Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Berkah silaturahmi

18 Komentar

Silaturahmi atau silaturahim adalah kata yang sudah sangat kita kenal.  Bersilaturahmi seringkali kita maknai sebagai menyambung tali persahabatan / persaudaraan.  Dan tindakan ini tentu saja banyak manfaatnya.  Coba saja ketik kata kunci ‘manfaat silaturahmi’ di mesin pencari, maka bertebaranlah tulisan-tulisan yang membahas tentang hal itu.

Silaturahmi adalah tindakan manusia yang diridhoi Allah, disukai malaikat dan manusia serta dibenci dan membuat marah iblis dan setan… Itu salah satu hal tentang silaturahmi yang seringkali kita dengar / baca, bukan?

Bagaimana denganmu, teman..  Sudahkan kau rasakan manfaat silaturahmi?

Buatku sendiri, silaturahmi ini sangatlah istimewa.  Silaturahmi keluarga, misalnya. Menjaga ikatan persaudaraan dalam keluarga besar kami antara lain diupayakan melalui diadakannya pertemuan rutin -meskipun saat ini baru bisa berlangsung setahun sekali- yang dihadiri oleh cabang-cabang keluarga yang bersumber dari dua orang kakak beradik yaitu Ibuku dan adik beliau.

Setahun sekali kami selalu berusaha meluangkan waktu untuk bisa bersilaturahmi / bertemu secara bergantian di rumah salah seorang dari ‘cabang Ibu’ ataupun ‘cabang Oom’. Senang sekali kami bisa memperbaharui kabar masing-masing, mengetahui perkembangan anggota keluarga, turut berbahagia atas kesuksesan ataupun kegembiraan yang diperoleh ataupun berbagi duka dan saling menguatkan ketika ada musibah yang menimpa salah seorang dari kami.  Sungguh banyak hal menyenangkan dan bermanfaat dalam pertemuan keluarga itu, sehingga sangat sayang bila aku terpaksa tak dapat mengikuti acara gayeng-gayengan setahun sekali ini…

Selain dengan saudara / kerabat, silaturahmi dengan teman ataupun sahabat juga sangat besar manfaatnya buatku.  Bertambah teman, tambah sahabat, tambah pengalaman, tambah keasyikan dalam hidup🙂

Masih ingat tentang sahabat-sahabat yang kemarin kuceritakan baru saja menghabiskan waktu bersama?

Ya, keempat sahabatku itu sudah cukup lama mewarnai hari-hari dalam hidupku. Alhamdulillah.  Awalnya aku bersahabat dengan Mbak Nik, salah seorang rekan kantorku saat itu.  Kami seringkali menghabiskan waktu berdua runtang-runtung tidak hanya saat menjalankan tugas dinas namun juga saat santai di luar jam kerja (karena kebetulan rumah kami berdekatan).

Nah, mbak Nik di lokasi kerjanya (waktu itu di daerah Selatan sementara aku di Barat) sudah bersahabat dengan 3 orang yaitu Mbak Budi, Mbak Aya dan Mbak Yayuk.  Melalui Mbak Nik-lah aku mulai kenal dengan mereka dan akhirnya kami berlima menjadi akrab.

Kesamaan hobby bertanam adalah hal yang -awalnya- menyatukan kami.  Waktu itu sedang heboh-hebohnya tanaman Aglonema, Euphorbia, Gelombang Cinta, dll.  Kami sering bertukar informasi tentang tanaman-tanaman yang kami koleksi. Apalagi Mba Budi seorang penyuluh pertanian..wah, makin asyik kami membahas permasalahan apapun tentang tanaman-tanaman kami.  Kami juga seringkali pergi bersama hunting bibit tanaman.  Jalan-jalan bersama itu makin mendekatkan kami.

