Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Lajang Babad Lelakone Kasijo (1)

13 Komentar

Seperti yang kuceritakan beberapa waktu lalu keluarga kami seolah mendapat ‘harta karun’ ketika menemukan buku-buku berisi tulisan tangan dari swargi Mbah Kakung Kasijo Prijosudarmo yaitu ayah dari ibu kami.

Sampul Bukunipun Mbah Kakung

Sampul Bukunipun Mbah Kakung

Nah, inilah sebagian kisah hidup beliau -yang aslinya tertulis dengan huruf  jawa itu- hasil ‘terjemahan’  ibu kami.

SALASILAH

Bp. Djaja Setika + Ibu Mukinem , nganakake :

  1. Sarpin – Djaja Soekarto ( Krajan )
  2. Kasijo – Prijosoedarmo ( Krajan )
  3. Kusmin ( Ajal )
  4. ….. ( Ajal )
  5. Salimin ( Krajan )

 

Bp. Sarpin , nganakake :

  1. Soemarno
  2. Soemarni
  3. Soemardi
  4. Soemarsono
  5. Soemarjati

 

Bp.Kasijo, nganakake :

  1. Srie Moeljani ( Gunung Tumpeng, setu pon )
  2. Sri Marjati ( Gunung Tumpeng )
  3. Marijadi = Wakhidin
  4. Sri mardijanti

PENGETAN

 

Djaja Setika lan Mukinem nduwe anak lanang lima, nanging mung gesang kang 3. Pembarepe aran Sarpin, penggulune Kasijo, wuragil gesang aran Salimin. Telu-telune mau kelairan ing kampung Krajan, distrikan afdeeling uga Salatiga, residen Semarang.

 

Layang iki katulis ana ing Desa Gunung Tumpeng onderdistrik Suruh. Wiwit ing dina Selasa kliwon kaping 1 Dulkaidah 1865 utawa kaping 4 ngrinaake 5 ing sasi Pebruari th 1935. Ana ing pondokan omahe Kamituwa Mustajab.

 

Layang iki mung dijupuk sak perlune wae kanggo mbabadake lelakone Kasijo utawa Prijosudarmo. Sak turun-turune bisa nek klakon ing mbesuk meruhi undha-usuking lelakon. Utawa kenaa kanggo pangeling-eling sokurbage yen kenaa ditiru. (Tinggalan pangeling-eling)

Terjemahan bebas :

SILSILAH

Bp. Djaja Setika + Ibu Mukinem , mempunyai putra-putri :

  1. Sarpin – Djaja Soekarto ( Lahir di Krajan )
  2. Kasijo – Prijosoedarmo ( Lahir di Krajan )
  3. Kusmin ( Meninggal )
  4. ….. ( Meninggal )
  5. Salimin ( Lahir di Krajan )

 

Bp. Sarpin , mempunyai putra-putri :

  1. Soemarno
  2. Soemarni
  3. Soemardi
  4. Soemarsono
  5. Soemarjati

 

Bp.Kasijo, mempunyai putra-putri :

  1. Srie Moeljani ( Lahir di Gunung Tumpeng, pada hari Sabtu Pon )
  2. Sri Marjati ( Lahir di Gunung Tumpeng – meninggal )
  3. Marijadi = Wakhidin
  4. Sri mardijanti (meninggal)

 

PENGINGAT

 

Djaja Setika dan Mukinem mempunyai lima anak laki-laki, namun hanya 3 orang yang hidup. Yang sulung bernama Sarpin, yang kedua Kasijo dan bungsu yang hidup bernama Salimin. Ketiganya lahir di Kampung Krajan, distrik afdeeling Salatiga, Karesidenan Semarang.

 

Surat ini ditulis di Desa Gunung Tumpeng bagian dari Distrik Suruh. Mulai ditulis sejak Hari Selasa Kliwon tanggal 1 Dulkaidah 1865 atau tanggal 4 malam 5 Bulan Pebruari Tahun 1935.  Ditulis di (tempat kost) rumah Kamituwa Mustajab.

