Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Januari

17 Komentar

Hujan turun hampir tiap hari: pagi, sore hingga malam, begitu pula pada hari Kamis, 16 Januari 2014 lalu. Walhasil keesokan paginya -Jum’at 17 Januari 2014 – ketika aku melongok ke luar rumah terlihat jalan di depan rumah sudah ‘disulap’ menjadi ‘sungai’ kecil nan panjaaaang… ๐Ÿ˜ฆ

Waduuh! bagaimana caraku pergi ke kantor? Maklum, motor yang dipinjamkan padaku sudah lumayan berumur (hehe) dan sangat mengkhawatirkan bila harus melalui ‘sungai’ yang baru terbentuk itu.ย  Kalau memaksa mengendarainya, bisa-bisa aku harus melakukan olah raga ‘dorong montor’ di pagi itu! hehe…

Sambil menyiapkan sarapan, kudengar adik-adikku wira-wiri ke halaman, sibuk nge-cek ketinggian air yang semakin merambat naikย  seiring dengan hujan yang masih saja deras di pagi itu.ย  Alhamdulillah, air hanya sampai di batas halaman, kecuali bila ada kendaraan lewat maka barulah air itu bagai ombak menepi di tepi pantai….datang memesrai halaman rumah kami… *halah, bahasane rek..hehe…

Beberapa ruas jalan yang berubah menjadi sungai... (Foto minjam dr Diajeng Cii Yuniaty)

Beberapa ruas jalan yang berubah menjadi sungai… (Foto minjam dr Diajeng Cii Yuniaty)

Kemudian akupun bergabung dengan adikku di teras rumah kami, sambil berbagi informasi dengan para bapak tetangga kami yang juga krubyukan sambil berpayung-ria, asyikย  memantau perkembangan limpahan air di lingkungan rumah kami.ย  Eh, kapan lagi lihat pemandangan para bapak ngerumpi di bawah payung warna-warni? ๐Ÿ˜€

'Sungai dadakan' di depan & samping rumah

‘Sungai dadakan’ di depan & samping rumah

Lalu ketika melihat diantara mereka ada pak becak yang biasa mangkal di perempatan itu, kamipun bertanya apa ia bisa mengantarku ke kantor.ย  Ternyata beberapa SD diliburkan pagi itu, hingga si bapak tak harus mengantar anak-anak ke sekolah danย freeย untukย  mengantarku ke kantor. Alhamdulillah…, masalah akomodasi ke kantor beres. Horee… ๐Ÿ™‚

Maka akupun bergegas bersiap ke kantor,lalu dengan diantar oleh Pak Becak yang baik hati itu, menyusuri ‘sungai’ baru sepanjang depan rumah sampai ke kantor.. eh, serasa yuyu kangkang saja..haha…ย  Sampai dikantor baru aku sadar sudah salah kostum, ketika melihat teman2 berseragam Kopri sementra aku berbatik biasa… alamaaak, fokus ke masalah akomodasi jadi lalai dengan tanggal 17.. hehehe…

Seharian itu hujan setia menemani, hingga saat ku pulang kantor (masih menyusuri jalan yang berganti wajah jadi sungai), bahkan sampai sore hari ketika aku dijemput travel untuk ke Semarang.

Begitupun pagi ini, aku menikmati pagi di rumah masa kecil kami, masih ditemani rinai hujan yang enggan berhenti.ย  Untung ada teh hangat, teman terbaik ketika menikmati tarian air hujan yang memandikan tanaman dan halaman…. Eh, jadi ingat, aku belum berhasil memotret hujan dengan indah…ย  adakah teman yang tahu tips memotret air hujan? bagi-bagi di sini yaa…. *ngarep ๐Ÿ™‚

Ya sudahlaah…, namanya juga JANUARI :ย saat hujan bersenang-senang turun (hampir) setiap hari… dinikmati saja, bukan? Semoga barokah… Oya, bagi teman yang sedang terkena musibah banjir semoga sabar yaa… insya Allah ada hikmah dibalik musibah…

Selamat akhir pekan, teman….ย  Eh, adakahย  cara khususmu menikmati hujan, teman?

#Makasih Diajeng Cii’ Yuniaty untuk pinjaman fotonya ๐Ÿ™‚

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

17 thoughts on “Januari

  1. Semoga bencana banjir ini bisa berakhir di Januari….
    aamiin… bagaimana di sana? banjir juga kah?

  2. Januari : hujan tiap hari….., he..he.. bener juga ya…
    dan kudu siap sedia kl banjir..

    itu kata orang2 tua mbak… Januari = hujan sehari-hari.. klo Desember = Deres-derese sumber (bhs jw) / deras2nya sumber(air) ๐Ÿ˜€

  3. semoga segera surut ya mbak banjirnya .. kebayang semua org pd susah deh kl mau kerja dann bepergian

    iya mbak Ely..lagi banyak rezeki nih.. ๐Ÿ™‚

  4. setuju dengan kak Monda .., hujan sehari-hari
    namun sekalipun demikian … kita harus tetap semangat

    salam saya Aunty

    betul, Pak Her… tetep semrangaaat… ๐Ÿ˜€ salam dari Kota Batik…

  5. Rupanya hujan merata di seluruh Nusantara ya Mbak Mechta, sehingga di tempatmu akhirnya kebanjiran juga. Sementara gak pakai motor ya Mbak..:)

    iya mbak Evi… pemerataan, biarkita semua ikut merasakan.. bagaimana di tempat mbak?

