Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Suatu siang di Umbul Sidomukti

17 Komentar

Sudah lumayan lama aku mendengar tentang tempat wisata alam di kawasan lereng Gunung Ungaran ini.  Oleh karena itu, ketika beberapa waktu lalu rekan-rekan mengajak untuk mampir ke lokasi wisata itu -dalam perjalanan silaturahmi ke rumah rekan kami di Boyolali- akupun antusias mengikutinya.

Tepat pukul 12.00 WIB ketika rombongan kami sampai di tempat parkir Taman renang alam Umbul Sidomukti ini, namun cuaca panas tak terasa karena hembusan angin yang sejuk menyambut kami begitu keluar dari kendaraan. Hm… beginilah cuaca siang di pegunungan…segaaar🙂

Oya… kelegaan adalah salah satu yang kami rasakan begitu sampai di lokasi yang berada di Desa Sidomukti Kec Bandungan Kab Semarang itu. Apa pasal? Hehe…itu semua karena jalan menuju lokasi Umbul Sidomukti yang terletak di ketinggian 1200 dpl itu cukup membuat deg-degan : jalan relatif sempit, menanjak dan berkelok-kelok! Wow..deh pokoknya! Aku lebih deg-degan karena teringat perjalanan ke Curug Muncar beberapa waktu lalu, namun rupanya pengelola & warga sekitar di Umbul Sidomukti ini lebih siap mengelola tempat wisata ini, sehingga ada penduduk / petugas (?) yang mengarahkan di persimpangan-persimpangan sempit dan jalannya pun jauh lebih bagus dan tertata, semacam beton cor dengan alur-alur khusus yang (mungkin) dibuat agar tak licin / berbahaya saat musim hujan.

Memasuki kawasan taman renang alam, hanya boleh berjalan kaki. Sebelumnya tentu saja harus membayar HTM ( Rp. 10.000,- / orang ) di loket masuk.

Bayar HTM dulu....

Bayar HTM dulu….

Yuuk...jalan-jalan ...

Yuuk…jalan-jalan …

Kami pun menyusuri jalan setapak yang nyaman sambil menikmati pemandangan yang indah : hamparan pepohonan nan hijau menyejukkan mata … Tak perlu takut lelah menyusuri jalan setapak itu, banyak disediakan bangku-bangku di tepi jalan untuk beristirahat sejenak.. (atau berlama-lama..hehe..).  Atau bisa juga memilih naik kuda, silakan pilih diantara kuda-kuda gagah yang ada di sana …

duduk2

Naik kuda juga bisa...

Naik kuda juga bisa..

Jalan setapak yang kami susuri itu pun mengarah ke masterpiece taman renang alam Umbul Sidomukti itu….taraaa…..

Kolam renang Umbul Sidomukti

Kolam renang Umbul Sidomukti

Berenang sambil menikmati pemandangan pegunungan ..

Berenang sambil menikmati pemandangan pegunungan ..

Hm… 4 kolam yang dibangun bertingkat dengan berbagai pilihan kedalaman itu memang sangat mengundang untuk berenang atau sekedar berendam sambil menikmati keindahan alam dari sana. Untuk yang tak sempat berenang, cukup mengasyikkan pula duduk-duduk di bawah keteduhan pohon menyaksikan keriaan pengunjung yang berenang, ataupun berpose-pose di tepiannya …

yang mau pose-pose asaj juga boleeeh...hehe...

yang mau pose-pose saja juga boleeeh…hehe…

Puas berenang -atau menikmati pemandangan para perenang- maka tiba waktunya menikmati pemandangan alam sekitar yang terlihat cantik dari ketinggian 1200 dpl itu… Tak lupa…foto2 narsis jugaa..haha…

Pemandangan dari Umbul Sidomukti

Pemandangan dari ktinggian 1200 dpl di Umbul Sidomukti

Pemandangan di taman renang alam Umbul Sidomukti

Pemandangan di taman renang alam Umbul Sidomukti

Emak-emak narsis di Umbul Sidomukti :)

Emak-emak narsis di Umbul Sidomukti🙂

Tak puas hanya menikmati taman renang Umbul Sidomukti, siang itu kamipun memutuskan ‘naik’ lagi sekitar 1 km menuju Pondok Kopi yang tak kalah cantik pemandangan alamnya.