Oya, latar belakang tugas kami berlima berbeda-beda (apalagi saat ini aku dan Mbak Nik juga sudah tak sekantor), keuntungannya adalah kami bisa saling bertukar info yang mungkin sedang kami butuhkan. Tentang seluk beluk perizinan kami bisa bertanya pada Mbak Nik, tentang pertanian kami menyadap ilmu dari Mbak Budi, tentang urusan catatan sipil ada Mba Yayuk yang bisa kami tanya, sementara aku & Mbak Aya berbagi info-info tentang kegiatan pemberdayaan masyarakat.  Belum lagi, meskipun kantor kami berbeda, kebetulan sering ada saling kerja sama. Jadi kami bisa lebih dahulu berbagi info tentang si A / B / C yang akan bekerjasama dengan kami sehingga pengetahuan awal tersebut dapat menjadi modal untuk memuluskan kerja sama tersebut..🙂

 Saat ini, kami sedang mempunyai minat yang berbeda-beda.  Mbak Budi dan Mbak Nik masih asyik dengan tanaman-tanamannya, Mbak Yayuk menekuni bisnis kucing blasterannya, Mbak Aya sibuk dengan bisnis pakaiannya sementara aku enjoy dengan tulis menulis.  Tapi kami tetap meluangkan waktu untuk bertemu secara berkala, saling membantu, saling menguatkan.  Itu semua karena kami telah merasakan manisnya persahabatan kami yang membuahkan banyak berkah untuk kami selama bertahun-tahun ini.

Dan bagaimana dengan silaturahmiku dengan teman-teman Blogger?

Alhamdulillah… ada banyak berkah pula yang sudah kudapatkan dengan silaturahmi ini.  Bertambah teman dan banyaaaak nambah wawasan.  Beberapa teman yang tadinya hanya berkenalan di dunia maya, akhirnya bisa bertemu secara langsung secara nyata. Pertemuan yang awalnya sempat membuat deg-degan (jangan-jangan nanti nggak nyambung atau begini atau begitu) namun semua berakhir dengan rasa bahagia… Nggak nyangka ternyata bisa langsung klik dan ngobrol ngalor-ngidul  seperti yang sudah berteman lama.

Dan alhamdulillah juga, berkah positif yang kudapatkan bersilaturahmi dengan teman-teman blogger adalah semangat kreatif yang menular.  Keberhasilan menerbitkan buku adalah salah satu hasil positif dari penularan semangat kreatif itu🙂

Begitulah, cerita tentang silaturahmiku dengan keluarga, sahabat & teman-teman blogger.  Semoga kami bisa tetap menjaga silaturahmi ini, baik antara aku dengan keluarga besarku, dengan sahabat-sahabat tersayangku dan teman-teman blogger semua.  Semoga silaturahmi ini dapat memberikan berkah positif bagi kita semua.. Insya Allah, Aamiin…

Tulisan ini untuk meramaikan “GiveAway Indahnya Silaturahmi, Lavender Art”

18 thoughts on “Berkah silaturahmi

  1. Silaturahim mempererat pertemanan dan persaudaraan. Mutiara kehidupan yang selayaknya selalu kita tegakan ya, Mbak Mechta

    Betul mbak.. dan alhamdulillah saya banyak mendapat masukan dari silaturahmi kita… Terima kasih dan mudah-mudahan kita bisa bersilaturahmi secara langsung ya Mbak Evi..🙂

  2. Menyenangkan sekali bila tali silaturahmi tetap terjaga seperti ini ya mbak… bs saling berbagi dan saling mensupport… indahnyaa…
    Terimakasih sudah ikut berpartisipasi meramaikan GA saya mbak….

    Semoga sukses GAnya mbak Irowati…🙂

  3. kopdar emang seru ya. padahal cuma ketemu via tulisan, eh pas papasan langsung kokya bisa ngomong banyak hal kayak udah kenal lama gitu. groginya ilang🙂

    Iya… tapi tetep saja awal2 mo ketemu deg2an dulu..hehe…. Trims sdh mampir, ya..🙂

  4. Aamiin.. Mbak Mechta apa kabar? saya datang lagi untuk silaturahim juga nih hehe.. hampir sama kisah silaturahimnya antara keluarga, sahabat dan juga blogger.. memang benar ya menjaga silaturahim itu membawa berkah dan juga rejeki pastinya😀

    Hai… Pa kabar, Ne? Alhamdulilah saya baik… Trmksh sdh mampir kembali yaa… Insya Allah silaturahmi kita tetap terjaga yaa…🙂

  5. Aku malah belum pernah bersilahturahmi dengan Blogger mbak

    sukses ya mbak GA nya

    Sudah kan mbak… meski lewat dumay..kita sdh bersilaturahmi lhoo..🙂
    Suwun dukungannya, Mbak Ely ..

