Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Gizi Buah Pepaya – Workshop Online “All about Pepaya”

22 Komentar

Masih ingatkah tentang Workshop Online “All about Pepaya” yang berlangsung pada 1- 30 April 2013 yang lalu? Ini adalah sebagian Β ‘oleh-oleh’ dari Workshop yang diselenggarakan oleh IKA FAPERTA IPB itu. Β Maaf, baru sempat menuliskannya… Silahkan disimak, teman… πŸ™‚

***

GIZI BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.).Β 

Oleh Drh. Rizal Damanik, MRepSc., PhD,
DEPARTEMEN GIZI MASYARAKAT, FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA IPB.

Buah Pepaya (Carica papaya L.) memiliki bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat menghasilkan buah lebih banyak dan buahnya lebih besar. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah berongga. Biji-biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.

Aspek Gizi Pepaya
1. Kandungan Gizi:
β€’ Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.
β€’ Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui.
β€’ Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya dari buah apel.

2. Kandungan Enzim Papain
β€’ Enzim ini sangat aktif dan memiliki kemampuan mempercepat proses pencernaan protein.
β€’ Enzim papain pun berkhasiat sebagai obat perut seperti diare, sakit maag dan sembelit.
β€’ Papain berfungsi membantu pengaturan asam amino dan membantu mengeluarkan racun tubuh.
β€’ Enzim papain mampu memecah serat-serat daging, sehingga daging lebih mudah dicerna. Tidak heran bila pepaya sering dijadikan bahan pengempuk daging, terutama untuk pembuatan sate atau masakan semur.
β€’ Enzim Papain terbentuk di seluruh bagian buah, baik kulit, daging buah, maupun bijinya. Jadi sebaiknya pepaya dimanfaatkan secara seutuhnya.

3. Kadar protein dalam buah pepaya memang tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah. Tapi jumlah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Hal ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya yang mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri. Selain itu buah pepaya juga rendah gula, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

TANYA JAWAB :

T : Bagaimana kandungan gizi buah pepaya yang terkena antraknosa? Apakah masih ada kandungan gizinya? Adakah dampak negatif bagi kesehatan kita jika kita memakan buah pepaya tersebut?

J : Atraknosa merupakan penyakit busuk pada tanaman pepaya yg disebabkan oleh cendawan. Penyakit ini dapat menyerang daun, batang maupun buah. Pada buah yang terkena serangan Antraknosa masih ada, meski berkurang kandungan gizinya. Jangan dimakan bagian yang terkena serangan cendawan, dibuang saja. Secara umum, mengonsumsi pepaya yang terkena serangan penyakit busuk memang tidak umum.

T : Daun pepaya juga mengandung alkaloid,lycopene zat anti kanker ?

J : Betul. Pada daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Beberapa hasil penelitian telah melaporkan khasiat papain yang terkandung pada daun pepaya sebagai anti kanker

T : Utk meningkatkan nilai jual pepaya Calina yg bulat dng sentuhan teknologi pengolahan apa agar nilai gizi pepaya tsb masih tetap tinggi disukai masyarakat, soalnya dikebun kami jg cukup banyak yg bulat dan sayang kalau ditebang. Kemudian kalau pepaya utk diambil getahnya dari jenis varietas apa yg memiliki kandungan getah enzim papaine yg tinggi ?

J : Meski bentuk buah pepaya yang oval banyak disukai tapi bukan berarti bentuk yang bulat tidak ada peminat atau penggemarnya; ada juga yang tidak terlalu mempersoalkan bentukknya tapi lebih mementingkan rasa. Dengan pengolahan sederhana, misalnya dengan membuat menjadi juice pepaya aneka rasa atau mengkombinasikan belahan pepaya dengan agar-agar yang diisi pada bagian tengahnya, akan menambah variasi dan nilai tambah buah pepaya.

