Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Kiat menjaga semangat

28 Komentar

Jangan terkecoh dengan judul tulisan ini ya… Judulnya memang menjanjikan sekali, namun mohon maaf bila isinya hanya catatan kecil ku untuk menjaga semangat yang seringkali naik turun dalam mengerjakan sesuatu.

Memulai adalah kiat pertama menuju sukses, demikian yang pernah kubaca .  Dan tentu saja aku setuju akan hal itu, tanpa tindakan memulai, tak akan sampai kita pada tujuan.  Ibaratnya cucian kering yg menggunung tak akan berubah menjadi tumpukan rapi terseterika hanya dengan niat kita untuk melakukannya, bukan? Persis sama dengan sebuah buku impian yang tak akan siap terbit begitu saja tanpa kita mulai menuliskan ide-ide yang bersliweran di benak… *ahay… contoh-contohnya subyektif banget..* 🙂

Namun setelah langkah pertama kita lakukan, entah itu mulai menata alas setrika atau mulai menetapkan tema tulisan, hasil akhir yang kita impikan masih jauh dari kenyataan jika kita mandeg di tengah usaha yang kita lakukan.  Kenapa berhenti? karena semangat kita menguap di tengah jalan, dengan begitu banyak alasan.

Nah, itu sebabnya aku berusaha mencari kiat-kiat untuk menjaga semangat tetap menyala hingga selesai suatu kegiatan.   Lalu, apakah kiat-kiat itu? Menurutku, ini beberapa diantaranya :

1.  Selalu mengingat tujuan akhir

Dengan kembali mengingat apa yang menjadi tujuan kita, seringkali bisa kembali menguatkan semangat yang mulai melemah di tengah perjalanan. Ingat rasa nyaman ketika rumah tertata rapi dan bersih, akan menyemangati kita meneruskan acara bersih-bersih rumah (yang sudah tertunda-tunda)… Ingat rasa senang ketika angka di timbangan badan turun -meski hanya setengah kilo- akan menimbulkan semangat untuk meneruskan diet sehat kita..meski dengan susah payah..

2.  Mencari teman seperjuangan

Dengan adanya teman bertujuan sama, seringkali kita tertolong ketika sedang tak bersemangat meneruskan kegiatan. Saling menyemangati, itu mungkin salah satu manfaat teman.  Kebuntuan ide yang seringkali menurunkan semangat menulis, mungkin bisa ditembus setelah berbagi cerita dengan teman yang berminat sama.  Lha.. kalau masalahnya semangat menyelesaikan setrikaan menggunung, apa iya kita cari teman yang mau membantu setrika? Hm, ide yang bagus juga.. namun kalau tak ada teman yang seperti itu, alunan musik kesukaan atau acara tv favorit mungkin bisa menjadi teman yang baik  saat itu…

3.  Tahan Godaan

Nah, ini dia yang paling berat buatku.  Saat semangat turun, hal-hal biasa terasa semakin menggoda untuk membuat kita berhenti berusaha.  Ajakan shoping di waktu yang kita khususkan untuk olah raga…, tawaran traktiran menu tertentu yang merupakan pantangan dalam diet kita…, atau sekedar ingatan akan  nikmatnya leyeh-leyeh di akhir pekan (yang merupakan hariku jadi PRT) adalah beberapa hal yg menggoda bagiku.   Kembali pada point 1, upaya tahan godaan itu bisa diusahakan juga.. sambil mengingatkan diri sendiri, makin semakin cepat semakin baik.. (kaya’ kampanye..) 🙂

 4. Mencoba cara-cara baru

Melakukan suatu hal yang sama dalam rentang waktu yang cukup lama seringkali menimbulkan kejenuhan yang pada akhirnya menurunkan semangat untuk tetap maju.  Kejenuhan ini dapat diatasi dengan melakukan cara-cara baru untuk mencapai tujuan yang sama.  Jenuh menulis tema tertentu ya mencoba menulis tema-tema lainnya.. Jenuh berolahraga jalan kaki, bisa ganti berenang atau bersepeda. Jenuh setrika berdiri ya sambil duduk… (ujung2nya kembali ke setrikaa… haha..)

5. Melibatkan orang-orang terdekat

Kebersamaan dengan keluarga ataupun orang-orang terdekat memang sesuatu hal menggembirakan dan penting pula dalam keseharian kita.  Setidaknya membuat mereka tahu tujuan akhir kita akan membuat mereka terlibat dalam kegiatan kita.  Entah itu menyemangati dengan cara menemani kita menjalaninya atau hanya urun rembug di saat kita membutuhkannya atau sekedar menyindir mengingatkan tujuan kita bila kita terlena dan lupa akan hal itu…

6.  Istirahat sejenak

Merasa lelah atau bosan ditengah kegiatan adalah hal yang wajar. Dan saat itu terjadi, memaksakan diri tetap melakukan kegiatan dengan semangat yang sama seperti di awal usaha adalah hal yang sangat sulit.  Kurasa, ada baiknya beristirahat sejenak.  Lelah akibat lama menulis, ya membaca…  Bosan menata interior ya diselingi menata taman… Lelah bersih-bersih rumah gak selesai-selesai…? salah sendiri..karena gak mau rutin tiap hari.. haha…  Jeda sejenak untuk beristirahat itu perlu, namun jangan berhenti lama-lama atau sering-sering ya… nanti akan susah untuk memulainya lagi..

