Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Meriahnya Hari Batik di Kota Batik

26 Komentar

Teman, hari Batik memang sudah lama berlalu, di awal bulan ini -tepatnya pada 2 Oktober lalu- namun izinkan aku menuliskan kembali meriahnya acara peringatan Hari Batik Nasional th 2015 di Kota Batik Pekalongan …

Hari Batik 2015 di Kota Batik

Meriahnya Hari Batik 2015 di Kota Batik

Sudah menjadi agenda rutin Kota Pekalongan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang ditetapkan setiap 2 Oktober tersebut. Pada tahun-tahun kemarin, peringatan Hari Batik di Kota Pekalongan dirayakan dengan Lomba-lomba, Karnaval Batik dan Pekan Batik. Namun, pada tahun 2015 ini karnaval Batik dan Pekan Batik sudah dilaksanakan sebelumnya pada akhir Juli 2015 lalu bersamaan denga pelaksanaan Gelar Karya TTG Th 2015 di Kota Pekalongan.

Namun, meskipun tidak diramaikan dengan Pameran dan Karnaval Batik, tidak berarti Perayaan Hari Batik di Kota Batik pada tahun 2015 ini sepi-sepi saja lho… Pemerintah Kota dan masyarakat Kota Pekalongan tetap berusaha meramaikan agenda tahunan ini.

Salah satunya adalah anjuran menggunakan Pakaian Batik selama sepekan, sejak tanggal 2-8 Oktober 2015.

Apa istimewanya? Bukankah pada hari kerja biasa -khususnya PNS- juga sudah mengenakan baju batik setiap Selasa, Kamis dan Jumat?

Yang istimewa adalah karena pakaian batik dikenakan berturut-turut selama sepekan, tidak hanya oleh PNS namun juga karyawan swasta, pelajar maupun masyarakat umum. Dan khususnya bagi PNS putri Kota Pekalongan, tidak sekedar berbaju batik namun berkain / rok batik!

Nah.. itu dia! Selama ini kami -eh, aku tepatnya- punya cukup banyak koleksi baju / atasan batik, namun hanya satu-dua bawahan / rok batik. Jaraaaang sekali -bahkan mendekati kondisi hampir tidak pernah- aku menggunakan bawahan /rok batik apalagi  jaritan , dengan alasan kepraktisan, hehe…

Maka, awal bulan kemarin banyak ibu-ibu & mbak-mbak di kota kami yang mulai sibuk cari-cari bawahan batik, juga kebaya modern sebagai padanannya. Berbahagialah para pemilik butik / toko batik di Pekalongan & sekitarnya yang kemarin mendapat serbuan mendadak… Laris maniiiis… 🙂

Itu sekelumit kehebohan(ku) di awal bulan Oktober lalu dalam rangka persiapan memperingati Hari Batik di Kota Batik. Sedangkan acara puncaknya adalah pada hari Jumat, 2 Oktober 2015 di Kawasan Jetayu Kota Pekalongan, dengan panggung utama di depan Museum Batik Kota Pekalongan.

Sejak pagi, pengunjung sudah memadati Lapangan Jetayu. Tidak hanya di depan Museum Batik, namun juga di depan Gedung Eks Karesidenan di mana ada ‘pentas’ drumband dan di Lapangan Jetayu di mana pelajar memainkan Dolanan Tradisonal. Ada permainan Egrang, Bakiak, Congklak, Gobag Sodor, Benthik, dll. Juga ada kelompok pelajar dan ibu-ibu yang demo membatik.  Ada pula Bazar batik murah ( @ Rp. 10.000,- ) di Lapangan Jetayu itu. Sementara itu, para pejabat di lingkungan Pemkot Pekalongan menggunakan pakaian tradisional. Para ibu berkebaya dan berkain batik sementara para bapak ber-surjan / beskap lengkap dengan blangkon-nya. Pokoke, lapangan Jetayu terasa heboh dan ingar-bingar sejak pagi😛

Diawali dengan apel pagi di lingkungan kantor Pemkot Pekalongan

Hari Batik di Kota Batik diawali dengan apel pagi di kantor-kantor lingkungan Pemkot Pekalongan

Di Lap Jetayu pagi itu, para pelajar berbaju batik hilir mudik

Di Lap Jetayu pagi itu, para pelajar berbaju batik hilir mudik

Bp Pj Walikota & pejabat Pemkot lainnya berpakaian tradisional

Bp Pj Walikota & pejabat Pemkot lainnya berpakaian tradisional pada hari Batik di Kota Batik

