Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Serunya outbound di Kampoeng Djowo Sekatul

22 Komentar

Selamat pagi menjelang siang, teman…

Sedang menikmati long weekend, kah? Mungkin ada yang dari jauh-jauh hari sudah merencanakan jalan-jalan ke tempat-tempat wisata tertentu, namun ada juga yang mungkin masih mencari-cari alternatif tempat wisata ya?

Untuk yang di Semarang dan sekitarnya, tak perlu juga jauh-jauh ke luar kota ya.. Di sekitar Semarang pun sudah banyak tempat-tempat rekreasi yang asyik dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya Desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul, sudah pernah dengar?

Salah satu tujuan wisata ini terletak di Desa Mergosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.  Nah, banyak kegiatan berdekatan dengan alam yang bisa teman lakukan, bersama keluarga, rekan kantor maupun anggota komunitas.  Salah satunya adalah kegiatan outbound, seperti yang kami lakukan di awal tahun ini, dan inilah beberapa catatan keseruan kami di sana…

Rombongan kami berangkat dari Pekalongan sebelum jam 7 pagi, dan setelah melalui jalan yang berliku-liku, akhirnya sekitar jam 9 lebih sampai di lokasi.  Beberapa kali harus bertanya kepada penduduk sekitar, karena dirasa kurangnya tanda penunjuk jalan di beberapa pertigaan.

Gerbang Kampoeng Djowo Sekatul dari Area parkir

Gerbang Kampoeng Djowo Sekatul dari Area parkir

Disambut suasana asri nan alami

Disambut suasana asri nan alami

Suasana pedesaan nan teduh

Suasana pedesaan nan teduh

Pondok-pondok eksotis...tapi nama-namanya berawalan 'Lumbung...'

Pondok-pondok eksotis…tapi kenapa nama-namanya berawalan ‘Lumbung…’ ya? hehe

Sesampainya di sana, kami pun berkumpul dulu di salah satu ruang Dalem Saridin yang berbentuk rumah tradisional Jawa tersebut. Oya, Dalem Saridin ini adalah tetenger sebuah rumah Joglo lengkap -yang terdiri dari Omah Lanang dan Omah Wadon- yang konon merupakan rumah bersejarah hadiah pernikahan Syeh Djangkung ( Saridin)  dengan saudara perempuan Sultan Agung Hanyokrokusumo. Begitulah menurut keterangan yang tertulis pada dinding rumah joglo yang diberi nama Dalem Saridin tersebut.

Joglo "Dalem Saridin"

Joglo “Dalem Saridin”

Bagian dalam Dalem Saridin

Bagian dalam  rumah Joglo “Dalem Saridin”

Kereta kencana & Lesung yg beralih fungsi, di teras Dalem Saridin

Kereta kencana & Lesung yg beralih fungsi, di teras Dalem Saridin

Di ruang Omah Lanang Dalem Saridin  kami beristirahat sebentar sambil menikmati minuman hangat dan camilan yang sudah disajikan, sebelum bersama-sama menuju halaman untuk memulai kegiatan outbound.

Dengan dipandu Tim Pemandu Outbound para peserta menjalani beberapa permainan mengasyikkan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan semangat kebersamaan bagi para relawan  BKM se Kota Pekalongan ini.

Game pemanasan di halaman Joglo

Game pemanasan di halaman Joglo

Game memindah hoola hoop dalam kelompok

Game memindah hoola hoop dalam kelompok

Menuju area outbound Kampoeng Djowo Sekatul

Menuju area outbound Kampoeng Djowo Sekatul

Sebagian arena outbound Kampoeng Djowo Sekatul - sayang tampak agak kurang terawat..

Sebagian arena outbound Kampoeng Djowo Sekatul – sayang tampak agak kurang terawat..

Yuuk..meluncuuur... Yg takut sendiri, bisa tandem kok :)

Yuuk..meluncuuur… Yg takut sendiri, bisa tandem kok🙂

Marina...menari...di atas...menara... *game uji konsentrasi

Marina…menari…di atas…menara… *game uji konsentrasi

Di area lumpur : game paling heboh! :)

Di area lumpur : game paling heboh!🙂

Game Pipa Bocor : ayoo...yg kumpak yaa...

