Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Benarkah buah Bintaro pengusir tikus?

19 Komentar

Sudah cukup lama aku penasaran dengan pohon di sudut halaman kantor kami. Pohon itu berdaun seperti daun Kamboja, berbunga mungil berwarna putih dan bentuk buahnya seperti buah mangga / markisa.

Pohon Bintaro di sudut halaman

Pohon Bintaro di sudut halaman kantor kami

Buahnya cukup banyak...dari jauh seperti buah mangga ya?

Buahnya cukup banyak…dari jauh seperti buah mangga ya?

Bertanya pada rekan-rekan kantor tak ada yg tahu pasti nama pohon itu.. Padahal pohon itu tampaknya banyak juga ditanam sebagai pohon penghijauan di pinggir jalan raya…namun kebetulan orang-orang yang kutanya tak tahu apa nama pohon itu (atau aku yg bertanya pada orang yg salah ya? Hehe..)

Pohon sejenis banyak di tanam di pinggir jalan

Pohon sejenis banyak di tanam di pinggir jalan

Lalu beberapa hari lalu kulihat beberapa orang dari kantor sebelah datang dan mengambil buah-buah dari pohon di sudut halaman kantor kami itu….cukup banyak, sampai satu tas kresek lho!  Aku merasa heran ketika melihat kejadian itu dari dalam ruangan.  Untuk apa???  Mau bertanya langsung kok ya ndadak keluar, males..hehe..

Rupanya seorang rekan memahami keherananku. “Mungkin itu untuk mengusir tikus, Bu..,” katanya menjelaskan tanpa kutanya lagi.

Hah..? aku malah makin heran..hihi..

“Memangnya kamu tahu, itu pohon apa?” tanyaku penasaran. Oya rekan itu staf baru di kantor kami.

“Itu kan Bintaro, Bu…” jawabnya yakin.

“Tahu dari mana buah itu dapat mengusir tikus?” tanya rekan kami satu lagi.

“Ooh..beberapa waktu lalu di pasar saya diberitahu seorang pedagang, ketika mengeluh tikus di rumah bandel-bandel, eh…dia memberi tahu bahwa buah Bintaro dapat mengusir tikus. Jadilah saya cari tahu seperti apa pohon Bintaro itu. Malah ternyata ada di kantor kita, hehe…” jelasnya panjang lebar.

Ooo… kami pun manggut-manggut mendengarkan penuturannya itu.  Dan akupun merasa penasaran, mencari info di google tentang hal itu dengan kata kunci ‘Bintaro pengusir tikus’. Eh, benar juga.. banyak informasi tentang hal itu di sana. Ini kutipan sebagian diantaranya :

Bintaro

Bintaro (Cerbera manghas) Sumber : wikipedia

Bintaro (Cerbera manghas) merupakan tumbuhan pantai / paya berbentuk pohon dengan ketinggian yang dapat mencapai 12 m, di Indonesia banyak digunakan sebagai pohon penghijauan di daerah pantai serta sebagai peneduh kota ( Sumber : Wikipedia ). Masih menurut Wikipedia, daun dan buah Bintaro ini mengadung bahan yang dapat mempengaruhi jantung dan sangat beracun!

Untuk memanfaatkan Buah Bintaro ini sebagai Buah Pengusir Tikus di rumah, caranya mudah saja. Ambil buah bintaro lalu ditaruh dalam rumah atau di tempat-tempat yang biasanya sering dijumpai ada tikusnya. Cara kerjanya adalah melalui bau racun yang dikeluarkan buah ini. Tikus akan menjauh karena bau racun buah ini sangat mengganggu penciuman tikus yang tajam.  Selama buah itu masih segar belum layu, maka tidak akan ada satu tikuspun yang berani mendekat atau datang ke rumah. Tapi perlu di ingat sebaiknya taruh di tempat yang tidak terjangkau oleh anak kecil karena mengingat buahnya yang mengandung racun. ( Sumber : usirtikus.com )

Nah, karena merasa penasaran maka aku pun ingin mencoba sendiri khasiat buah itu sebagai pengusir tikus.  Siang itu, penjaga kebun mengambikan beberapa buah untuk kubawa pulang sebagai percobaan, hehe…  Ini dia buah pohon itu :

Buah Bintaro (?)