OK lah…meski harus kembali deg-degan selama perjalanan ke Pondok Kopi yang menanjak & berkelok-kelok tajam itu -alhamdulillah rekan kami yang saat itu menjadi sopir sangat trampil mengemudi, terima kasih, Dik Panut… -kami pun akhirnya sampai di Pondok Kopi Umbul Sidomukti itu…

Pemandangan dari depan Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Pemandangan dari depan Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Bukti pernah di sini...hehe

Bukti pernah di sini…hehe

Naah... kalau taman yang di sini, mengundang jalan-jalan...atau leyeh2 ? hehe..

Naah… kalau taman yang di sini, mengundang jalan-jalan…atau leyeh2? hehe..

Taman di samping Pondok Kopi itu...sangat 'leyehable' deh..hehe

Taman di samping Pondok Kopi itu… sangat ‘leyehable’ deh..hehe

Makan bersama di lantai atas Kedai Kopi sambil menikmati pemandangan indah di sekitarnya, mengakhiri kunjungan singkat kami ke lokasi wisata alam Umbul Sidomukti. Oya, jika ingin mengunjungi lokasi wisata ini, pastikan kendaraan & pengendaranya siap menghadapi jalan sempit menanjak & berkelok tajam yaaa…

Ini cerita akhir pekanku kemarin, bagaimana akhir pekanmu, teman?🙂

17 thoughts on “Suatu siang di Umbul Sidomukti

  1. Adem ya Mbak di Umbul Sidomukti ini. Dan tampaknya juga gak desak-desakan pengunjung kolam renangnya. Jadi bisa nyantai menikmati air dan pemandangannya🙂

    kebetulan saat kami datang mmg pengunjung tak berdesakan mbak…jd bisa nyaman..tp saat kami pulang, rombongan dg bis dtg..waah..pasti padaat hehe..

  2. dingin ya mbak disana, enak. Kalau berenang seger pastinya

    Iya mbak Lidya.. airnya segaaar… pantas banyak yg betah, nggak ‘mentas2’ berenangnya..hehe…

  3. Pemandangannya bagus banget ya, Mbak. Jalan-jalan di situ sungguh menyegarkan🙂

    Leres, Ustadz… senaaang bisa jalan2 di sini…🙂

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mechta….

    Kolam renangnya menggamit hati mbak. Kalau saya sekeluarga pasti akan memilih berenang. Tambah nyaman kolam renangnya di kawasan pergunungan sambil menikmati pemandangan indah. Di Malaysia belum ada taman renang atas bukit begini dan bertingkat-tingkat lagi.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

    Walaikumsalam Wr. Wb , Kak Siti Fatimah… Semoga saat jalan2 ke Indonesia bersama keluarga tercinta bisa singgah ke sini juga yaaa….

  5. Mbak Mechta, silakan sudi menerima AWARD BERGAYA SENIDIRI sempena Ulang Tahun Ke-5 Kelahiran Blog LMGS G2 di maya pada. Semoga persahabatan dan silaturahmi ini kekal selamanya. Aamiin.

    https://webctfatimah.wordpress.com/2015/08/15/ct346-launching-banner-baru-lmgs-g2-ulang-tahun-ke-5-bergaya-sendiri/

    Salam mesra selalu.🙂

    Aiih..senangnyaaa…. terima kasih Awardnya, kak Siti Fatimah…. Selamat ulang tahun ke-5 Blog LMGS yaa…

