Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Dua penghuni (wajib) tasku saat jalan-jalan …

22 Komentar

Ketika membaca cerita Chi tentang alasan / latar-belakang dia menjadikan sepatu sebagai benda yang wajib dibawanya saat jalan-jalan, aku sempat ketawa sendiri.  Hah, ternyata ada ya, yang punya kebiasaan seperti itu? Kebiasaan apa? Aah.. baca sendiri deh di tulisan Chi yang satu itu … hehe …

Lalu ketika akan menjawab pertanyaan Chi yang sekaligus menjadi tema GA pertamanya ini, awalnya aku pikir mudah saja. Tapi, setelah dipikir-pikir lagi kok susah juga ya?

Benda apa yang wajib kau bawa saat jalan-jalan? begitu pertanyaan Chi itu.  Pertanyaan yang tampaknya mudah tapi ternyata -bagiku- jawabannya tak semudah yang kukira.

Kenapa?

Ya, karena ternyata setelah kuingat-ingat lagi, ada banyaaak benda yang biasanya kubawa saat bepergian ( makanya jarang bawa tas kecil ) hihi …

HP, charger dan powerbank ? Iya … tentu saja ketiganya harus dibawa tuuh … bisa kelabakan kalau gak bawa salah satunya, hehe …  Kamera? Naah, itu juga … Hobby ceprat-cepret membuatku selalu gatal ingin membawa kamera kemana-mana.  Tapi sayang kameraku yang sekarang bukan kamera saku sehingga agak susah dibawa-bawa di tas tenteng ukuran sedangku apalagi masuk saku.  Untunglah ada kamera HP, jadi tetap bisa menyalurkan hobby meski dengan kemampuan yang terbatas 🙂

Mungkin banyak di antara teman-teman yang seperti itu juga ya, karena memang benda-benda yang disebutkan di atas itu sudah umum untuk selalu di bawa-bawa saat bepergian, jadi jawaban dari pertanyaan Chi haruslah bukan dari benda-benda tersebut.

Jadi, benda khusus apa yang wajib kubawa saat bepergian / jalan-jalan, di luar keempat jenis benda di atas ?

Hm, setelah mengingat-ingat lagi kebiasaanku selama ini -dan menyempatkan diri membuka tas- akhirnya aku memutuskan 2 benda yang selalu kubawa saat jalan-jalan atau bepergian, tak lain adalah : tissue & tas plastik / kresek

Kenapa dua benda itu?

1. Tissue.

Benda lembut ini menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada di dalam tasku, karena bagiku benda itu serba guna dan seringkali kubutuhkan. Ya, aku bisa menggunakannya untuk mengelap keringat, mengeringkan tangan yang basah, membersihkan kaca-mata untuk memperjelas pandangan, membersihkan / menjadi alas tempat duduk yang kurang bersih,  dll.

Kenapa tidak sapu tangan? Bukankah sapu tangan lebih ramah lingkungan?

Hm, sayangnya … aku tidak suka sapu tangan!  Jangan ditanya kenapa, karena aku sendiri tak terlalu yakin apa sebabnya, hanya aku merasa tidak nyaman /geli saat memegang sapu tangan, apalagi menggunakannya.  Mohon maaf kepada alam dan seluruh pecinta lingkungan, aku belum dapat melepaskan ketergantunganku kepada tissue dan menggantikannya dengan sapu tangan yang lebih ramah lingkungan itu 😦

Nah, itu sebabnya harus ada tissue di tasku atau di sekitarku, yang menjadikannya salah satu benda yang wajib kubawa saat bepergian atau sekedar jalan-jalan.

2. Tas plastik / kresek.

Benda kedua yang seringkali kubutuhkan -apalagi saat harus bepergian- adalah tas plastik / tas kresek.  Ada banyak kegunaan tas kresek itu buatku.  Kresek ukuran besar biasanya kubawa saat bepergian beberapa hari karena dapat menjadi tempat menaruh pakaian kotor agar terpisah dari pakaian bersih.  Yang ukuran sedang bisa menjadi pembungkus sepatu / sandal yang sedang tidak kupakai. Yang ukuran kecil-kecil bisa jadi tempat sampah sementara bila di kendaraan / di ruangan tidak disediakan tempat sampah.

