Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Manfaat buah Mangga

8 Komentar

MANGGAIni tentang Mangga atau mempelam atau pelem (bhs Jawayang nama latinnya mangifera indica itu lhoo…

Buah yang mudah ditemui di sekitar kita itu -apalagi saat sedang musimnya begini- memang banyak macamnya dan ternyata banyak pula manfaatnya.

Naah.. berikut ini adalah beberapa manfaat buah Mangga hasil membaca salah satu artikel di Tabloid wanita :

Manfaat untuk wanita

  • Cocok bagi mereka yang sedang diet, karena buah mangga banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang membantu tubuh merasa kenyang dalam waktu lama. Selain itu, mangga juga berserat tinggi sehingga dapat meningkatkan fungsi pencernaan tubuh dengan membakar kalori tambahan.
  • Kandungan zat besi dalam buah mangga merupakan solusi alami bagi penderita anemia -yang kebanyakan wanita- selain itu baik juga banyak dikonsumsi oleh wanita yang sudah menopause atau wanita hamil karena dapat meningkatkan kadar besi & kalsium.
  • kandungan triptofan dalam mangga juga membantu pembentukan serotonin yang memproduksi hormon pemacu kebahagiaan.
  • baik bagi kesehatan mata karena mengandung beta-karoten yang oleh tubuh diubah menjadi vitamin A.
  • kandungan vitamin C yang cukup tinggi sangat baik untuk memperbaiki sel-sel kulit, dan dapat juga digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan lho…

Manfaat untuk anak-anak

  • serat makanan prebiotik, vitamin dan mineral yang banyak terdapat dalam buah mangga bagus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan sekaligus pencahar alami.
  • dengan mengkonsumsi mangga, anak-anak tidak mudah terserang penyakit karena di dalam buah mangga terdapat kombinasi vitamin C, vitamin A dan 25 jenis karotenoid yang menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kolaborasi vitamin C dan vitamin E dalam mangga membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap penyakit menular dan radikal bebas yang berbahaya.
  • Kandungan asam glutamin dalam mangga meningkatkan memori dan menjaga sel-sel aktif dalam otak, sehingga dapat membantu anak-anak yang kurang berkonsentrasi dalam studi.
  • Vitamin B6 atau pyridoxine dalam mangga diperlukan untuk produksi hormon di otak yang juga mengontrol kadar homocystiene dalam darah.

Manfaat untuk pria

  • Mangga seringkali disebut juga sebagai buah cinta karena memiliki kualitas afrodisiak. Mangga meningkatkan vitalitas pria, dengan kandungan vitamin E yang berlimpah dapat membantu mengatur hormon seks dan meningkatkan gairah pria.

Nah.. itu beberapa manfaat buah Mangga bagi kesehatan tubuh kita… mungkin masih ada lagi yang mempunyai info tentang manfaat Mangga? silahkan dibagi di kolom komen yaa..

Oya, ada beragam olahan buah mangga, salah satunya diolah menjadi Bolu Mangga. Hm.. enak lhooo 🙂

Sumber : Tabloid Nyata – Minggu II Nopember 2014.

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

8 thoughts on “Manfaat buah Mangga

  1. bolu mangga? waaah mau dong resepnya…, baru pernah buat puding mangga aja

    boleeeh…. sebentar ya mbak Monda, tak salin dulu resepnya.. 🙂

  2. idem dengan mbak Monda, bolu mangga bisa bersanding dengan banana cake Jepang loh Jeng.
    Cari mangga dulu ah…

    silakan Bu Prih.. Oya, menurut catatan kaki di resep itu.. utk Bolu Mangga paling maknyuss Mangga Harumanis yg MP alias matang pohon 🙂

  3. Jadi gak sia2 aku makan mangga tiap hari ya Mbak Mechta. Di rumah kami makan buah sesuai musim. Karena sekarang lagi musim mangga, sarapan pun aku makan mangga…

    *toss dulu sama Mbak Evi… Dulu aku sempat takut mau sarapan buah, jangan2 maag ku kumat.. eh ternyata sejauh ini aman terkendali 🙂

  4. Saya juga suka banget Mangga Mba Mechta.

    *toss juga sama Dani.. 🙂

    • Kepenceeet.. mau bilang penasaran sama bolu mangga.. gimana ya rasanya. Hmm :-9

      naah.. tunggu sebentar ya Dan.. blom sempat nyalin resepnya nih.. klo sdh, ntar biar dipraktekin sama nyonyah yaaa.. 🙂

  5. Ping-balik: Bolu Mangga : Senama namun tak serupa | Lalang Ungu

  6. Wuiii…saya juga suka banget dengan mangga!
    Akhir-akhir ini saya dan Risa lagi seneng mangga jenis manalagi. Itu mangga yang kayaknya banyak ditemukan di Jawa Timur terutama Jember, Probolinggo dan sekitarnya. Warnanya putih kayak masih mentah, tapi rasanya uenak pol…hehehe, jadi pengen nih…
    Bolu mangga?
    Belum pernah nyoba, Mechta…
    🙂

    saking uenaknya…hbs makan mangga itu langsung nyari2..mana lagi??? Gitu ya mbak..hehe… Risa..ayo temani mama praktek resep bolu mangga ini.. 🙂

  7. salah satu buah favorit saya… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s