Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Pekan Batik Nusantara 2016

21 Komentar

Oktober telah datang dan Hari Batik Nasional kembali kita peringati di tanggal 2 Oktober ini.  Untuk menyambut Hari Batik Nasional ke-7 di tahun 2016 ini, tentunya Kota Pekalongan yang telah dikenal sebagai Kota Batik tak tinggal diam dong…

pbn_2016

Tahun ini, Pekan Batik Nusantara ke-8 ini akan diselenggarakan di Kota Pekalongan pada tanggal 4-9 Oktober 2016, dengan Tema : Kibar Budaya Jelajah Pesona Wastra.

Adapun maksud & tujuan PBN ini a.l : (1) Memperkenalkan dan mempromosikan Kota Pekalongan sebagai pusat industri batik di Indonesia; (2) Memupuk kecintaan, kebanggaan, serta kepercayaan masyarakat terhadap produksi dalam negeri terutama batik serta memberdayakan produksi dalam negeri untuk pemenuhan kebutuhan barang dan jasa di pasar lokal & internasional; (3) Tersajikannya informasi secara visual kualitas produk batik nasional; (4) Sarana untuk kerja sama bisnis dalam wujud partisipasi semua elemen masyarakat untuk mempromosikan batik; (5) Mendorong peran serta lembaga kementerian pusat dalam mendukung pemasaran batik nasional dan internasional; (6) Menarik kunjungan wisatawan dan buyer untuk datang melihat dan membeli batik nusantara; (7) Mendorong masyarakat dan pengusaha batik untuk menciptakan desain batik yang modern agar diminati masyarakat internasional. Dan beberapa kegiatan dalam rangkaian Pekan Batik Nusantara 2016 ini antara lain sbb:

1. Seremonial Pembukaan

Pembukaan seluruh rangkaian acara ini direncanakan pada tanggal 4 Oktober 2016 mulai jam 10.00 WIB oleh Bp. Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif /BEKRAF) mewakili Presiden RI, berlokasi di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan.  Tamu undangan akan dihibur penampilan para penari dengan beberapa Tarian Batik dan juga lagu-lagu oleh Bank Jateng Big Band. Dalam rangkaian acara pembukaan ini juga akan dilakukan ‘membatik bersama’ oleh 100 undangan dengan dipandu petugas, berlokasi di depan Museum Batik Kota Pekalongan dilanjutkan dengan peninjauan stand-stand pameran di GOR Jetayu.

2. Welcome Dinner & Fashion Show

Acara ini direncanakan untuk diadakan di Museum Batik Kota Pekalongan, pada tanggal 4 Oktober 2016 mulai jam 18.30 WIB,  diharapkan dapat diikuti oleh sekitar 250 tamu undangan.  Sambil menikmati makan malam dengan menu-menu khas Kota Pekalongan, tamu undangan akan dihibur oleh Nina Tamam dengan suara indahnya serta tari-tarian daerah dan setelah makan malam, para tamu undangan menyaksikan Fashion show Ragam Wastra Indonesia serta Mahakarya Paguyuban Batik Pekalongan.  Acara ini didukung penuh oleh BEKRAF dan SMESCO.

3.  Pameran Batik / Batik Expo

Pameran Batik / Batik Week Expo 2016 di GOR Jetayu ini akan menampilkan berbagai produk dan jenis batik dari nusantara, terbagi dalam lebih dari 150 stand yang terdiri dari 40 stand UKM Batik yang difasilitasi Pemkot Pekalongan dan selebihnya adalah stand UKM-UKM yang difasilitasi Kementerian / Prov / Kab / Kota / BUMN / Perbankan / Swasta & UMKM Mandiri / wirausahawan.

4.  Festival Kuliner

Sudah menjadi tradisi dalam setiap gelaran Pekan Batik, diadakan pula Festival Kuliner yang berlokasi di sekitar Kawasan Budaya Jetayu dan sepanjang Jl Diponegoro Kota Pekalongan.  Tahun ini, festival kuliner ini diikuti oleh UKM-UKM kuliner yang akan mengisi 90 stand yang telah disediakan, terdiri dari 50 stand yang difasilitasi oleh Pemkot Pekalongan dan selebihnya difasilitasi / partisipasi dari Kementerian / Pusat / BUMN & swasta / Perbankan maupun UKM Mandiri / wirausahawan.  Waktu festival adalah selama Pekan Batik Nusantara berlangsung, yaitu 4-9 Oktober 2016 dengan jam buka : Pukul 10.00 – 21.00 WIB.

5.  Seminar Nasional Perlindungan Batik

Seminar dengan tema “Perlindungan Batik sebagai Mahakarya Wastra Dunia” akan diselenggarakan di Ruang Amarta Pemkot Pekalongan, Jl. Mataram No 1 Pekalongan, pada tanggal 5 Oktober 2016, pukul 09.00 WIB s/d selesai.  Seminar yang bertujuan memasyarakatkan dan melindungi batik sebagai Mahakarya Nusantara yang diakui dunia dan menjadi salah satu karya seni yang dipakai & digemari dunia ini akan dibuka oleh Sestama BEKRAF dan direncanakan untuk diikuti 150-200 peserta, dengan narasumber dari BEKRAF, Yayasan Batik Indonesia, Paguyuban Batik, Wirausahawan, dll.

6. Talkshow Batik bersama Netizen

Acara talkshow Batik dengan tema “Batik di Era Masa Kini” ini akan diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober 2016 jam 19.30 WIB s/d selesai di Museum Batik Pekalongan, dengan salah satu Narasumber Ibu Poppy Safitri dari BEKRAF dan akan diikuti oleh sekitar 100 orang peserta. Oya, untuk netizen yang ingin berpartisipasi dalam acara ini dapat mendaftar secara online di sini, paling lambat tanggal 5 Oktober 2016.

