Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Kemeriahan Pekan Batik Nusantara 2016 (1)

28 Komentar

Pekan Batik Nusantara ke-8 di Kota Pekalongan memang sudah berakhir, ditutup pada tanggal 9 Oktober 2016 lalu, namun kesan akan kemeriahan acara ini masih terasa (setidaknya buatku, hehe..).

PBN 2016 kali ini memang kurasakan lebih berkesan bagiku dibanding PBN / PBI di tahun-tahun sebelumnya. Bukan berarti kegiatan PBN / PBI sebelumnya tidak meriah lho.., hanya saja secara pribadi kesan lebih itu kurasakan. Kenapa?

Pertama, karena mutasi tugas beberapa waktu lalu, di kantor baru ini aku (sedikit) lebih terlibat dalam persiapan PBN ini, sedangkan di tahun-tahun sebelumnya hanya sebagai tamu / peserta / penonton. Kedua, di PBN kali ini -setahuku- baru pertama kali blogger dilibatkan dalam peliputan kegiatannya -meskipun blogger lokal malah sama sekali nggak dijawil– hehe… Namun aku tetap gembira karena dengan pelibatan blogger untuk meliput ini, beberapa teman blogger hadir di Kota Pekalongan, antara lain 3 blogger Gandjel Rel Semarang yaitu mbak Ika, Miya & Nyi Penengah D. Juga ada Ila Rizki, rekan blogger dari Tegal. Naah…istimewa sekali, bukan? Sayangnya aku hanya sempat kopdar -sebentaaar- dengan mba Ika saja. Mudah-mudahan lain kali bisa kopdar lama dengan teman-teman Blogger repoter dari luar kota di event PBN / PBI yang akan datang, dan blogger lokal juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Aamiin 🙂

Nah, itu keistimewaan yang kurasakan secara pribadi. Bagaimana dengan kemeriahan rangkaian acara PBN ke-8 Tahun 2016 ini? Berikut ini adalah kemeriahan beberapa kegiatan yang sempat kuikuti secara langsung :

Seremonial Pembukaan

PBN ke-8 Th 2016 ini dibuka oleh Menteri Koperasi & UMKM RI, Bp. Puspayoga pada tanggal 4 Oktober 2016.  Tamu undangan dihibur tari-tarian serta lagu-lagu oleh Bank Jateng Big Band. Diserahkan pula 4 sertfikat HAKI, 4 sertifikat koperasi dan KUR dari beberapa bank. Pembukaan PBN 2016 ditandai dengan mewarnai bersama motif buketan oleh Bp. Menteri Koperasi & UMKM, Ka. Bekraf, Gubernur Jawa Tengah, Walikota Pekalongan serta para pejabat dan duta besar yang hadir. Seremonial pembukaan dilanjutkan dengan Membatik Bersama di depan Museum Batik Pekalongan serta peninjauan stand-stand Batik & craft di GOR Jetayu.

pembukaan0

Menteri Koperasi & UMKM serta Kepala Bekraf tiba di lokasi acara

pembukaan

Seremonial Pembukaan PBN ke-8 Th 2016

mewarnai-buketan

Bp Menteri & Ka. Bekraf memulai mewarnai Buketan menandai dibukanya PBN 2016 (Foto : Diskominfo Kota Pekl & koleksi pribadi)

belajar-membatik

Para pejabat, tamu undangan & masy. berkesempatan membatik bersama…

Pemecahan Rekor MURI : 2016 Brayan Mendongeng Berbusana Batik

Acara ini digelar pada tanggal 6 Oktober 2016 di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, dengan melibatkan guru-guru dari tingkat PAUD s.d SLTA se Kota Pekalongan, diselenggarakan oleh Pemkot Pekalongan dengan didukung Dinas Pendidikan Kota Pekalongan dan TP. PKK Kota Pekalongan.