  6. pemandangan indah, udara sejuk, pohon rindang dan tikar kayaknya pasangan yang tepat banget untuk leyeh2 santai sampai bobok nyenyak he..he..

    leyeh2nya sambil ngobrol ‘ngalor-ngidul’ mbak Monda… klo sampai bobok nyenyak gak ngeliat pemandangan2 indah..hihi…

  7. Beneran deg-degan Jeng ke Umbul Sidomukti, sempit nanjak berkelok, sepadan ya keindahan alamnya. Ikut uji adrenalin nggak Jeng dengan ‘ngewot jembatan’.
    Wow yang pondok kopi ketinggalan Jeng, syukur bisa ngintip eloknya di sini.
    Salam

    Leres, Bu Prih… deg2an terbayar lunas dg indahnya pemandangan🙂 Mboten wantun uji adrenalin Bu Prih… singuneeen.. hehe

  8. Pemandangannya bagus banget, Mechta…kayaknya dingin udaranya yaaaa…kalo deket, saya pasti udah buru-buru datang kesini pengen menikmati langsung keindahannya…
    Ehm, pergi rame-rame dengan temen apalagi sahabat, pasti seru suasananya!

    setujuuu….pergi rame2 dengan teman, sahabat apalagi keluarga, selalu seruuuu…. Semoga suatu saat kita bisa pergi bareng2 ya mbak irma.. aamiin…

  9. Hohohoho…Mechta jalan-jalan terus ternyata, akhir pekan kemaren saya kemana ya…oh, iya…di rumah aja ternyata, leyeh-leyeh seharian…uhuk, bener-bener nggak produktif ya…*abaikan mencuci, masak dan ngepel…

    hihi…jalan2nya mah cuma kadang-kadang mbak Irma….nulisnya dibagi-bagi jadi ekliatan sering jalaan…hehe…. *ikutan ngleyeh aaah….🙂

  10. Mechtaaaa…kangen ya!
    Sama mbak Prih jugaaa….

    iya, mbak Irmaaa, Bu Priiih…. kangeeeeen…. *pelukrame-rame 🙂

  11. mbakkkk, tempatnya asri ya, sejuk, di atas bukit pula, saya kira ungaran itu di semarang, bawa Alfi dolan ke sini baru bisa nih mbak

    Iya, Say…tempatnya cantik… Ungaran itu memang di Kabupaten Semarang..hehe.. Yuuk, ajak jagoanya berenang di sini..🙂

  12. wah makin enak dilihat yah. dulu ke sana pas tahun 2010-an. masih ada outbond-nya kan mbak? denger-denger kolam renang ini tertinggi se asia tenggara. kece deh, pengen sana lagi.

    Ohya.. masih ada fasilitas outboundnya itu… Insya Allah nanti kutambahkan di tulisan.. terima kasih sdh diingatkan yaa….🙂

  13. Kesini terakhir tahun 2010, belum sempet nyobain flying fox nya😀

    Sudah hampir 5 tahun ya? sudah waktunya datang lagi tuuh… hehe….

  14. Perjalanan yang menyenangkan. Sambil makan-makan atau sekedar berleyeh-leyeh diatas bukit adem banget sepertinya, apalagi sambil menatap pemandangan alam yang indah hehe…
    Salam!

    perjalanan selalu menyenangkan bila bersama dg teman, sahahat apalagi kelg tersayang…. Mantaaab… Trims sdh mampir yaa..🙂

  15. Ping-balik: TDJT#2 Kopdar Jlamprang | Berbagi Kisahku

  16. Tempatnya sepertinya asik Mbak. Itu Sidomukti ada hubungan sama jamu itukah mbak?

    memang asyiik…. Eh, adakah jamu yg namanya Sidomukti? Yg kutahu malah Sidomukti motif Batik..hehe…

  17. pemandangannya asyik bangeeet mak..pas buat leyeh leyeeeh🙂. Aku pengeen berenang hehe

    Yuuuk…berenang di sana…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s