7. Gelar Seni Budaya

Pekan Batik Nusantara yang digelar oleh Pemkot Pekalongan telah menjadi salah satu icon budaya, tidak hanya di Provinsi Jawa Tengah namun juga dalam skala Nasional, oleh karena itu juga telah menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.  Salah satu acara yang ditampilkan adalah Gelar Seni Budaya yang merupakan Pentas Seni baik seni tradisional maupun kontemporer, tidak hanya dari Kota Pekalongan namun juga dari daerah-daerah lain peserta Pekan Batik Nasional. Untuk tahun ini, Pentas Seni ini akan diadakan selama 4 malam berturut-turut, sejak tanggal 5 Oktober hingga 8 Oktober 2016, mulai dari jam 19.30 WIB berlokasi di sekitar Museum Batik, Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan.  Dimulai pada tanggal 5 Oktober, pentas wayang dari dalang lokal (Pekalongan) dan dari Solo; tgl 6 Oktober : seni islami & dari luar daerah; tgl 7 Oktober : pentas seni generasi muda antar etnis & seni Jambi; tgl 8 Oktober : parade musik pelajar.

8. Arak-arakan Batik / Pekalongan Batik Carnaval

Salah satu acara dalam rangkaian acara Pekan Batik Nusantara yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah Arak-arakan Batik / Pekalongan Batik Carnival.  Tahun lalu, acara ini dikemas sebagai Pekalongan Jlamprang Carnival 2015.
Untuk tahun ini, acara Arak-arakan Batik ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2016, mulai pukul 15.00 WIB, start dari Alun-alun Pekalongan dan finish di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, karnaval ini akan diikuti oleh elemen-elemen masyarakat yang ada di Kota Pekalongan, termasuk pelajar, SKPD, maupun masyarakat yang tergabung dalam komunitas-komunitas.  Sebagai cucuk lampah  atau barisan pembuka karnaval, adalah rombongan tim seni tradisional.

workshop-kostum-karnaval

Sebagian kostum2 cantik dalam workshop 3 pembuatan kostum Karnaval Batik.

9. Lomba Souvenir Batik

Selain beraneka jenis kain batik, produk batik saat ini juga tampil dalam aneka souvenir yang cantik.  Untuk mendorong inovasi & kreatifitas masyarakat dan para pelaku seni batik, maka digelar pula Lomba Souvenir Batik dengan sekretariat panitia di Bag. Perekonomian Setda Kota Pekalongan.

10. Lomba Foto Wisata Kampung Batik

Panitia juga akan menyelenggarakan Lomba Photografi khususnya bertema Wisata Kampung Batik Kota Pekalongan, dengan sekretariat panitia di Diskominfo Kota Pekalongan dan hasil dari para peserta lomba ini juga akan dipublikasikan untuk mendukung promosi kegiatan ini.

11. Pekalongan Great Sale

Nah, selain beragam kegiatan tadi, ada pula kegiatan dalam rangka Pekan Batik Nusantara 2016 yang tentunya akan menarik perhatian para konsumen / pengunjung, yaitu Pekalongan Great Sale, yaitu adanya diskon-diskon harga yang istimewa dari berbagai Hotel dan Toko / Butik-butik Batik di Kota Pekalongan -yang bertanda khusus- selama pelaksanaan Pekan Batik Nusantara 2016 ini, yaitu tanggal 4-9 Oktober 2016.

12. Seremonial Penutupan

Sebagaimana acara pembukaan, maka seremonial penutupan PBN ke-8 Th 2016 yang direncanakan tanggal 9 Oktober 2016 mulai pukul 19.30 WIB ini pun akan meriah. Tamu undangan tidak hanya akan dihibur oleh BRI Big Band, namun juga akan ada penampilan teatrikal yang melibatkan para pelajar di Kota Pekalongan..

Nah itu dia sebagian kegiatan dalam rangkaian acara Pekan Batik Nusantara 2016 di Kota Pekalongan.  Ingin merasakan langsung kemeriahannya? Yuk, luangkan waktu dan segera merapat ke Kota Pekalongan pada tanggal 4-9 Oktober 2016 nanti…

SELAMAT HATI BATIK, teman-teman …

*Sumber : Panitia PBN ke-8 Th 2016 Kota Pekalongan

21 thoughts on “Pekan Batik Nusantara 2016

  1. aku dateng tgl 8, mb. mau ngeliput arak-arakan di jetayu, hehe. siapa tahu bisa ketemu mb mechta juga😀

  2. Sayang jarak Pekalongan dan Serpong lumayan jauh. Kalau datang harus pakai acara nginep. Coba kalo deket Saya ingin melihat fastival batik ini. Pasti meriah banget ya Mbak Tanti🙂

  3. Sedihnya acaranya selalu pas hari kerja ya Mbak untuk informasi ataupun talk show y.

    Nice info Mbak…

  4. Solo laweyan juga ga ketinggalan, ada pasar malam batik di jalan perintis kemerdekaan sampai 9 hari

  5. wah serunyaaaa. keren pekalongan🙂

  6. Hemm…
    Yey aku datang pas hari apa yaah….

  7. Mba mechta keren banget acaranya..pengen liat tapi jauuh😦

  8. Batik makin dihargai ya mbak, seneng ngelihatnya. Di Jogja juga sering ada event bertema batik.
    Selamat hari Batik yaaa

  9. keren bgt yaa,, pingin bisa dateng klo ada festival batik kek gtu..

  10. Ping-balik: Kemeriahan Pekan Batik Nusantara 2016 (1) | Lalang Ungu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s