Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Sepasang Mata Bola : kukis favorit keluarga kami

18 Komentar

Haai… selamat Lebaran, teman… maaf lahir batin yaa…

Lebaran sudah berlalu … apa kabar toples-toples kue kering di rumah? hehe …

Lebaran dan kukis / kue kering memang dua kata yang sering disandingkan dalam satu kalimat.  Menjelang lebaran, ibu-ibu ataupun calon ibu sibuk menyediakan aneka kukis sebagai pelengkap hidangan keluarga masing-masing. Ada yang membuat sendiri, ada pula yang membeli jadi. Pokoknya macam-macam usahanya, dan macam-macam pula jenis kue nya ya… Tentunya disesuaikan dengan kesukaan masing-masing anggota keluarga.

Begitupun di keluarga kami, tak ketinggalan menyiapkan aneka kukis kesukaan ini. Beruntung ada adik yang jago masak, sehingga pengadaan kue kering ini sama sekali tak terkendala. Tinggal pesan saja apa jenisnya & berapa banyak…  Alhamdulillah pokoknya mah 🙂

Mau tahu kukis favorit di keluarga kami?

Predikat kukis paling diminati di keluarga kami rupanya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu : Sepasang Mata Bola! Ni dia buktinya :

Ada yang sudah nyaris ludes kuenya... :)

Ada yang laris maniiis… 🙂

Ya, kukis Sepasang Mata Bola alias chocochip ini memang selalu laris manis diminati, baik oleh para krucil di keluarga kami ataupun para tetamu -terutama anak-anak- yang berkunjung ke rumah kami. Mungkin karena bentuknya yang eye catching  atau karena rasanya yang memang nyamleng, yang jelas kukis ini selalu ludes duluan dibanding kukis lainnya.

Mau mencoba membuatnya? Nah .. ini dia resep kukis Sepasang Mata Bola a la adik saya :

Bahan-bahan :

  • 150 gr tepung terigu
  • 75 gr mentega
  • 150 gr gula palem
  • 1,5 sdt baking powder
  • 0,5 sdt vanili
  • 1 butir telur
  • 150 gr Chocochip

Cara membuat :

  1. Ayak tepung terigu dan baking powder menjadi satu.
  2. Kocok mentega, vanili & gula palem sampai putih, masukkan telur sambil terus dikocok.
  3. Masukkan ayakan tepung terigu (no 1) ke dalam adonan ( no 2 ), sambil diaduk hingga rata.
  4. Masukkan adonan dalam plastik segitiga, gunting ujungnya.
  5. Cetak berbentuk lingkaran-lingkaran kecil pada loyang yang sudah diolesi margarin.  Beri jarak yang cukup diantara lingkaran-lingkaran tersebut.
  6. Tambahkan dua butir chocochip pada masing-masing permukaan lingkaran.
  7. Panggang sampai matang, dengan suhu sekitar 150 derajat Celcius.
  8. Setelah matang, angkat dari oven, angin-anginkan sebelum diangkat dari loyang
  9. Setelah dingin, siap disimpan dalam wadah yang dikehendaki.

Catatan : 1 adonan menjadi sekitar 300 gr kukis matang.

Sepasang Mata Bola yang menggoda

Sepasang Mata Bola nan menggoda

Selamat mencoba yaaa…  Etapi, kalau gak mau repot membuat & maunya pesan saja juga boleh kok… Setoples kukis Sepasang Mata Bola itu, cuma Rp. 32.500,- saja… (procol alias promosi colongan nih… hehe…)

Oya, semoga Bude Ipung kersa mencoba membuatnya untuk Pakde & cucu-cucu tercinta, karena resep ini diikut sertakan pada Giveaway Mini : Sepotong Kue untuk Pakde .   Ditanggung maknyuuus 🙂

Giveaway Mini

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

18 thoughts on “Sepasang Mata Bola : kukis favorit keluarga kami

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam GA Mini: Sepotong Kue Untuk Pakde
    Segera dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Jombang

    maturnuwun, Pakde… Semoga sukses GA Pakde ini… Salam hangat kagem kelg Jombang…

  2. Cookies ini kelihatan enak banget Mbak Mechta.. Insya Allah berjaya dengan GA Pakde 🙂

    Renyah & manis, mba Evi… Mgkn krna gula palemnya hehe… Terima kasih supportnya, mbak…