Acara ini bertujuan untuk mendorong minat masyarakat untuk mendongeng sebagai salah satu upaya membangun karakter generasi muda.  Secara teknis, ribuan peserta tersebut dibagi menjadi 80 kelompok yang terdiri dari sekitar 25 peserta, mereka mendongeng bergantian (masing-masing sekitar 5 menit), dengan jenis dongeng berbentuk Fabel , Epos ataupun Legenda.

Dari target 2016 peserta pada akhirnya Rekor MURI dapat dipecahkan dengan peserta 2119 orang, yang menurut Eksekutif Manajer MURI (Sri Widayati) acara ini memecahkan rekor sebelumnya di Wonosobo yang diikuti 1800 peserta pada tanggal 27 Oktober 2015.  Sertifikat rekor MURI ini diserahkan oleh Eksekutif Manajer MURI kepada Walikota Pekalongan dan Ka. TP. PKK Kota Pekalongan.

Selain pemecahan rekor MURI, acara ini juga diselenggarakan dalam rangka peluncuran Gerakan Literasi Sekolah di Kota Pekalongan, merupakan penumbuhan minat baca melalui kegiatan 15 menit membaca di sekolah, melalui tahapan : pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran.

brayan-ndongeng

Pemecahan Rekor Muri Kategori Mendongeng terbanyak dg berbusana batik, 6 Okt 2016.

Nah itu cerita kemeriahan 2 diantara kegiatan-kegiatan Pekan Batik Nusantara 2016, masih ada beberapa kegiatan lain yang kuikuti, a.l : Seminar Nasional, Talkshow Batik. Arak-arakan Batik dan Seremonial Penutupan. Cerita kemeriahannya menyusul yaa…

Bersambung…

Iklan

Penulis: Mechta Deera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

28 thoughts on “Kemeriahan Pekan Batik Nusantara 2016 (1)

  1. Aku senang membacanya batanti bahwa Bogor semakin banyak terlibat di event-event travelling dan budaya. Seperti juga di event pekan batik Pekalongan ini. Semoga tahun depan lebih banyak lagi blogger yang diundang dan berharap Tangerang juga tentunya diundang hehehe

  2. sedih tidak bisa ikut meramaikan,, waktu itu masih sakit

  3. Semoga batik indonesia tetap lestari yaa mba, wah..seneng banget yaa bisa ketemu pejabat publik pas PBN kemarin, pengeen

  4. hasil mewarnai bapak menteri, boleh juga. hehe. 😀
    semoga mendongengnya nggak berakhir di hari itu saja ya mbak. saya seneng kalau anak- anak banyak yang ndongengin. daripada maenan gadget mulu. :/

    • Hasil mewarnai rame-rame, mbak.. Pak Menteri mengawali, diteruskan pejabat2 lainnya..hehe.. Iya mbak, semoga semangat guru2 untuk mendongeng kembali kpd murid2nya lbh meningkat…juga mendorong semangat para orangtua utk mendongeng kepada anak2nya.. 🙂

  5. meriah banget acaranya, Mbak. Semoga batik makin dicintai oleh rakyat Indonesia 🙂

  6. PBN benar-benar ‘menghidupi’ Pekalongan ya Jeng, dari seremonial, mendongeng hingga talkshow. Selamat berkarya di tugas baru nggih Jeng, semoga bisa jumpa beneran ya kita di suatu saat. Salam

  7. saya penasaran nih. mechtadeera itu kalo copy darat orangnya kayak apa

  8. koq itu ada yang ga pakai batik mbak

  9. pasati di sini banyak keluar motif-motif Batik cantik … seruuu

  10. Saya termasuk salah satu orang yang suka sama batik, saya ketinggalan informasi nih, tahun depan ada lagi gk mbak acaranya?
    Makasih banyak mbak infonya..
    Salam kenal..

  11. Wah… seru ya acaranya…

    semoga batik terus mendunia.. aamiin

  12. Mendongong denger cerita bu wali dan senyum2 denger sambutan pak wali dengan logat khas Pekalongan.
    Salut sama pak ka dindikpora dengan sambutan krama inggilnya, halus, runtut…..

  13. Pas pembukaan kok gak ketemu ya… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s