Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Agro wisata Pagilaran, Medini dan Kaligua

17 Komentar

Di Provinsi Jawa Tengah, terdapat banyak lokasi Agrowisata Perkebunan Teh.  Perkebunan Teh Kaligua di Kabupaten Brebes, Pagilaran di Kabupaten Batang, Semugih di Kabupaten Pemalang, Tambi di Kabupaten Wonosobo, Kemuning di Kabupaten Karanganyar dan Kebun Teh Medini di Kabupaten Kendal adalah beberapa diantaranya.

Dari beberapa lokasi agrowisata perkebunan teh yang kusebutkan di atas, tiga diantaranya pernah kukunjungi dalam beberapa tahun terakhir ini.  Memang, berkunjung ke agrowisata perkebunan teh selalu menyenangkan, oleh karena itu kami tak segan untuk sering-sering jalan-jalan ke sana.  Berikut adalah tiga lokasi agrowisata Kebun teh di Jawa Tengah yang pernah kukunjungi, yaitu :

1.  Agrowisata Teh Pagilaran.

Ini adalah agrowisata kebun teh yang paling sering kukunjungi…hampir tiap tahun adaaa…saja acara di sana. Ya, mungkin karena letaknya paling dekat dengan kota domisiliku, hehe..

Wana wisata Pagilaran terletak di lokasi berketinggian 1.000 – 1.500 m dpl di Kecamatan Blado Kabupaten Batang, yang dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Kab. Batang.

Hal-hal yang dapat kita lakukan di Pagilaran ini, antara lain :

  1. Teawalk / keliling kebun dengan didampingi pemandu lokal
  2. Melihat proses pembuatan teh mulai dari pemetikan, pengolahan hingga pengepakan
  3. Outbound di lokasi yang telah disediakan
  4. Menikmati keindahan alam, a.l :  Curug Binorong & Curug Kembar
  5. Menikmati sunrise setelah menginap di villa – villa yang ada di sana
Teawalk di Pagilaran sungguh asyiiik...

Teawalk di Pagilaran sungguh asyiiik…

Beraktivitas bersama sahabat di alam nan hijau selalu mendatangkan ceria...

Beraktivitas bersama sahabat di alam nan hijau selalu mendatangkan ceria…

Sunrise di Pagilaran juga OK punya lhoo...

Sunrise di Pagilaran juga OK punya lhoo…

2. Agrowisata Teh Medini

Kebun teh yang terletak di ketinggian 1.500 m DPL ini masuk wilayah Kabupaten Kendal, namun sering dikira masuk wilayah Kabupaten Semarang, karena merupakan jalur perlintasan pendakian ke Gunung Ungaran yaitu sebelum pos Promasan.  Saat berkunjung ke sana pada tahun 2012 lalu, kami menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari Kota Semarang ke arah Gunungpati – Nglimut – Gonoharjo menuju ke Desa Promasan.

Selain teawalk dan berkemah di area perkebunan teh ini, pengunjung juga dapat hiking ke arah Goa Jepang atau mengunjungi air terjun Curug Lawe yang juga ada di lokasi perkebunan teh ini.  Setelah dari perkebunan Medini ini, jalan-jalan bisa juga dilanjutkan ke pemandian air panas Nglimut Gonoharjo yang tak jauh dari sana.

Memandang  hamparan hijau bermandikan mentari pagi..membahagiakan ...

Memandang hamparan hijau bermandikan mentari pagi..membahagiakan …

Perpaduan langit nan biru & hamparan teh menghijau yang menenangkan mata & hati...

Perpaduan langit nan biru & hamparan teh menghijau yang menenangkan mata & hati…

3. Agrowisata Teh Kaligua.

Perjalanan ke kebun teh Kaligua ini baru kulakukan pada bulan Pebruari tahun ini.  Perkebunan yang berlokasi sekitar 10 km dari Kecamatan Paguyangan Brebes ini, tak kalah indah dari 2 agrowisata kebun teh yang telah kusebutkan sebelumnya.

Pemandangan sepanjang perjalanan ke Kaligua ini sangat indah & memanjakan mata, namun akses jalan menuju ke perkebunan ini perlu diwaspadai karena banyak kelokan tajam, tanjakan-turunan dan sempit, serta terdapat rusak di beberapa ruas jalan.

Puncak pass Kaligua adalah spot terindah yang ada di lokasi agro wisata ini.  Puncak Sakup dengan ketinggian 2060 m DPL menyajikan pemandangan yang indah di balik kabut tebal nan romantis.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Agro wisata Kaligua, al :

  1.  Keliling perkebunan dengan truk perkebunan
  2.  Mengamati proses pemetikan, pengolahan hingga pengemasan teh
  3.  Olahraga ( ada lapangan tenis, area outbound,  ATV track, dll )
  4.  Mengunjungi Goa jepang & puncak Sakub
  5.  Meeting / menginap di Homestay
View Kebun Teh dari puncak bukit Kaligua

View Kebun Teh dari puncak bukit Kaligua

Area outbound nya juga OK, bukan ?

Area outbound nya juga OK, bukan ?

Oya, lokasi wisata lain yang ada di sekitar kebun teh Kaligua ini adalah Telaga Renjeng, sebuah telaga indah dengan mitos yang juga menarik perhatian para pengunjungnya.

Demikianlah, cerita tentang 3 dari sekian banyak Agro wisata Kebun Teh yang ada di Provinsi Jawa Tengah.  Indah dan asyik untuk dikunjungi, bukan? Dan tak hanya pemandangan elok perkebunan teh yang dapat kita nikmati di lokasi agro wisata ini, namun juga beberapa peninggalan masa penjajahan dan beberapa wisata alam lainnya.