  6. Hujan terus ya Mbak. Di tempat saya sih belum banjir (semoga tidak), tapi jalan menuju kantor… lumayan parah juga..

    iya Mbak Dani… alhamdulillah lagi diujikesabarannya.. semoga semua ikhlas ya… ๐Ÿ™‚

  7. persis di jalan depan rumahku ini ,Mechta
    banjir dan sungai dadakan juga muncul…
    tapi, gak apa apa lah , nikmati saja karunia Tuhan ini … ๐Ÿ™‚

    Semoga saudara2 kita yang sedang kena musibah banjir, tetap sabar dan kita pun diharapkan bisa membantu, walau hanya dengan doa dan nasi bungkus saja, betul khan Mechta ? ๐Ÿ™‚

    selamat menikmati karunia Tuhan yang renyah ini … ๐Ÿ™‚

    betul Bunda… melatih kesadaran kita ya… dan minimal kita berdoa untuk mereka agar diberi kekuatan & kesabaran…. selamat berakhir pekan, Bunda…

    salam

  8. semangat ya mba.. di jogja, meski tidak banjir tetap diguyur hujan deras..
    banyak pula yang sakit di sini..
    makanya mari disyukuri saja apa yang ada, semoga mba sekeluarga sehat-sehat saja di sana..

    Insya Allah, Tina… semoga kita semua tetp sehat & semangat ya… Betul.. disyukuri saja semua kondisi saat ini…

  9. Bekasi juga banjir dimana-mana Mba…malahan ada yg sampe 2 meter tingginya.
    Semoga ujannya tetap jalan tapi volumenya agak dikurangi dikit, jgn tiap hari hehehe #nawar
    Smoga besaok ngak salah kostum lagi ya Mba hehehe

    Aamiin.. semoga semua aman terkendali ya.. (dan semoga aku ga salah kostum lagi,hehe…)

  10. di malang sudah mulai jarang hujan mbak. cuma mendung2 aja + angin kencang beberapa hari ini

    rupanya jadwal hujan sedang ada di pantura mbak nanik.. hehe.. semoga sekeluarga sehat selalu ya…

  11. Waduh semoga cepet kering mbak banjirnya. Memang repot banget kalo udah banjir kaya gitu. Ati2 kalo jalan jgn sampai terpeleset ๐Ÿ˜€

    aamiin.. makasih doanya mas… klo jalan menembus ‘sungai’ dadakan gitu, yg kutakutkan lobang2 yang ketutup air… kejeglong bisa berabe.. ๐Ÿ™‚

  12. januari: hujan sehari hari, hehe

    kalau sampai kelamaan banjir akan jadi masalah mencari air bersih…

    betul… masalah juga buat urusan ‘kebelakang’ alias MCK.. ๐Ÿ™‚

  13. mba Mechtaaaaa…
    duh baru aja BW lagih dan ternyata beberapa sahabat blogger pada kebanjiran yaaaah…
    Mudah2an bisa cepet surut yah mbaaaaa…

    Tapi ituh sampe bela belain nge-becak gitu sih ngantornya mbaaaa…
    kalo aku mah udah nyerah aja deh, bolos kerja dan selimutan di kamar aja….hihihi…*dasar cemen*

    alhamdulillah sudah surut, Ry… hehe… sekali2 kasih rejeki buat pak becak laah… ๐Ÿ™‚

  14. mbak ini banjir di daerah mana? ini memang lagi musim hujan dan banjir ya, yang sabar dan tetap semangat ya ๐Ÿ™‚

    yang kuceritakan diseputaran perumahanku di Pekalongan mbak.. alhamdulillah sekarang sudah surut… trims supportnya ๐Ÿ™‚

  15. Romantika Januari ya Diajeng, hujan berkat bila dikelola dengan baik. Selamat beraktivitas seraya menjaga kesehatan. Salam

    Aamiin… Dos pundi Salatiga, Bu? Mbok menawi langkung uatisss nggih wayah rendheng ngaten? hehe… Selamat berakhir pekan, Bu Prih ๐Ÿ™‚

  16. Jeng, ikut nitip pesan ke Jeng Cii’Yuniaty ya semoga beliau mampir di rumah maya Molek. Saya masih kesulitan (lha gaptek jee) kulanuwun ke blog beliau shg belum bisa bertamu. Salam hangat tuk sahabat Kota Batik.

    Inggih bu… pesanan akan saya sampaikan… *njawil Diajeng Yuni..

  17. Januari tahun ini hujannya lebih sering turun, enak sekali buatmendekam di kamar, tidur,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s