Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Tak hanya kupu-kupu…

23 Komentar

Selama ini, bila ditanya serangga apa yg cantik, pastilah aku menyatakan kupu-kupu lah serangga cantik sedangkan serangga lainnya tak punya warna beragam & bentuknya juga begitu-begitu saja…

Astaghfirullah… ternyata aku dengan pikiran sempitku telah sangat tidak adil menilai mahkluk-makhluk ciptaan-NYA yang tentu saja semua mempunyai kelebihan nya masing-masing. ย Kesadaran itu kurasakan ketika di hari Sabtu kemarin sempat mengunjungi Taman Reptil & Insekta di Sanggaluri Park Purbalingga.

Di taman yang namanya ternyata kependekan dari Sanggar Luru Ilmu ( Tempat Mencari Ilmu) khususnya di bagian Reptil & Insect Park inilah kami menemui ratusan jenis awetan serangga yang tertata rapi dalam kotak-kotak kaca yang sangat menarik perhatian.

Ternyata ada beragam jenis kumbang, kupu-kupu maupun serangga lainnya yang ada di bumi kita tercinta ini. ย Dan setelah melihat dari dekat beragam jenis awetan serangga itu, barulah terbuka mataku bahwa tak hanya kupu-kupu yang cantik melainkan ada banyak kumbang & serangga lain yg cantik dengan keunikannya masing-masing… Subhanallah… Yuuk, kita nikmati kecantikan mereka…

Aneka Kupu Nusantara

Aneka Kupu Nusantara

Kupu-kupu cantik dari Papua & Alor

Kupu-kupu cantik dari Papua & Alor

Pieridae

Kupu-kupu cantik jenis Pieridae

Kupu-kupu jenis Danaidae

Kupu-kupu jenis Danaidae

Ragam jenis kumbang Indonesia

Ragam jenis kumbang Indonesia

Kumbang sungut panjang, Kumbang Teka teka & Kumbang Badak

Kumbang sungut panjang, Kumbang Teka teka & Kumbang Badak

beberapa jenis serangga lainnya

Beberapa jenis serangga lainnya

Nah, itu dia -sebagian kecil- keindahan & keragaman hayati negeri kita… Begitu membanggakan, bukan?

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

23 thoughts on “Tak hanya kupu-kupu…

  1. Kalo ini bener2 harus bilang WOW ….. memang indah jenis2-nya udah gitu disusun dengan teratur lagi. Salut deh!!!!

  2. Sanggar luru ilmu. …. Catet ah tempat ‘meluru’. Aneka kumbang yang apik ya Jeng, kenal samber lilin/lilen dengan warna hijau kebiruankah Jeng?

  3. Kumbang dan serangga memang banyak yang cantik-cantik ya, hanya karena jarang terlihat dan ukurannya pun kecil, jadi tidak banyak yang tahu. Yang terlihat hanya kupu2 saja karena lebih sering wara-wiri…. ๐Ÿ™‚

  4. Wah mereka menata dengan cantik serangga2 awetan itu Mbak Mechta. Jadi bertambah deh cantiknya. Memang ya Mbak banyak sekali hewan dengan keunikannya hidup disekitar kita…

  5. Kupu Pirid itu cantik banget warnanya …..

  6. Dialog yang sering terjadi antara saya dan babang klo lagi nemu sarang laba-laba dirimbunan daun markisa depan rumah
    B : Ma, liat ada laba-laba
    S : Besar apa kecil?
    B : kecing
    S : Warnanya apa?
    B : Kuning. Cantik dia ya, Ma

    ehm, udah tau klo ada makhluk cantik dia. Apalagi kalau diajak ke museum ini, pasti bakal melonjak-lonjak kegirangan

  7. Huwaaa….liat fotonya aj udah merinding auntiiiieee, kepengen liat lgsg ih..

  8. Di halaman rumahku byk mbak yg spt di atas kalau pas musim panas, tapi hidup ๐Ÿ˜›

    • pasti lebih cantik saat hidup ya mbak… lincah terbang kian kemari… etapi klo kumbang2 itu hidup aku kok rada wedi ya…

      • nggak juga kok mbak, aku sering juga motretin mereka termasuk aneka jenis lebah, bisa puluhan jumlahnya jadi satu akur dgn kupu kupu, nggak pernah ngganggu mereka mbak, malah aku yg nganggu mereka krn motretin ๐Ÿ˜€

        ah.. jadi itu rahasia mereka ngumpul di sana mbak… pada ngarep jadi model fotonya mbak Ely tuuh… ๐Ÿ™‚

  9. kumbang berwarna-warni juga cantik mbak

  10. Subhanallaah Mba Mechtaaaa. baguuuus… untung sudah diawetkan, kalo nggak saya bisa girap-girap *tau kan ya Mba kata ini? ๐Ÿ˜€

    ah.. masa iya Dani girap2 lihat kupu? atau kumbangnya yg bikin girapen? hehe… eh itu kan seruangan sama reptil… tadinya aq males masuk coz tkt girap2 lht reptil hidup.. ternyata untuuung aku memberanikan diri masuk.. jd bs menikmati indahnya serangga itu hehe..

  11. Iya Mechta, indaaah banget!
    Kekayaan alam kita memang luar biasa, bayangin, ini baru dari kupu-kupu aja lo…

    iya mbak… baru sebagian keciiiil dari keagungan-NYA *tunduk takzim*

  12. Ping-balik: Keke & Nai… ke River World yuuk… | Lalang Ungu

  13. Ihihihii. .

    Saya malah paling suka ngeliatin Ular yang warna kuning di sana, Mba. Ternyata kesononya duluan saya e. Besok2 tulis di Blog jug aah! ๐Ÿ˜†

    hii… aku mrinding lihat ular2 gede itu, Idah… tapi takjub juga dengan warna & corak kulitnya.. subhanallah… indah ya… hayu atuuh diceritain lagi pengalaman ke sananya.. ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s