Saat tidak harus menginap, misalnya saat ke kantor atau jalan-jalan dengan teman-teman, tetap dapat ditemukan tas kresek dalam tasku.  Kadang-kadang, snack atau konsumsi rapat tidak sempat kumakan di kantor, dan karena sehari-hari aku mengendarai motor, maka kresek ukuran sedang menjadi alternatif untuk membawanya pulang. Tinggal nyantelke saja, amaaan sampai di rumah … hehe…

Nah, itu dua benda yang wajib kubawa saat jalan-jalan / bepergian, bagaimana denganmu teman? Benda apa yang wajib kau bawa saat jalan-jalan?

Ada sepak tissue dan tas kresek ( putih corak hijau yg terlipat segitiga itu ) dalam tasku

Ada sepak tissue dan tas kresek ( putih corak hijau yg terlipat segitiga itu ) di samping tempat pinsil & payung, dalam tasku malam ini …

1st GA – Benda yang Wajib Dibawa Saat Jalan-Jalan

Iklan

Penulis: Mechta Deera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

22 thoughts on “Dua penghuni (wajib) tasku saat jalan-jalan …

  1. Kok sama, Mbak. Saya ke mana-mana juga wajib membawa kantong kresek di dalam tas, aneka ukuran. Jadi kalau belanja tak perlu lagi minta kresek. Banyak fungsinya.
    Kalau charger jarang bawa, power bank apa lagi, belum butuh malahan, hehe. kalau hape habis daya, ya sudah dimatiin sekalian 🙂
    Semoga berjaya dalam kontes Chi…

    hihi… hp saya kebanyakan aplikasi kali ya, jadi boros baterai, maka harus bawa cadangan daya Mas, biar gak dikompel sana-sini.. 🙂 tentang tas plastik minimal ada 1 di tas, biar gampang kalau perlu mendadak hehe … Trims supportnya mas Rudy 🙂

  2. Kalo aku sih standar aja kalo mau jalan-jalan, bawa yang dibutuhkan: hp, charger, kamera dan minyak angin. Minyak angin perlu, kadang suka masuk angin, jadi diperlukan untuk menghangatkan badan. Semoga menang GA. Saya gak ikut, kasih kesempatan buat yang lain, hehe…

    Terima kasih atas kesempatan yang diberikan ke kami yaa … 😛

  3. Kantong kresek serbaguna banget Mba Mechta. Saya juga selalu usahakan bawa di tas. Selain kantong kresek saya pasti harus bawa sikat gigi. Gakpapa gak mandi tapi sikat gigi haruus…Huehehehe..

    klo sikat gigi saya hanya bawa klo mo nginap, Dani … hihi … *sambil ngintip gigi Dani yg pastinya cemerlang 🙂

  4. Termyata kita sama, bawa tas kresek, dan melipatmya pun dibuat segitiga, haha… toss dulu ah Mechta.. 😀

    Toss sama Uda … Iya Uda, dilipat begitu lebih ringkas dan tampak manis .. *halaaah .. qiqiqi …

  5. Toss mbak..aku juga belum bisa lepas dari tissue… hiks ….
    La pie …sinusitusku ga kenal waktu je. Ga siang ga malem kl ketemu debu langsung bersin minimal 10x 😦

    waduuh … apa pake masker saja, Muna ? Semoga ga sering demo sinusnya yaa …

  6. plus tissue basah mak… hehehe…

    tissue basah biasanya klo mau bepergian jauh mbak Santi … klo sehari-hari biasanya gel pembersih itu yg nyelip di kantong tas, hehe …

  7. wahahahaa.. ketahuan suka bawa tas kresek, khas orang Indon . euh…

    hihi … Iya, indonesia byanget, mbak Tanti … tuuh, di dapur ada setas penuh lipatan-lipatan kresek.. Mau ?? 🙂

  8. Ping-balik: “Teman” Wajib Kala Bepergian | Sondha's Notes

  9. Haloo mbak mechta, maaf baru berkunjung lagi.
    Kalo aku itu gel cuci tangan, soale bawa bayi, hehehe

    Hai Ratuuu …. Pa kabar? Aiiih… gemes lihat jagoannya tuuh.. sudah pinter apa dia? Ah iya, gel cuci tangan juga terselip di kantong tasku… Sun sayang buat Dede ganteng yaa… Eh udah ikut GA ini ? 🙂

