dianggap sampah

  23. saya tertarik mau mencoba buat nuget kulit pisang

    hm, jadi pengen ngicip juga..hehe..

  24. saya sudah mencoba membuat ini, baru 3 kali percobaan saja sih, dengan perlakuan yang berbeda beda di setiap percobaan, tapi hasilnya selalu sama, setelah dikukus adonan menjadi lembek dan susah diiris tipis, akhirnya tidak maksimal setelah pengeringan, ketika digoreng hasilnya tidak renyah. mungkin Panjenengan ada saran biar masalah saya ini terselesaikan min? biar hasilnya bisa bagus kayak di gambar itu.. hehe

  25. Apakah kulit pisang yang matang atau yg mentah bekas limbah pembuatan sriping pisang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s