Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Dua produk olahan Mangrove : Sirup dan Sabun.

15 Komentar

Hijaunya Mangrove, menjanjikan keteduhan

Hijaunya hutan Mangrove, menjanjikan keteduhan

Ketika berkunjung ke kawasan Pekalongan Mangrove Park beberapa waktu lalu, sebenarnya ada yang kurang kurasakan, yaitu tidak sempat melihat secara langsung hasil pengolahan buah Bakau.

Ya, memang dari penjaga yang ada di Pusat Informasi Mangrove (PIM) itu kami mendapat informasi bahwa buah mangrove ini dapat diolah baik sebagai makanan, minuman maupun produk non pangan.

Sirup, dodol, kripik dan tepung mangrove adalah beberapa jenis olahan buah mangrove yang dapat dikonsumsi.  Adapun produk non pangan dari buah mangrove antara lain : sabun dan bahan pewarna alami.

Buah Mangrove ( sonneratia sp )

Buah salah satu jenis Mangrove : Pidada

Nah, sebagai tamba gela atau pengobat kecewa, seorang sahabat menghubungi salah satu pengelola PIM untuk mengunggah dua buah foto langkah-langkah pembuatan Sirup Mangrove dan Sabun Mangrove pada beranda FB PIM, dan mereka telah memberikan izin padaku untuk memajang foto itu di sini, sebagai tambahan informasi bagi mereka yang mungkin membutuhkan.  Ini dia :

Nah … itu dia dua dari beragam produk olahan buah mangrove yang telah dihasilkan oleh kelompok masyarakat yang bekerja sama dengan PIM. Jika mampir ke Pekalongan Mangrove Park, jangan lupa tanyakan tentang produk-produk itu dan silakan borong …🙂

15 thoughts on “Dua produk olahan Mangrove : Sirup dan Sabun.

  1. Wah ternyata buah mangrove bisa dijadikan syrup juga yah..

    dan ternyata tak hanya sirup lho.. ada banyaaak produk lainnya🙂

  2. kalo yang kemarin aku lihat itu salad buah mangrove, kira-kira dapat dimanfaatkan apalagi ya si buah mangrovenya? hehe

    eeh… ada salad juga ya? berarti di makan segar dong.. aku malah blom pernah lht… Kata petugasnya, bisa dibuat kue2 juga tepungnya… tapi aku blom nyobain blas..hehe…

  3. enak gak kalo dimakan langsung

    naah.. yg itu aku blom tahu… mangga yg pernah nyobain share juga di sini🙂

  4. Tahunya cuma buat syrup dan kue. EH ternyata bisa buat sabun juga ya… Sungguh kaya alam kita🙂 tfs mbakyuuu

    dan tugas kita menjaga agar alam kita tetap dapat bermanfaat namun tetap lestari ya mbak Wid..🙂

  5. Waah aku belum pernah nyobain sabun n sirup dari mangrove mba, kapan2 harus coba🙂

    hihi…mari mencobaa… ups, padahal yg nulis saja blom nyoba juga… *ditoyorbuibusekampung🙂

  6. wuih keren juga yak ada sirup mangrove, bener2 kreatif ide nya sob🙂

    trims, sob ..🙂

  7. Lho aku baru tahu info ini. Dodol buah bakau tuh spertinya menarik, suka dodol soalnya..

    suka yg manis2 ya Rian? hehe…

  8. Nggak kebayang ya rasanya, enak ngga ya sirupnya..penasaran…

    daan… aku juga penasaran, karena baru pesen blom sempat ngicipi..hihi…

  9. ooh bisa dibuat sabun juga ya mbak

    betul mbak.. ternyata memang banyak kegunaannya…🙂

  10. mantap, banyak manfaatnya

    begitulah🙂

  11. Baru tahu Mechta, kalau olahan bakau bisa berupa sirup, dodol dan kripik. Bahkan sabun cair juga…waaah!

    terus terang, saya juga baru tahu ttg hal itu, mbak.. Hihi..

  12. sempat nyicip oleh2 permen semacam dodol buah mangrove dari Jatim, Jeng. Untuk sirup dan sabun belum pernah. Matur nuwun nggih sharingnya.

    sami-sami, Ibu.. dan saya juga penasaran blm mencoba semuanyaa..hehe…

  13. Wah postingannya keren. Ternyata mangrove selain buat ngejaga pantai biar ngak abrasi buahnya juga bisa dimanfaatkan. Keren.🙂

    terima kasih… Bgmn dg di Bali? Mgkn pemanfaatan mangrove di sana lbh beragam ya?🙂

  14. Aku baru tahu lho ada sirup mangrove. Bagus idenya. Tahun lalu waktu ke Pekalongan, hanya sehari untuk shooting hahah… yang dicoba Garang Asem nya ….

    ayo ayooo..ajak Vay ke Pekl…msh banyak kuliner yg bs dicoba lho mba Zy..🙂

  15. di tempat saya juga ada magrove tapi hanya dijadikan tempat wisata saja

    minimal masy jd tahu pentingnya mangrove yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s