Buah Bintaro (?)

Eh, tapi … aku masih belum yakin 100% bahwa pohon di kantor kami itu memang Bintaro, pasalnya dari keterangan di Wikipedia itu bunganya berwarna merah, sedangkan yang di kantor kami bunganya berwarna putih. Apakah memang ada 2 jenis Bintaro? Apakah keduanya sama-sama berbahaya ( khususnya getah daun dan buahnya) ? Mungkin ada rekan yang tahu, silakan berbagi info di sini yaa….

Yang jelas, lebih baik berhati-hati dengan racun pohon dan buah ini yaa…

Ohya, lalu bagaimana hasil uji coba buah itu sebagai pengusir tikus?

Maaf, belum bisa berbagi hasilnya di sini, karena uji coba dilakukan di rumah adikku, di ujung utara kota kami. Nanti setelah ada info..pasti akan kukabarkan di sini… Sementara itu, 2 orang rekan kantorku sudah menyatakan keberhasilan cara ini di rumah mereka masing-masing. Atau ada teman yg juga sudah mencobanya? Silakan komen di sini yaa…  :)

*** Berita terbaru dari adik saya : percobaan BERHASIL !🙂

19 thoughts on “Benarkah buah Bintaro pengusir tikus?

  1. Cuman ditaruh saja ya Mbak Mechta. Terima kasih sudah menuliskan. Padahal dekat rumah saya banyak buah Bintaro. Dan tikus juga. Artinya saya selama ini menyia-nyiakan saja buah ini padahal membutuhkan. Jadi akan saya coba menaruh buah Bintaro di dapur nanti🙂

    iya mba Evi, ditaruh saja kata tmn saya…tp sama adik saya buah itu sdkt disayat di bbrp tempat ktnya biar aromanya mkn tajam. Dan smntara ini mmg terbukti tikus jd sepi..🙂

  2. Di rumahku, tikusnya cuek aja lalu lalang padahal ud di taro buah ini T_T

    naah…jgn2 tikus di situ sdh kebal ya? Atau pake masker? Hihi… Smntara ini percobaan di rmh adik sy berhasil🙂

  3. Baru tau klo buah itu namanya Bintoro hehehe… tp alhamdhulilah klo drumah si ga da tikus soalnya ada kucing2 yg jd bodyguard. Kucingnya ga doyan tikus padahal :p

    eh, jadi ingat dulu kucing di rumah berburu tikus kecil buat main2 saja…klo tikusnya pura2 klenger langsung ditinggal pergi..jadilah dg gesit si tikus itu lari lagi..hihi…

  4. Dari kompiku potonya kok ngga kluar ya mba, coba ntar tak bukanya lagi, mau tahu kayak apa buah bintaro

    waah..kenapa ngumpet fotonya ya? Pdhl sdh kukompres jg.. Eh tp 2 yg pertama mmg blm terkompres krn pakai hp..mgkn uk terlalu besar ya.. Maaf utk ketaknyamanannya..

  5. Mengetahui buah bintaro ini namun ternyata belum mengenal aneka khasiatnya. Besok bawa sekresek buah bintaro dari kebun ah biar tikus di rumah ngacir….kalau nggak ngacir dilempar buahnya pastinya kaget dan lari hehe…
    Terima kasih ya Jeng, sharingnya.

    hihi…klo tdk mempan mmg hrs dilempar pakai buah ini Bu..ditanggung kemlothak..hehe… Ternyata tak semua tikus lari bu.. Ada yg bandel bahkan berani menggigiti / memindahkan buah ini lho..

  6. Baru tahu tentang Bintaro ini. Btw, racun buah ini berbahaya gak bagi manusia?
    Makasih infonya ya Mbak

    menurut Wiki, racun ini berbahaya bg manusia krn bs mempengaruhi jantung, oleh karena itu kita harus hati2 jgn sampai terpapar racun ini.. Demikian mnrt Wikipedia dll..