Game Pipa Bocor : ayoo…yg kumpak yaa…

Waktu terasa berlalu cepat saat kita dalam suasana gembira, tampaknya betul adanya pendapat tersebut. Matahari kian meninggi, namun tak terasa panas menyengat karena kami berkegiatan di ruang terbuka nan hijau dan teduh.  Keasyikan bermain bersama harus diakhiri.

Para peserta pun membersihkan diri di kamar mandi-kamar mandi yang cukup banyak tersedia di sana, lalu istirahat – sholat – makan siang ( dengan urutan yang berbeda-beda tergantung keputusan masing-masing peserta, hehe… ). Acara selanjutnya adalah siap-siap pulang kembali ke Pekalongan…

Nah, itu dia cerita seru saat mendampingi rekan-rekan Relawan BKM ber-outbound-ria di Kampoeng Djowo Sekatul. Bagaimana, ingin mencoba juga berkunjung ke sini? Atau intip dulu web-nya, fasilitas yang ada di sana tidak hanya arena outbound kok.., ada kolam renang & pondok dhahar, play ground & camping ground, tanaman hias & kebun buah, dll.

Kalau dari Semarang, bisa ke arah Gunung Pati melalui Ngaliyan ataupun melalui Ungaran, hingga pertigaan Pasar Gunung Pati ambil jalan yang agak serong ke kiri, teruus… hingga jalan arah Semarang – Boja, lalu belok kiri dan ikuti tanda-tanda petunjuknya menuju lokasi Kampoeng Djowo Sekatul. Jika perlu GPS ( Gunakan Penduduk Sekitar ) saja untuk bertanya-tanya agar tak salah jalan..hehe…

Selamat berakhir pekan, teman…

22 thoughts on “Serunya outbound di Kampoeng Djowo Sekatul

  1. Mbak Mechta, tempatnya keren bingitss.. Jadi mupeng banget dan suasana khas jawanya kok bikin kangen sama rumah Mbah di Nganjuk.. Huehehe..

  2. Saya baru tahu ini lho. Rekomendasi baru buat tempat outbond. Ga harus d Linggo hehwhw

  3. Suka banget melihat foto-fotonya Mbak Tanti. Dengan joglony, Dusun Jawa dapet banget. Imajinasi saya membawa kepada komik-komik jaman dahulu. Belum lagi sawah yang hijau dan pondok-pondok nya itu, outbound yang pasti seru sekali🙂

  4. Cataaat suasana alamnya terasa banget. Wah game berlumpurnya pastinya jadi kenangan manis, pesan permainan nyanthol terus nih. Maturnuwun Diajeng.

  5. out bond….saya suka raftingnya. Eh, kenapa yg saya ingat hanya raftingnya ya? Aslinya, semua kegiatan out bond seru ya Mbak

  6. wah aseyik ya mbak, kalau pas lebaran sih ramai mungkin ya disana. hehehe nasib ke Semarang kalau lebaran aja

  7. Wah cakep tempatnya. Boleh jadi rekomendasi nih kalo outbond ke daerah Jateng.

  8. desa wisatanya keren banget, catet

  9. Mbaaaak, tempatnya aku suka. Asri banget yaaaa. Nanti kapan2 mau mampir deh…

  10. Tempatnya asri banget. Nyaman buat berlama-lama. Outboundnya juga kelihatan seru. Apalagi yg main di sawah dan sungai. Paling suka!

  11. Wah asik banget ini kegiatannya …
    boleh nih di catat untuk kegiatan training
    terima kasih infonya Aunty

    salam saya

  12. Jadi pengen liburan ke kampung mbak lihat pemandangan cantik di atas , kebayang serunya melakukan kegiatan menyenangkan di ruang terbuka nan hijau dan teduh, bakalan lupa waktu ya .

    Apa kabar mbak Mechta? selamat berpuasa ya🙂

  13. mau nanya : kalau rombongan pakai bus besar apakah bisa langsung masuk area parkir ? trimakasih

    • Kmrn kami menggu akan bis sedang, tp sy lihat ada bis besar jg di area parkir. Tp utk lbh jelasnya silakan langsung menghub kontak person di web Kampung Jawa Sekatul yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s