  10. Paling sebel jika lupa membawa tisu saat traveling. Habis makan tahu dan kacang asin yang saya beli di bypass Krian jadi nggak bisa lap tangan dan mulu. Akhirnya pakai saputangan.
    Semoga berjaya dalam GA
    Salam hangat dari Surabaya

    Naah… pakai saputangan / serbet kain lebih ramah lingkungan, Pakdhe… hehe… Suwun pandonganipun Pakde 🙂

  11. Aku juga tisu tuh wajib. Pertama, selalu ingusan. Kedua, kalau ke toilet pasti deh tisu suka habis. Dan saya paling tak tahan tangan saya basah atau lengket sedikit, jadi yes tisu itu wajib hehehee..

    Toss dulu sama Zizy 🙂

  12. Dua bawaan penanda apik dan resiknya Diajeng. Eh untuk lipatan segitiga tas kreseknya sebangun Jeng, kebiasaan melipat yang sama.
    Sukses dalam GA Jeng Chi ya..

    hihi … mungkin memang itu lipatan yg paling ringkas, nggih Bu … Maturnuwun pandonganipun, Bu Prih 🙂

  13. ahhh… sama kayak saya nih, Mbak… tisu dan kresek wajib dibawa ke mana-mana 😀
    btw, salam kenal, ya, Mbak.. udah sering liat nama Mbak di sosmed, tapi belum kenalan :))

    *toss juga sama mbak Diah … 🙂 Salam kenal juga, mbak.. trimakasih sudah berkenan berkunjung ke sini 🙂

  14. Hehe, ternyata setelah ditelusuri lagi, unik-unik juga yang menjadi barang wajib bagi setiap orang untuk dibawa saat jalan-jalan, ya, Mba Mechta? Hihi. Saya juga selalu menyertakan kantong kresek kalo jalan-jalan, Mba. Tapi tujuannya malah lebih ke tempat menampung pakaian kotor agar tidak bercampur dg baju bersih, saat disatukan ke dalam tas pakaian. Hehe. Tissue, juga barang penting yang harus dibawa yaaa. Idem, Mbak. 🙂

    Sama mbak.. utk memisahkan pakaian kotor memang salah satu tujuan membawa kresek hehe … *toss juga dengan mba Al 🙂

  15. enda wajibku kipas mbak, sudah di posting juga di blogdetik 🙂 good luck ya mbak mechta

    iya mbak Lidya .., saya kemarin sdh baca cerita tentang kipas itu .. semoga sukses juga di GA ini ya .. 🙂

  16. Ha…ha… kirain buat muntahan kalau mabuk kendaraan tas kreseknya. Soalnya anak-anak saya kalau outing dengan bus istri selalu membekali mereka tas kresek untuk jaga-jaga kalau mabuk… 😀

    eh, buat persediaan itu juga Pak Edi … kalaupun bukan saya sendiri, mungkin berguna utk org lain kan? hehe …

  17. Tas plastik penting. Kalau pergi ke tempat wisata yg ada mandi-mandinya. Seperti sungai dan pantai.. Tapi kadang kelupaan. Minta di warung trdekat deh.

    alhamdulillah bila mudah mendapatkannya ya mas..hehe…

  18. Dua yang wajib juga buatku nih klo travelling hehehe…

    toss dulu sama mbak Ophi 🙂

  19. Cara melipat tas kreseknya sama dengan istri saya, rapi 😀
    Salam kenal dari Keluarga Biru di Malang.

    haha..ternyata banyak juga ya yg melipat kresek seperti itu .. 🙂 Salam kembali utk Mas Ihwan sekeluarga..

  20. oalaaahh kirain cuma keluargaku saja yg suka ngelipet kresek model segitiga gitu Mba…. banyak juga toh yg sama 😉 toss dulu mbaaaaa

    hihi…toss dulu rame2 yuuk… 🙂

  21. tissue memang penting. Apalagi kalau lagi ke toilet, trus gak ada tissue. Tapi, saya suka lupa. Kalau udah gitu nyesel kenapa jarang bawa tissue hehe

    Kalau di rumah, biasanya Nai dan ayahnya yang rajin bikin lipatan segitiga untuk kresek hehe

    Toss dulu ah..sama si cantik Nai .. Smoga sukses GAnya yaa..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s