T : Β Mohon penjelasan lanjut mengenai manfaat pepaya sbg obat maag (karena kandungan enzim papain nya), bagian manakah yg paling baik dikonsumsi utk maksud tersebut?

J : Enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya memang umumnya digunakan untuk pengolahan daging, yaitu pengempukan daging. Enzim papain ini bersifat proteolitik yang dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan, dalam hal ini mempercepat proses pemecahan protein. Protein merupakan zat gizi yang tidak mudah dicerna. Dengan sifat proteolitik yang dimiliki enzim papain pepaya maka protein diurai menjadi asam amino sehingga memudahkan penyerapannya oleh tubuh. Hal ini berarti proses gerakan lambung (peristaltik) menjadi berkurang karena protein yang mudah terurai tadi. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah pepaya yang matang (bukan matang karena peraman) 10-15 menit sebelum dan setelah makan.

***

Maem kates yuuk...

Maem kates yuuk…

Sumber : Workshop IKA Faperta IPB ” All about Pepaya”.

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

22 thoughts on “Gizi Buah Pepaya – Workshop Online “All about Pepaya”

  1. Jadi teringat sharing info workshop o l topik ini yg sayangnya terlupakan mengikutinya. Bersyukur Jeng Mechta berbagi sebagian materi dari aspek gizi. Matur nuwun Jeng.
    Tak hanya untuk konsumsi ya Jeng, bahkan kosmetikpun memanfaatkan kates ini, jadi kangen kates jimgga.
    Selamat berakhir pekan

    Hm… Kates Jingga atis..nyam-nyam… πŸ™‚

  2. Buah yang murah dan bergizi, kami sangat menyukainya!

    sama2 suka pepaya ya Pak… apalagi disajikan dingin,hm…jadi makin uenaaak πŸ™‚

  3. pepaya Calina sekarang jadi favorit kami sekeluarga lho..enak sih

    pepaya lokal dg nama internasional itu ya mbak.. hehe… pepaya memang enak & mudah didapatkan ya..

  4. Pepaya…segar dan enak.
    Gizinya tinggi…..buah yang harus sering ada di meja makan.

    setuju Bu Enny… enak, bergizi & mudah didapat πŸ™‚

  5. Pepaya sangat baik untuk kesehatan. Etapi di tempat kerja saya pada males ngupasnya. Pas sudah dikupasin, langsung habis dalam sekejap. Ckckck.
    Keknya gak sedikit orang yang malas makan pepaya karena malas ngupasnya. πŸ˜€

    itu sebabnya aku juga suka beli yg sudah kupasan (dan dingiin) di abang buah yang lewat… haha…

  6. Kasih visual dong mbak.. biar makin marem aja saat baca sambil liat kates

    yang hasil jepretan sendiri blom ada Cak… hehe… sik sik.. tak ngonceki dulu ya.. hehe…

  7. wow .. ternyata banyka juga ya mbak khasiat buah ini. Kita sehati nih mbak, posting dgn tema yg sama πŸ˜›
    beruntung di sana banyak dan gampang menemukan pepaya πŸ™‚
    Happy Sunday mbak

    iya mbak.. alhamdulillah di sini masih banyak pepaya… apakah di sana susah cari buah ini mbak? Mat bersiap akhir pekan, mbak Ely…

    • susah nggak mbak, cuma pepaya importnya itu kecil kecil, setelapak tangan kali ya, sekitar itu gedenya, mahal lagi, kalau yg montok montok spt di tanah air kadang ada, tapi jarang sekali 😦

      oh iya mbak… dari WOL kemarin saya juga baru tahu, bahwa yg diekspor pepayanya kecil2.. sak genggeman thok… mungkin memang permintaannya begitu ya… nah, klo kangen yg montok2.. harus sabar hingga waktu mudik tiba ya mbak… πŸ™‚

  8. Inget pepaya, jadi inget sesuatu… Ah, piktor bgt gue! Sorry, Mec! Walopun sama2 penuh gizi, sih! Bhahaha

    hayaah…payah memang klo ngeres bawaan lahir mah… *nyodorin sapu*

  9. aku sukanya kates setengah mateng. Kriuk-kriuk klo dimakan. Apalagi ditambah sambelnya. Ah, jadi pengen makan lotis

    wah..kebalikan dgku, mbak Nanik.. aku gak suka kates gemadhung…lebih suka yg mateng wit.. hehe… Silahkan buat Lotis mbak…jangan pedes2 ya..biar bisa ikutan ngicip..hehe..

