Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Minggu pagi di Kota Pekalongan, bisa kemana saja?

25 Komentar

judul_post

Selamat pagi, teman…

WeekendΒ telah tiba, hari Minggu datang lagi. Apa rencanamu di hari Minggu ini, teman? Jalan-jalan ke mana saja?

Hehe… Itu pertanyaan yang sering kita dengar, ya? Tentu saja, karena jalan-jalan di akhir pekan sepertinya sudah menjadi kebiasaan -atau bahkan kebutuhan?- bagi kita untuk menyegarkan fikiran, meluangkan waktu bersama dengan keluarga, sahabat ataupun orang-orang tersayang …

Dan karena sifatnya yang hampir rutin dan waktu yang terbatas, tentu saja kita tidak harus selalu pergi ke tempat-tempat yang jauh lokasinya dari rumah tinggal kita. Yang dekat-dekat saja juga OK kok… Yang penting kebersamaan itu yang bikin happy, bukan? πŸ™‚

Lha, kalau di Kota Pekalongan, memangnya ada tempat asyik untuk rekreasi bersama keluarga di Minggu pagi?

Ada dong! Alhamdulillah, tak perlu jauh-jauh cari lokasi jalan-jalan Minggu pagi di Kota Pekalongan. Dimulai dari lepas subuh. Menyambut pagi di kawasan Pantaisari Kota Pekalongan asyik juga lho..

Pantai Pasirkencana adalah salah satu tempat wisata di Kota Pekalongan, tepatnya di Kec Pekalongan Utara. Lhah, subuh-subuh memangnya lokawisata Β ini sudah buka? Hehe..tentu saja belum… Namun yang ingin membuka hari dengan menghirup udara pantai tak perlu berkecil hati. Kawasan Pantaisari adalah adalah kawasan umum pinggir pantai di sekitar lokawisata Pasirkencana, yang bebas dikunjungi tanpa jam operasional πŸ™‚

Sunrise di Pantaisari cantik juga, kan ? :)

Sunrise di Pantaisari cantik juga, kan ? πŸ™‚

Kalau bag pantai yg ini, masuknya lewat halaman Krematorium..

Kalau bag pantai yg ini, masuknya lewat halaman Krematorium..

Kalau mau bermain air seasyik ini, tunggu mentari agak tinggi, agar tak kedinginan...

Kalau mau bermain air seasyik ini, tunggu mentari agak tinggi, agar tak kedinginan…

Nah setelah puas menikmati sunrise sambil menghirup udara pantai dan bermain air di pagi hari, asyik pula bila meneruskan jalan-jalan di Kawasan Budaya Jetayu. Sambil jalan santai mengelilingi lapangan Jetayu, bisa menikmati pemandangan bangunan-bangunan bersejarah yang ada di sana : Kantor Pos, Gereja Kristen, Museum Batik, Rumah dinas eks Karesidenan Pekalongan, dll. Setelah itu mau melihat-lihat / belajar mbatik di Museum Batik? Bisa, tapi tunggu buka dulu tentunya. Jam operasionalnya jam 08.00 – 15.00 WIB.

landmark_batik

Lelah jalan-jalan seputar Lap Jetayu, bisa swafoto atau foto2an di Landmark BATIK ini

herritage

Beberapa bangunan kuna di sekitar Kawasan Jetayu Pekalongan

Namun bagi yang suka olahraga pagi dilanjutkan sarapan, sambil pulangnya bisa nyangking belanjaan, bisa langsung merapat ke Lapangan Mataram.