  6. Mbak mechta juga belum bersilaturrahmi dengan saya
    Untuk mempererat kebersamaan, Jadi kapan akan dimana ?

    Haha…baru bersilaturahmi di dumay saja dan mudah2an suatu saat secara langsung juga… Hayu atuh, kapan & di mana? hehe…

  7. Silaturahmi di dunia maya termasuk silatuhmi juga gk ya?

    kalau menurut saya sih termasuk…kan silaturahmi tidak harus bertemu muka?🙂

  8. Silaturahmi di dunia maya termasuk silaturahmi juga gk ya?

  9. aamiin …

    kemaren juga gue baru ngerasain berkahnya. gue lagi di Tangerang, temen gue yang udah lama gak jumpa tiba2 ngontak kalo dia ada di Depok. Ya, udah sekalian maen. gak taunya dia lagi banyak job di bidang desain grafis, bidang kesukaan gue. jadi deh gue kecipratan job juga. hehehe

    Alhamdulillah….melu seneng aku… *melu kecipratan berkahe ra yoo? hehe..
    Oya, sok atuh ditulis n diikutkan GA ini… siapa tahu hadiahnya rejekimu..🙂

  10. silaturahi itu memang bagus karna mempererat jalinan persaudaraan dan juga persahabatan

    setujuuu…. trims sdh mampir di sini yaa..🙂

  11. Berharap silaturahmi dumay kita berlanjut jumpa fisik ya Jeng. Selalu bawa oleh2 dari lalang ungu juga berkah silaturahmi.
    Sukses menyemarakkan GA sahabat ya Jeng.

    Aamiin… Insya Allah, nggih Bu Prih… Maturnuwun dukungan ibu..🙂

  12. Silaturahmi memang luar biasa indah Mba Mechta. Kalo saya seringnya bersilaturahmi dengan keluarga dari istri yang sebagian ada di sekitar jakarta. Begitu ketemu rasanya nikmat sekali.
    Sukses nggih Mba giveawaynya..

    Betul Dani… mendekatkan banyak hati.. hehe… Suwun dukungannya, Dani… ikutan juga yuuk…🙂

  13. silaturahmi memang membawa berkah ya mak, jalinan persahabatan itu semakin erat berkat silaturahmi, demikian juga dengan jalinan kekeluargaan……..intinya silaturahmi itu mempererat sebuah jalinan menjadi lebih akrab dan bermanfaat……sukses GA-nya…saya juga ikut hihihi…..

    begitulah, Mbak Yuni… Sukses bersama di GA ini yaa…🙂

  14. silaturahmi yang membawa berkah ya…
    Semoga silaturahminya tetap terjaga dgn baik

    Aamiin.. trimakasih🙂

  15. Saling berkunjung di blog juga salah satu bentuk silaturahmi kan yah mbaaaa🙂

    Insya Allah aku bakal rajin silaturahmi kesini teruuuuus🙂

    Menurutku sih begitu, Erry… saling kunjung kita yaaa…. Trimakasih *peluk🙂

  16. Alhamdulillah, ngeblog dan silaturahim sudah banyak sekali saya rasakan kemanfaatan baik melalui tulisan maupun dengan bertambahnya sahabat apalagi jika ditambah dengan silaturahim darat secara langsung seperti bertemu dengan saudara

    Iya Pak.. Insya Allah tambah teman & saudara ya oak.. alhamdulillah…🙂

  17. silaturahmi memang perlu
    menjaga keakraban dan menambah banyak teman
    sementara sama mbak mechta silaturahmi via blogwalking aja yah😀

    iya Depz… makasih sdh mampir… maaf aq lama ngga BW ke sono ya..hehe… semoga silaturahmi kita ttp terjaga yaa…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s