Tunggu apa lagi.. yuuk jalan-jalan ke kebun teh di Jawa Tengah….🙂

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blog Competition #TravelNBlog 3“ yang diselenggarakan oleh @TravelNBlogID.

17 thoughts on “Agro wisata Pagilaran, Medini dan Kaligua

  1. Mbak Mechta, baru tahu, ternyata banyak destinasi kebun teh di Jateng. Ah daku emang kurang informasi🙂

    hihi..saya juga baru ‘ngeh’ stlh buka2 buku panduan Wisata Jateng, mba Evi.. parah ya? tak mengenal daerah sendiri😦

  2. waa asik banget ya mba, aku cuma pernah yang di Puncak, Bogor hihihi….

    gak kalah sama Puncak bogor deeh…🙂

  3. Ealaaahh padahal minggu kmr aku ke curuh Lawu lho mbak nggak ngeh klo ada kebun teh deket situ. Minggu dpn harus blik lagi nih

    naah…saat balik lagi pasti sdh lebih siap eksplor hingga jadi bahan posting bukan ?🙂

  4. Sepakat Jeng, jalan-jalan ke kebun teh tidak mboseni. Pantesan tidak pernah ketemuan di jalur agrowisata teh ya Jeng, saya berada di sisi sebelahnya yaitu agrowisata teh Kemuning, Karanganyar pun Tambi Wonosobo. Selamat dan sukses di perhelatan ini. Salam

    mudah2an berjodoh suatu saat bisa jalan bareng Bu Prih sambil menikmati indahnya kebun teh.. Aamiin..

  5. kalua mau mlakukan agro wisata seperti itu haru srombongan ya mbak kalau satu keluarga aja boleh gak?

    setahu saya sih boleh mbak Lidya… hubungi dulu kontak person sebelumnya, agar lebih pasti..🙂

  6. kebayang sejuknya ada di tempat-tempat tersebut, Mbak🙂

    iya Chi..sejuknya kebun teh selalu ‘ngangeni’ hehe..

  7. Agrowisata teh selalu menarik ya Jeng. Wah yang ditulis di sini saya belum pernah loh, baru agrowisata Kemuning Kab Karanganyar dan Tambi Kab Wonosobo.
    Sukses di perhelatan ini ya Jeng

    Nah..sy yg di Kemuning blm pernah, bu.. Penasaran jg dg Rumah Teh yg katanya ada di sana. Kli di Tambi bbrp kali kemping saat sma hehe

  8. Hmmm memang ga ada kegiatan minum tehnya kah?

    pastilah ada…mskpn mgkn tdk dikemas dlm acara khusus spt di Jepang hehe.. Yg jls teh yg disajikan di sana asli teh produksi setempat🙂

  9. Aku malah belum pernah wisata kebun teh, kapan-kapan cobain ah. Biasanya cuma mampir foto-foto doang, haha!

    hayu atuuh…cobain.., klo Ariev yg nulis reportasenya mah pasti maknyuss tenan🙂

  10. Wuuiiiih…senengnya di udara sejuk seperti ini…
    Perkebunan teh selalu saja membuat saya jatuh cinta, Mechta.
    Karena keindahan pemandangannya, juga karena kesejukan udaranya…makasih ya udah bikin tulisan dan foto-foto keren ini…🙂

    toss dulu sama mba Irma… Memang kebun teh selalu bkn jatuh cinta ya mbak…. Sama2 mbak..mudah2an sdkt info ini bs mengajak tmn2 utk mampir ke sana & merasakan indahnya kebun2 teh itu..🙂

  11. eh aku tau teh Medini🙂
    tapi baru tau kalo kebun tehnya di Jawa Tengah, huwaa thank you for sharing kaakk😀

    sama2, Meydi… Smga kpn2 sempat mampir ke sana yaa…

  12. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mechta…

    Banyak sekali ladang teh di sana. Ternyata kalau dengan rombongan amat mengasyikkan, ya mbak. Pasti riuh rendah suaranya kerana masing-masing kagum melihat persekitaran ladang teh yang luas terhampar. Di Malaysia ladang tehnya terletak di Cameron Highland, Pahang. Saya belum pernah lagi ke sana. Ingin sekali mencium bau atau makan daun muda yang diguna untuk buat teh. Gimana rasanya, ya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

  13. Wao.. Teawalk itu yg keren banget

    setujuu…jln2 yg asyik hingga ga terasa cape nya🙂

  14. Mechtaaa…belum ada tulisan baru?
    Masih sibuk kah?
    Smoga sehat-sehat ya🙂

    setelah 14 hr berlalu…setelah ngedrop semangat nulis akibat duka.. akhirnya hari ini berhasil apdet lagi…🙂 Trims, mba Irma.. semoga sehat selalu juga yaa…

  15. aku udah pernah nyicipin teh dari Kaligua, oleh2 dari teman
    semoga bisa ke sana suatu saat…, banyak perkebunan teh di sekitar ya…, senangnya dikelilingi wilayah hijau ini

    rasa teh nya khas ya Mbak..🙂 Aamiin.. semoga bisa mampir di sana kapan-kapan ya mbak…🙂

  16. Perlu dicatat nih Mechta….semoga lain kali sempat ke sini.

    Aamiin.. Semoga terlaksana, Bu Enny ..🙂

  17. tempat nya indah sekali, kalo boleh tau bisikin dong harga sewa villa di sana berapa ya mba?

    waah…maaf.., sdh agak lama jadi tak ingat persisnya.., tapi Insya Allah terjangkau kok..🙂 Silakan langsung dg manajemennya yaa…hehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s