Ya, setiap minggu pagi di sekitar Lapangan Mataram Kota Pekalongan selalu ramai. Jika ingin berolahraga (jogging, jalan sehat, lari ataupun senam) dengan nyaman, datang sebelum jam 6 pagi, lintasan jogging sekeliling lapangan itu belum ramai orang sehingga bisa lebih nyaman melakukan olah raga itu.

senampagi

Senam pagi rame-rame… asyiiik…

Di sekitar lapangan juga berjajar warung-warung tenda aneka jenis kuliner, ada kuliner khas Pekalongan ( megono, tauto, pindang tetel, dll ) juga kuliner yang berasal dari daerah lain ( Pecel Madiun, Pempek Palembang, Gudeg Jogja, Seblak Bandung, Batagor, Kethoprak, dll ) silakan pilih mana yang ingin dinikmati untuk sarapan pagi ituΒ  πŸ™‚ Β  Nah, setelah olah raga dan sarapan, mau belanja-belanja atau sekedar cuci mata, langsung saja menuju ke ParTi alias Pasar Tiban Mataram yg hanya ada setiap Minggu pagi itu.

parti-mataram

Keramaian pasar tiban di Lap Mataram. (Foto2 th 2011, saat ini lokasi ParTi ada di lap samping Pemkot )

Anda hobby bertanam atau sekedar senang menikmati tanaman? Silakan menyeberang dan menuju kios penjual tanaman hias dan ubarampe berkebun yang juga ada di sekitar Lapangan Mataram ini. Memilih-milih tanaman ataupun memilih aneka pot untuk mempercantik halaman / teras kita, juga merupakan kegiatan yang mengasyikkan di Minggu pagi.

Naah, menikmati sunrise sudah, olahraga sudah, sarapan sudah, belanja ini itu sudah, dan pagi pun segera berlalu. Maka kita bisa pulang kembali ke rumah dan melanjutkan aktivitas minggu bersama keluarga. Berkebun, bersih-bersih rumah, masak-masak, membaca, nonton TV, Ngeblog dan BW, dll…

Itulah beberapa alternatif tempat rekreasi keluarga Minggu pagi, di Kota Pekalongan. Ada referensi tempat lain? Mangga share di kolom komen ya… Selamat hari Minggu, teman..

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

25 thoughts on “Minggu pagi di Kota Pekalongan, bisa kemana saja?

  1. Abis subuh gowes dulu menuju ke pantaisari hunting sunrise di tepi pantai πŸ˜‚, keren 😎

  2. sudah lama banget aku tak ke pekalongan mbak…pekalongan punya pantai yang cakep juga ya

  3. Bener bgt, kl di Pekalongan minggu wajib ke pasar kaget Mataram… atw pernah jg sih swngaja ke Pantai Pasir Kencana utk mamam nasi sotong πŸ˜†

  4. Asiknyaa, pernah menjelajahi pantai berdua Nailah pas diundang ngisi workshop di Pekalongan hihi..

  5. Pantaaaaii…
    Duh, jadi tanya sama diri sendiri, kapan terakhir ke pantai??
    Hiks..
    Eh kalau jalan2 di tengah kota enaknya itu tempat main ada, kuliner yo ada ho Mbak.

  6. Semoga kalau pulang bandung bisa mampir pantainya kan lewat pekalongan 😊

  7. Wah..asyiiknya mba, agenda d hari libur..banyak spot yang menarik yaa mba d pekalongan πŸ™‚

  8. Pekalongan identik dengan batik, ternyata ramai juga ya mbak , ada pantainya pula πŸ˜€
    TFS πŸ˜€

  9. enak sekali.. pantainya nggak juh dari rumah. bikin ngiri. hehee
    sepertinya, car free day dan senam di lapangan begini agenda wajib tiap minggu ya mbak. πŸ˜€ bisa sehat bonus cuci mata, tapi kalau bawa anak kecil harus waspada. πŸ™‚

  10. itu kalau di Utara, kalau yang di selatan…pagi-pagi bawa sarapan ke sawah. syahdunya

  11. belum pernah ke pekalongan samasekali. Lewat tulisan ini setidaknya jadi tau sedikit banyak tentang suasana di pekalongan. Salam kenal ya mbak πŸ™‚

  12. Pasar tiban di Mataram itu atmosfernya bener2 ngangenin.
    Agenda wajib saia nek mulih Ngkalongan πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s