7. Moodbooster

Seorang teman -Si Mas Emen- menambahkan kiat ini : mendengarkan musik penambah semangat atau istilahnya moodbooster… nah, apa musik pembangkit semangatmu, teman?

8. ………

Hm, apalagi ya? Mungkin masih banyak kiat-kiat lainnya… adakah teman yg mau menambahkannya? Silahkan lho.. Insya Allah bermanfaat untuk kita semua…

Tetap semangat, teman-teman.. 😀

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

28 thoughts on “Kiat menjaga semangat

  1. nah nest tulisan tips menahan godaan ya mbak 🙂

  2. Semua perbuatan tergantung niat, tapi niat tanpa perbuatan=kosong

  3. Aku kl lagi kehilangan semangat, tak buat bersepeda keliling desa mbak, pasti deh semangatnya langsung muncul soalnya di tengah jalan ketemu ratusan bahkan seribu mungkin burung burung beterbangan di udara, rusa rusa dan kelinci liar berlarian dan msh byk lagi 😛

    • hm… seperti yang di point 6 (istirahat sejenak ) ya mbak El… istirahat yg mendatangkan isnpirasi … atau point baru : melakukan kegiatan lain… 🙂
      waah… jadi pengen maen ke tempat mbak Ely nii …

  4. paling suka sama istirahat sejenak Mba Mechta. penting banget itu untuk mencegah kebosanan dan kejemuan.

  5. si semangat emang mirip balita, harus dijagain mulu…
    kata siapa gitu, pada dasarnya manusia dewasa itu adalah balita dengan ukuran lebih besar saja, jadi harus selalu dijagain ato malaj dijewer biar bisa konsisten..
    :))

  6. Nahan godaan, ini yang susah 🙂

  7. mengingat tujuan akhir itu seringkali membuat kita bisa bangkit lagi … TFS mbak …

  8. mungkin perlu ditambah dengan mendengarkan musik-musik yang bisa menaikkan semangat, istilahnya sih moodbooster. btw salam kenal ya Mbak Mechta 🙂

  9. Siip… terima kasih tambahannya ya… teman2 lain setuju juga, bukan?:)
    Salam kembali.. terima kasih sdh mampir ya..

  10. Catatan yang no 6 saya banget, istirahat se…jenak menjadi jenak beristirahat trus lupa tujuan akhir. TFS Jeng

  11. Tidur yg cukup mungkin ^_^

    hm… bangun tidur langsung semangat menyala lagi ya? 🙂

  12. kaya nya…makan rujak buah yg pedes..bisa ngasih sugesti buat nimbulin rasa semangat balik mbak…hehe 🙂
    #tapi ini termasuk point..tahan godaan ndak ya… 😀

    haa… kalau buat saya tidak mauuu… gak brani pedes 😦

  13. semangat dalam hal apa saja, kalau aku mempertahankannya Mbak Mrchta.Di awal2 semangat tapi dapat tantangan dikit langsung melempem. Halah entah mesti diapakan ini 🙂

    dipegang erat-erat biar nggak kabur, mbak.. hehe… adakah dari hal2 diatas yg juga mbak Evi lakukan?

  14. assalamu’alaikum mba… pa kabar? semoga selalu sehat.. heheh

    ini nih yg perlu diterapkan, pas banget buat saya yang lagi kurang semangat tuk ngeblog lagi…. xixixix
    mudah2an, semangat nulis itu bisa muncul lagi lah yaa.. 😀

    • Waalaikumsalam, Mab… alhamdulillah sehat… bgt juga dirimu kan? iya niih.. dah lama nggak muncul ya… hayu atuh semangat nulis lagi…. oya bgmana dg gerakan berbaginya? mudah2an tambah sukses ya..

      • heheh,,
        alhamdulillaah, sehat2 juga.
        Kegiatan berbagi, alhamdulillah tetep jalan dan perkembangannya insya Allah meningkat dg baik. Sudah ada beberapa instansi2 yang diajak bekerja sama dalam kegiatan berbagi ini. Insya Allah malah mengagendakan untuk donor darah & pengobatan gratis tiap 3 bulan sekali.
        Aamiin, trimakasih mba doanya untuk kegiatan berbagi kami.

        alhamdulillah… pokoke terus didoakan semoga lancar semuanya ya… berjuang di jalan Allah.. Insya Allah mendapat kemudahan dari-NYA 🙂

  15. Ah, postingan ini kayaknya buat saya banget nih…semangat nge-blog saya akhir0akhir ini memang turun drastis 😉

    Kiat yang saya lakukan adalah mengambil jeda buat istirahat.
    Setelah beberapa waktu membangun mood, biasanya suka semangat lagi…Insya Allah…

    mengisi saat jeda dengan orang2 tersayang…nikmat banget ya mbak.. Insya Allah langsung membumbung lagi deh semangatnya! 🙂

  16. Menginspirasi.

    terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s