Surat ini hanya diambil seperlunya saja untuk menjelaskan kisah hidup Kasijo atau Prijosudarmo. Harapannya agar kisah hidup ini besuk dapat dimengerti oleh anak cucunya, sebagai pengingat  atau lebih baik lagi apabila dapat ditiru.  (Warisan pengingat )

Bersambung….

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

13 thoughts on “Lajang Babad Lelakone Kasijo (1)

  1. benar-benar menemukan harta karun bu,
    tahun 1935, Indonesia belum merdea, mbah kakung sudah mencatatkan silsilah keluarga, dan masih awet sampai sekarang.

    Begitulah… kami sangat bersyukur Mbah Kakung sudah menuliskan sekelumit kisah hidupnya ini… sedang berusaha ‘diawet’kan.. hehe…

  2. Menarik sekali, ya, kalau kita mengamati nama orang-orang zaman dulu. Nenek saya punya saudara sembilan yang semua namanya diawali dengan “dar-“.

    eh mas.. pernah tanyakah arti kata ‘dar’ yang mengawali banyak nama itu? *lirik KTP 🙂

  3. harta karun berharga banget ini mbaa harus diturun temurunkan ke anak cucu

    hihi… menuliskannya di sini, adalah salah 1 upaya utk itu, Jeng.. 🙂

  4. subhanallaah.. seperti membuka mesin waktu Mba Mechta.

    hehe.. iya juga ya Dani… semacam itu 🙂

  5. jadi bisa tau apa yang terjadi dulunay ya mbak

    iya, alhamdulillah…. 🙂

  6. Mba Mechtaaaaaa…
    INI SUNGGUH KEREN SEKALI !!!

    Karena jaman dulu belum ada blog, maka beliau menuliskannya di kertas gitu yah mba…
    Akh…jadi bisa tau deh silsilahnya 🙂

    beneran keren mba Mechta 🙂

    Trims Erry… senang oi, punya mbah Kakung keren.. hehe.. yg jelas skg jadi makin tahu dari mana hobi menulis ini berasal 🙂

  7. wah,,itu harta karun beneran mak mechta,,,aku saja kadang nggak tau keluargaku yg mana saja kalau udah lebaran,,,benar2 warisan utk anak cucu tuh 🙂

    hehe… mudah2an sih bgtu.. bisa jadi pengingat bagi cucu-buyut keturunan beliau 🙂

  8. Wow … bagus banget ya mbak, masih ada peninggalan berharga seperti di atas, hingga anak cucu bisa tahu silsilahnya 🙂

    untungnya, ibu masih fasih membaca huruf Jawa itu, mbak.. hehe…

  9. Diajeeeng….rasanya ikut nggregel membacanya. Langsung kuping ini njepiping ada kata Salatiga, Suruh, Krajan.
    Ayooo wayah Eyang Kasijo semangat menuliskan babad lelakone eyang untuk pangeling-eling dan pasti jadi teladan (ditiru).
    Sungkem katur Ibu ya Jeng.

    Inggih ibu, insya Allah para wayah sageda nuladani pun eyang… insya Allah salam kagem ibu mangke dalem aturaken 🙂

  10. Ping-balik: Lajang Babad Lelakone Kasijo (2) | Lalang Ungu

  11. Keren, Mechta…susah lo menemukan urut-urutan silsilah seperti ini. Apalagi yang ditulis tahun 1800-an seperti ini…ditunggu lanjutannya ya!

    insya Allah, mbak…. 🙂

  12. Hebat…..!!!! Salut….. !!!! dg mbah kakung kasijo, beliau pantas menjadi panutan dan inspirasi bagi kita semua.

    Ayo selalu menulis, sebagai warisan yang sangat berharga bagi generasi kita berikutnya…… 🙂

    terima kasih apresiasinya, Uda… ah, andai beliau masih ada…

  13. di jaman itu mbah udah tau pentingnya arsip ya.,
    apalagi susah banget kan dapat buku tulis…, ibuku aja sdnya masih pakai batu tulis

    alhamdulillah…. Allah memberi ide cemerlang kepada beliau, untung saja…sehingga kami yang tak pernah kenal langsung beliau jadi bisa ‘mengenal’ lewat cerita beliau ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s