  10. gizinya banyak ya, enak pula buah pepaya ini

    betoool.. πŸ™‚

  11. kl kata sy dr semua buah pepaya yg pernah sy coba, pepaya lokal tetep yg paling enak rasanya

    rasanya, aku malah blom pernah ngrasain pepaya impor.. hehe… jadi referensi rasanya ya cuma di pepaya lokal saja.. πŸ™‚

  12. aku malah ga bisa ngebedain pepaya dari mana dari mana
    pokoknya asal ibue nyuguhin langsung embat…

    idem… aku yo ra mudeng jenis2e..pokoke uenak kabeeh.. *asal wis mateng* πŸ™‚

  13. Orang sunda bilangnya “gedang” nama yang sama untuk sebutan “pisang” bagi orang Jawa πŸ˜†

    betool… jadi siap2 salah di kasih kalau urang sunda minta gedang ke wong jowo.. πŸ™‚

  14. Pepaya enak nya dibuat rujakan… ah.. apalagi di surabaya yang panas gini.. πŸ˜‰
    *rujakan yuk mbak meta, ntar ta bawain teman2nya, bengkuang, nanas, mangga.. hmmm*
    hm… mauuu… yg dingin ya Mi.. etapi jangan pedes2 sambelnya πŸ™‚

  15. ternyataaaa….
    banyak sekali manfaat pepaya yah mbaaaa…
    tapi…tapi…*mulai cari alesan*

    andaikan pepaya itu aromanya seperti nasi padang mba…halah…

    klo cuma aromanya ga papa Ry.. tapi jangan sampe jadi pedes kek nasi padang… walah 😦

  16. Asal ojok akeh akeh mbak,, malah bolak balik ke belakang,, heheeee

    Ora sak kal akeeh kok… sithik2 ning bola-bali.. #eh… πŸ˜‰

  17. Mbak Mechta aku suka banget makan urap daun pepaya. Jadi bermanfaat sebagai anti kanker ya. Syukurlah kalau begitu..Kalau buahnya juga suka sih..Tapi lebih melihat arah manfaatnya ketimbang rasanya πŸ™‚

    klo aku suka tumis daun pepaya mbak… apalagi ada udang / terinya.. wih…nyam2… πŸ™‚

  18. Saya sangat suka pepaya, Mechta…tapi yang daging buahnya berwarna merah dan dagingnya tebal serta berair banyak…hihihihi, banyak banget ya syaratnya!
    Bahkan sering saya belanja pepaya langsung 3, yang matang 1, setengah matang 1 dan yang masih mentah satu…bayangin, sampe segitunya ya kecintaan saya pada buah pepaya πŸ™‚

    wuih..pecinta pepaya sejati nih mbak Irma… kalau saya, apapun pepayanya.. yg penting dingiiin.. jadi maknyus deh… dan makin maknyuss lagi klo pepaya dingin itu ‘dikeceri’ jeruk nipis.. wiih.. jadi pengeen nih… πŸ™‚

  19. Ping-balik: PEPAYA sebagai BANKER tanaman buah tahunan | Lalang Ungu

  20. apa dampak negatif dari konsumsi pepaya yg brlebih?misal sehari habis 1/2 kg?

    segala sesuatu yg berlebihan pastilah tak baik.. tp ttg berlebihan pepaya ini aku belum dpt referensinya… maaf…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s