Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Mitos

10 Komentar

Aku termangu…sebal!

“Sabar,Nez… Kata orang-orang, yang kedua biasanya memang lebih sulit..” ucapan sahabatku masih terngiang..

Akhir-akhir ini aku sering mendengar kalimat itu. Aah, itu hanya mitos bukan? Tak selalu yang kedua lebih sulit dari yang pertama, bukan? Tapi…

Rasanya, dulu memang tak sesukar kini. Semua seolah mengalir begitu saja. Selaksa syukur senantiasa kupanjatkan atas semua kelancaran dan kemudahan waktu itu…

Masih terbayang perasaanku kala itu : betapa bahagianya…betapa bangganya… Yang pertama itu melengkapi hidupku. Ucapan selamat dari keluarga, teman dan kerabat menghangatkan hati dan serupa candu yang ingin terus kunikmati…

Maka akupun segera merencanakan yang kedua, ketiga dan selanjutnya..

Tapi, ternyata semua tak seindah rencana. Kemudahan & kelancaran bagai hal yang langka kini.

Entah kenapa, kali ini semua terasa lebih menguras energi!

Sejak penciptaan awal, terasa serba salah. Kalau tak terlalu sederhana, ya kurang istimewa.. Begini kurang pas, begitu tampak berlebihan… Dibeginikan tak alami, dibegitukan terasa mengada-ada! Aargh…menyebalkan!

Mungkinkah itu karena aku ingin yang kedua ini tak kurang dari yang pertama, setidaknya harus sama menawannya. Entahlah, itu keinginan yang wajar atau obsesi telah membelungguku?

Hari berganti bulan, yang pertama kian kesepian, karena yang kedua tak kunjung tiba.

Kenapa harus sesulit ini, sih? Aku merutuk dalam hati.

Karena kau mempersulit diri sendiri!

Hah! Aku terhenyak!

Kutoleh kesekelilingku, dan kesunyian balik menyapaku. Disekelilingku hanya ada komputer jadul, serakan buku-buku dan…buku pertamaku.

Bebaskan imajimu dari belenggu harapan ini-itu… Biarkan kata-kata menari merangkai kisahnya sendiri. Mungkin tak lebih baik dari yang pertama, tapi tiap karyamu itu unik!

Dan aku tersadar. Itulah jawaban yang ‘tlah lama kutunggu!

Iklan

Penulis: Mechta Deera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

10 thoughts on “Mitos

  1. Ya ampuun, kukira proses melahirkan anak keduaa hahaha šŸ˜› karena aku mengalami sendiri betapa lebih sulitnya yang keduaa :mrgreen:

    ups.. maaf, mengecewakan, mbak..hehe

  2. sepakat mbak, harapan ini itu bisa jadi penyemangat, namun disaat yang sama bisa juga malah menjadi belenggu

    begitu kah, mbak Nanik? hm..musti hati2 juga kita dg yg namanya harapan ya.. šŸ™‚

  3. Wuih, pusing juga ya Mba Mechta ternyata isi dalam kepalanya penulis. Hihihi. Happy birthday MFF! šŸ˜€

    hiihi…itu fiksi Daan.. aslinya gimana aku mah ga tau…hawong blom jadi penulis beneran je.. hehe…

  4. Fiksi dan menulis bagi Diajeng sudah menjadi yang ke dua pangkat n, sehingga tak ada sulitnya babar blas. Sepakat setiap karya Jeng Mechtapun unik…. sukses untuk MFF

    aah…trimakasih… Ibu selalu pintar menyemangati… dan mudah2an saya tidak keblinger..hehe…

  5. idenya banyak ya mbak untuk menulis FF

    hihi…nggak juga, mbak Lidya…. sering mampeeet alias buntu ide.. dan ini salah satunya, shg FFnya garing begini… šŸ™‚

  6. Waduuuh…
    Ternyata njelimet juga mau nerbitin buku pertama yah mbak šŸ™‚

    Selamat ulang tahun MFF, semoga jaya terus šŸ™‚

    hihi..maklum, Ry…penulis pemulaaa… Aamiin utk doa bagi MFF šŸ™‚

  7. Selamat ultah utk MFF. Pengen ikutan tapi blm nongol apa yg mesti ditulis šŸ™‚

    ayo..semangat, mbak Santi… belum DL kok.. šŸ™‚

  8. Sepertinya ini juga jawaban yg selama ini kucari *apaan seh*
    Kirain tadi diawal, lhiran anak kedua, pernikahan kedua, baru bisa meraba benda pd titik akhir, ternyata buku, jempol deh Mbak satu ini.

    naah… mau yang kedua juga ya Uni? yg mana niih…lahiran atau buku? hehe… *kepo aaih…trims jempolnya, meski masih jaauuuh dari OK niih.. šŸ™‚

  9. wiih bisa banget ini, aku gak bisa nebak awalnya ini tentang apa. good job mbak!

    Trims yaa… komen yg menyemangati sy yg sedang belajar ini, hehe…

  10. asli nyangkanya ini kelahiran anak kedua hahahah

    hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s