Kelp ibu-ibu & pelajar berdemo membatik

Kelp ibu-ibu & para pelajar berdemo membatik

Band Kacang Kulit Rasa membuka acara

Band Kacang Kulit Rasa membuka acara perayaan Hari Batik di Kota Batik

Sajian tari-tarian

Sajian tari-tarian memeriahkan Hari Batik 2015 di Kota Batik

FashionShow

Fashion Show Batik memeriahkan Hari Batik di Kota Batik

Tak ketinggalan kostum karnaval Batik

                        Tak ketinggalan kostum karnaval Batik

Itulah sebagian kemeriahan pada 2 Oktober 2015 lalu saat peringatan Hari Batik di Kota Batik kami. Menurut Bapak Pejabat (Pj) Walikota Pekalongan Prijo Anggoro Budi Rahardjo, peran serta masyarakat dalam peringatan Hari Batik Nasional ini sebagai sesuatu yang luar biasa. “Ini benar-benar hasil kerja yang luar biasa, kedepan saya berharap agar seluruh stake holder batik disini mencari terobosan agar batik terus menggeliat dan menjadi kebutuhan utama,” ujarnya. Terkait limbah batik, Bp Prijo mengatakan perlu penyikapan bijaksana semua pihak. Demikian kutipan dari rilis Diskominfo Kota Pekalongan.

Belajar mengenal & melestarikan budaya sejak dini

Alhamdulillah, masih ada yang mau serius belajar mengenal & melestarikan budaya sejak dini

Oya, pesan dari pakar Batik Era Soekamto, bahwa untuk mencintai batik, salah satunya adalah dengan tidak membeli batik Printing. Karena menurutnya filosofi batik ada pada proses pembuatannya, selain itu masyarakat harus memahami makna dibalik motif batik tersebut.

Semoga kita tak hanya bisa ikut berbangga namun juga turut aktif melestarikan BATIK dan budaya tradisional kita lainnya… Yuk, mariii…🙂

26 thoughts on “Meriahnya Hari Batik di Kota Batik

  1. Membayangkan selama sepekan Pekalongan penuh orang berbaju batik. Keren banget deh Mbak Mechta. Selain Hari Batik, ada lagi kah karnaval2 yg bertema batik?

  2. Seru banget Mbak Mechta perayaan hari batiknya. Kebayang indahnya warna-warni batik di sana. Lihat dari potonya saja sudah bagus Mbak..

  3. Pengennya si selalu.beli batik.tulis.mbak tapi harganya itu lo bikin deg2an.hehehh

  4. meriah peringatannya ya mba…hari Batik yang seru dengan banyaknya batik Indonesia yng keren-keren..

    • Selalu menyenangkan bila ada di acara dg kostum batik aneka warna ya mba… Seperti kmrn aq sukaaa melihat foto2 acara 17an mba Indah dkk nun jauh di sono…🙂
      Bangga dg Indonesia tercinta !!

  5. semoga hari batik dimeriahkan juga dikota-kota lainnya di Indonesia.

  6. Keren ya mbak acaranya, padat penuh acara menarik begitu belum melihat aneka batik yang dipakai dan di bazar dengan harga terjangkau itu.

    Ada benthik? jadi inget permainan tempo dulu ya mbak, apa masih sering dimainkan ya di sana sama seperti gobag sodor dll.

    Btw, anjurannya keren ya mbak dalam rangka mencintai batik dengan hanya membeli batik tulis, bukan batik printing, matur nuwun mbak.

    • Sebagaimana di tempat lain, dolanan tradisional sudah sangat jaraaang dimainkan anak-anak mbak Ely… Lebih mudah mencari anak-anak yg sedang memainkan gadget atau ngobrolin game online dibanding menemukan mereka sedang memainkan / ngobrolin dolanan tradisional.. hiks…

  7. saya juga asli pekalongan, tapi gak bisa menikmati hari batik kemarin karna keberadaan saya di jakarta *sedih*

  8. pasti pekalongan rame kalo hari batik soale gudang batik ada di sana, gak apa2 deh mbak pake batik setiap hari pas dinas ben gak ketok orang pemdane

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Mechta….

    Sepekan (baca: 7 hari) berpakaian batik memang meriah mbak. Kalau di Malaysia para penjawat awam mesti berpakaian batik pada hari Khamis setiap minggu. Acaranya juga meriah dan mengasyikkan apabila semuanya berpakaian batik. Bagus ya ada Hari Batik ini. Kalau di Malaysia, terkenal dengan Batik Sarawak, Batik Kleantan dan Batik Terengganu. Di rumah saya banyak batik Samarinda dan Batik Puteri Ayu yang dibeli di Serikin, Bau, Sarawak (Sempadan Sarawak dan Kalimantan).

    Salam Maal Hijrah 1437 dari Sarikei, Sarawak.🙂

  10. meriah banget ya perayaan hari batik di kota batik…sukaaa….

  11. Batik pakaian tradisional Indonesia harus dilestarikan …
    btw
    salam kenal

  12. harus mbak, batik dilestarikan sama masyarakat Indonesia

  13. dija pingin suatu saat nanti bisa shopping batik ke pekalongan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s