Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Quiche Brokoli a la Mechta

18 Komentar

Menurut Wikipedia, Quiche adalah makanan yang berasal dari Perancis, terbuat dari tepung terigu dengan adonan berisi bayam, salmon, ayam, daging asap yang dibalut keju. Quiche yang terkenal adalah dari Lorraine berupa adonan susu, telur, daging asap dan keju Gruyere.

Nah, salah satu resep yang kami dapatkan saat kumpul keluarga lebaran lalu adalah Quiche Brokoli, yang menurut Jeng Wati -yang memberikan resep ini- merupakan alternatif menu sarapan dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan membuatnya pun mudah.

Ini dia resep Quiche Brokoli dari Jeng Wati :

Bahan-bahan :

  • 8 butir telur kocok lepas
  • 10 lembar daging asap potong kecil-kecil
  • 1 buah bawang bombay dicincang
  • 250 gr keju cheddar diparut
  • 1 bh brokoli dirajang halus bagian hijaunya saja
  • 1 lt susu cair
  • Beberapa lembar roti tawar, dipotong kecil-kecil
  • Lada, garam & pala secukupnya.

BAHAN_QB

Bahan-bahan Quiche Brokoli

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu adonan
  2. Masukkan ke dalam wadah-wadah tahan panas
  3. Panggang sampai bagian atasnya menguning
  4. Angkat
  5. Siap disajikan hangat-hangat, bila suka dapat ditambahkan saus sambal.

ย 

Naah… gampang banget kan membuatnya? aku saja yang ‘awam dapur’ ini bisa kok… Ga percaya? Niih.. ada buktinya lho..๐Ÿ™‚

PROSES QB

Proses pembuatan Quiche Brokoli

Oya, sedikit melenceng dari resep, aku menambahkan potongan sosis untuk menemani potongan pucuk brokoli sebagai topping-nya. Dan kemarin itu aku hanya membuat adonan 1/2 resep, menjadi 11 wadah alumunium foil ukuran 8 x 12 cm… Dan hasilnya, This is it

QB a la Mechta

Quiche Brokoli a la Mechta

Sebenarnya, QB itu adalah hasil percobaan kedua membuat Quiche berdasarkan resep dari saudaraku itu.ย  Pada percobaan pertama, tak menemukan bawang bombay & brokoli (ataupun sayuran hijau lainnya) di kulkas, terpaksa aku berkreasi sendiri, menggantikan brokoli dengan wortel yang dirajang halus serta bawang merah & bawang putih untuk menggantikan si bawang bombay… Hehe.., nekad juga ya.. tapi ternyata hasilnya enak juga kok…

QW-5

Yang ini QW – Quiche Wortel

So.., itulah resep Quiche – salah satu hasil silaturahmi.. Kalau ada yang berminat, silahkan mencoba yaaa….

18 thoughts on “Quiche Brokoli a la Mechta

  1. Walaupun pertama membuat, hasilnya sukses ya Mbak. Kalau membaca sih, resep dan cara mengolahnya juga tak susah ya…

    itu bukti klo buatnya memang guampaang mbak… lha itu, aku yg awam dapur saja bisa..hehe… ayo dicobain mbak Evi…๐Ÿ™‚

  2. yummy …. Mama dan suamiku pasti suka mbak menu di atas, aku juga

    apalagi klo mbak Ely yg bikin.. pasti numani.. hehe…

  3. Sehat bergizi dan praktis ya Jeng
    Selain mahir mengolah kata Diajeng juga cakap memasak loh
    Selamat berakhir pekan

    hihi.. Pujian ibu bikin besar kepala… dua2nya masih jauuuh dari mahir, ibu.. apalagi bagian dapur.. *psst…niku kula mung bagian siap2, cemplang-cempung n aduk2 bu… bagian manggang n ngangkat dr oven adik.. hihi…

  4. Yummy bgt mbak ..kayanya Nadia doyan bgt nih. Thanks for sharing ^-^

    Sami2.. Muna.. Iya lho.. ponakan2 ku langsung suka…n minta lagi..hehe… Mungkin ini salah satu cara utk memasukkan sayuran ke perut mereka..hihi..

  5. harus di coba nih jadi mirip makaroni schootel kesukaan pascal

    naah itu dia.. karena kami suka makaroni schootel, jadinya langsung pengen nyoba resep ini..dan ternyata sama mudahnya dan tak kalah enak dg makaroni schootel lho.. silahkan dicoba, Jeng Lidya..๐Ÿ™‚

  6. duuuhh… harus pake susu ya? bisa diganti yg lain gak mba susunya?

    Kenapa Say.. ga suka susu? naah.. kalau diganti santan gimana ya? *baliknanya..hihi…

  7. mba Mechtaaaaa๐Ÿ™‚
    pesen delivery buat ke Bandung atuh laaaaah…hihihi…

    coba saja dulu Erry… yakin gak akan mbleber seperti kue lebaranmu kemarin kok..qiqiqi…

  8. haduuh… jadi laper ngeliatnya๐Ÿ™‚

    ayo buaaat… si kecil pasti sukaaa…๐Ÿ™‚

  9. saya belum pernah nyobain yang pakai sayur, Mbak. Tapi, anak-anak sya biasanya suka makanan yang gurih kayak gini. Dan, mereka juga suka banget sama brokoli.๐Ÿ™‚

    naah.. sok silahkan dicoba, Chi..๐Ÿ™‚

  10. One of my fave nih mba, asli praktis et yummy๐Ÿ™‚

    ini juga langsung jd fav kami, mba Indah..hehe… memang enaaak…๐Ÿ™‚

  11. Cara bikinnya simpel banget ya mbak. Pengen coba. Ngebayangin dikasih saus sambel kayaknya slurrrp banget deh

    Naah.. betul itu, mbak Ika… yg suka pedes makannya dg sau sambel.. tambah nikmaaat kata mereka๐Ÿ™‚

  12. Jadnya kayak makaroni skuter ya Jeng
    Nyoba ach, siapa tahu cocok
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

    sami2, Pakde.. mudah2an bermanfaat..๐Ÿ™‚

  13. Auntieee…aku blom punya oveeen *halah*, dikukus enak jg kali ya si quiche inih hohohoho

    naah… coba berinovasi dg dikukus, Orin… siapa tahu lbh nyamleng… hehe…

  14. Ping-balik: Batang Brokoli dibuang sayang… | Lalang Ungu

  15. Kayaknya enak Mechta…mesti dicoba nih.
    Sehat, bergizi

    Mangga, silahkan Bu… Praktis, lagi! Mudah-mudahan Ara suka๐Ÿ™‚

  16. Nyummyy. Bikin pengin nyicip makanannya, mba. :3

    Ila, bikin yuuk…ga susah bikinnya dan enaaak.. Hehe…

  17. Saya suka brokoli
    Terima kasih resepnya
    Salam sayang dari Jombang

    Sami-sami, Pakde… semoga Bude / mbak Sandy bisa mencoba resepnya… Salam dari Kota Batik, Pakde…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s