  3. Anak-anak sukaaaa iniiii… 🙂
    semoga sukses ya, Mbak.

    inggih, leres…lare2 remeeen kukis niki.. 🙂

  4. lihat bentuknya aja, saya sudah suka, apalagi anak-anak
    *eh, saya kan juga masih anak-anak

    sesama anak-anak, mari kita berbagi, mba Nanik hehe…

  5. Bola mata coklat

    iyaaa..ngegemesin dan numani hehe..

  6. bukan cuma anak-anak mbak yang suka, saya pun suka 🙂

    sama doong..*toss dulu ah 🙂

  7. Kalo kukis kyk gini sih anak2 pasti sukaaaa….
    Maaf lahir bathin y mba…..

    maaf lhr batin jg mbak.. Slmt lebaran buat mba sekelg.. 🙂

    • Kalo kukis kyk gini sih anak2 pasti sukaaaa….
      Maaf lahir bathin y mba…..

      yg ada coklatnya biasanya mmg jd kesukaan anak2 ya mbak.. Maaf lhr batin juga, mba Santi 🙂

  8. Lihat gambar kuenya sih hmmm mak nyuss! pasti gurih dan bikin ketagihan, kalau di daerah saya sih, lebaran seperti beberapa hari lalu, biasanya warga cuma bikin kue biduk dan lemang ada juga bikin kripik, ohya salam kenal minal aidzin walfaizin mohon maaf lahir batin.

    waah..pasti kue2nya tak kalah enak… Penasaran dg kue biduk nih..spt apa ya? Maaf lhr batin juga yaa…

  9. Sepasang mata bola. Hehehe. Lucu Mbak. Moga sukses GA nya ya

    lucu & enak lhoo..hehe.. Trims supportnya ya..

  10. Enak banget kelihatannya, Mechta..
    Semoga sukses GA nya ya..

    nyam2, Uda… Susah brenti klo ngemil ini hehe.. Trmksh, Uda..

  11. Terpana dengan nyamlengnya sepasang mata bola…
    Sukses ya Jeng di GA istimewa ini.
    Salam hangat

    mangga dipun cobi resepipun, Ibu.. 🙂

  12. Jadi ingat kenangan sewaktu mamaku masih ada.. tiap Lebaran kami sering memasak sendiri kue2, salah satunya ya kukis coklat spt itu yg dihiasi coklat cocochip… Semoga sukses ya ikutan GAnya..

    ngemil kukis mmg asyik ya mbak… Trims supportnya, ikutan yuuk…

  13. tungguuuuuu mbak Mechtaaaa.. ikoootttt

    ayooo mba Tanti…kita ramaikan hajatan Pakde ini.. 🙂

  14. dari tampilannya memang memikat dan lucu pasti banyak d’minati apalagi kue choco cips memang enak, bagii dong 😀

    uups…sudah habiiis.. hehe… buat sendiri saja, tuuh ada resepnya 🙂

  15. Mbak Mechta, baru tau klo cookies coklat ini warna coklatnya dari gula palem. Kirain pke coklat bubuk loo.. aih jadi pengen nyobain, tapi lebarannya sudah selesai. Nunggu tahun depan aja deh haha

    ayo dicobain bikin..buat cemilan syawalan jg maknyuus g hrs nunggu lebaran, Say.. 🙂

  16. pkai gula palem ya mba.. pasti rasanya gurih2 manis gmn gt ya… jd pingin nyoba..tp ovennya error.. nyontek ya mba..

    silakan mba Irowati… Insya Allah kelg suka.. 🙂

  17. Mechtaaaa…ada banyak kuks disini…namanya ada yang unik pula : sepasang mata bola…
    Pasti enak!
    Selamat ikutan lomba ya, smoga hasilnya, bisa semanis kuenya…hehe 😀

    hihi…kata Pakde harus kasih nama yg unik..jadilah diganti namanya dg itu *akal2an…. Alhamdulillah meski ga menang, ttp dpt apresiasi dari Pakde… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s