  7. ternyata Bintaro itu diambil dari nama buah ya mbak

    iya mbak Lidya…sy jg baru tahu..hihi..

  8. Oh…ternyata namanya bintaro, toh?Sempat penasaran karena di Surabaya sangat banyak digunakan sebagai peneduh di jalan-jalan. Dan memang ada teman yg menyebut sbg pengusir tikus. Cuma baru tahu skrgkalau namanya bintaro. TFS Mbakyuuuu

    sami2 Diajeng.. Saya jg baru tahu..hihi..

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mechta….

    Saya baru tahu juga nih, mbak. ternyata namanya buah Bintaro ya. Di tempat saya juga banyak mbak, jadi pokok hiasan jalan. Saya fikir hanya sekadar pokok hiasan rupanya ada khasiat buat mengusir tikus ya. sayang rumah saya ngak ada tikus jadi aman deh buahnya dari gangguan saya..hehe. Salam ramadhan yang indah dari Sarikei, Sarawak.🙂

  10. Di halaman kantor juga ada. Kirain buah asli Kalimantan, tapi orang sini ga ada yang tahu namanya. Baru dapat info beberappa hari lalu termasuk kasiat megusir tikusnya. Tapi teman nyebutnya buah Kemang

    Jauh gak sih Kemang sama Bintaro..?

    hihi…berapa jarak Kemang Bintaro? Ayooo yg rmhnya sktr Kemang – Bintaro bs bantu jwb🙂

  11. wah baru tau ini😀 dan merasa bingung juga -_- ini kalau di jawa barat semacam buah apa ya?😀

    naah..aku tak punya info ttg itu.. Tmn2 lain yg tahu nama lain dr Bintaro terutama di daerah Sunda, mangga berbagi info di sini yaa..

  12. Baru tahu kalau bintaro itu nama pohon2n dan ada buahnya juga, bisa dirujak nih hahaha

    klo pengen ngerasai jantung berhenti sih ya silakan..hehe… Eh jangan deh, sebaikbya tdk main2 dg racun yaa..

  13. wah… aku bener-bener baru tahu banget, mbak, Ternyata mudah dan praktis banget ya. Aku suka ribet juga dengan urusan tikus ini karena aku masih membatasi banget penggunaan racun tikus atau bahan kimia.

    mangga dicoba mbak…sampai skg sih msh berhasil du rmh kami, tp biasanya bbrp hari/minggu tksnya g takut lagi hehe..

  14. Ooooh….kyknya sering lihat buah ini auntie, ternyata bintaro toh namanya😀

    hihihi…trnyata bnyk jg baru tahu nama pohon ini ..🙂

  15. Bintaro yaaa… saya juga baru tau neh… apalagi info terbarunya mengatakan bahwa percobaan berhasil. Wah, jadi penasaran… di sekitar tempat tinggal saya ada bintaro tidak yaaa

    Mungkin disekitar panjenengan ada, Pak.. karena tampaknya pohon ini banyak dijadikan pohon penghijauan / peneduh di pinggir-pinggir jalan…

  16. Baru tau kalau ada buah yang namanya Bintaro setelah baca postingan ini. Ternyata bukan hanya jadi nama daerah/kawasan saja yaa. Di lombok sini malah ada pantai namanya Bintaro ^^

    Baru tahu?? Samaa…! hehe… Mungkin kawasan yang bernama Bintaro itu dulunya ada pohon ini yaa… *mungkiiiin… Oya, indahkah pantai Bintaro di Lombok itu?

  17. Waaa keren banget buah bintaro bisa mengusir tikus … bisa buat menjadi pengusir hama tikus pada pertanian organik ya ..
    Kalau tikus got bisa terysir juga kan yaa??

  18. Saya sudah coba, tikus got yang gede-gede gak lalulalang lagi

    syukurlah🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s