Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Bisnis Tipu-tipu (lagi)

13 Komentar

bisnistiputipu

Lima tahun yang lalu, di lapak sebelah ada salah satu tulisanku berjudul Bisnis Tipu-tipu. Tulisan itu menyiratkan keprihatinanku atas upaya-upaya penipuan yang bermodus ‘penawaran’ jabatan.

Ya, September 2011 itu masa penataan pegawai di lingkungan Pemkot kami pasca pelantikan Kepala Daerah baru. Seperti juga bulan-bulan ini yang merupakan bulan penataan organisasi (termasuk penempatan pegawainya tentu..) pasca pelantikan Kepala Daerah kali ini.

Hm, rupanya tidak hanya siklus penataan pegawai yang berulang 5 tahunan, namun juga siklus bisnis tipu-tipu itu! 😦

Beberapa hari lalu saat aku bertandang ke kantor lama, seorang rekan (sebut saja mbak S) menceritakan bahwa ia baru saja menerima telefon yang ditengarai sebagai upaya penipuan.

Ceritanya, mba S mendapat telefon dari seseorang yang mengaku bernama X, salah satu Kasi di Bagian Organisasi & Kepegawaian di Pemkot kami. Diharapkan untuk datang di kantor Bagian tersebut, namun terlebih dahulu agar menghubungi nomor tertentu (HP). Agar tak berpanjang-panjang, mbak S mengiyakan dan mencatat nomor yang diberikan lalu hubungan telefon itu selesai.

Mbak S langsung merasa curiga karena kebetulan sehari sebelumnya salah seorang teman di kantor itu juga (mbak R) bercerita padanya bahwa ia mendapat telefon dari seseorang yang menawarkan jabatan padanya. Mbak R tidak menanggapi serius telefon itu, dan membiarkan berlalu begitu saja.

Namun tidak demikian dengan mbak S. Ia bertekad untuk memastikan kecurigaannya itu. Saat kebetulan rapat di lingkungan Sekretariat Pemkot, ia mampir ke kantor Bagian yang disebutkan penelefon itu dan menanyakan tentang Mr X kepada pegawai di sana.

Dan kecurigaannya terbukti, saat pegawai tersebut menyatakan bahwa di Bagian tersebut TIDAK ADA pegawai bernama X dan rupanya kejadian seseorang menanyakan tentang Mr X -dengan berbagai variasi nama- itu bukan baru sekali itu saja. Sudah ada beberapa laporan tentang seseorang yang menelfon dan mengatasnamakan Bagian tersebut. Pegawai tersebut juga menyarankan mbak S untuk tidak percaya dan waspada bila ada yang menghubunginya lagi.

Tentu saja hal itu melegakan mbak S. Dan agar tidak ada rekan kami yang termakan modus penipuan seperti itu, maka iapun menceritakan pengalamannya kepada rekan-rekan lain di kantor, termasuk kepadaku yang sudah tak sekantor lagi.

Begitulah.. Masih saja ada orang-orang yang berusaha mengail di air keruh, mencari keuntungan dari orang-orang yang lengah..atau berambisi (?).

Yah, ini menjadi catatan tersendiri bagiku, dan mudah-mudahan juga bagi pembaca tulisan ini : jangan mudah percaya. Cek n Ricek, itu penting. Jangan sampai dibutakan ambisi, melegalkan segala cara dan menyesal kemudian.

Itu ceritaku hari ini, teman… Apa ceritamu?

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

13 thoughts on “Bisnis Tipu-tipu (lagi)

  1. Ada saja peluang, tapi untuk membohongi orang lain yg dimanfaatkan segelintir orang.
    Ceritaku hari ini, setelah kemaren hujan hingga malam, pagi ini matahari bersinar cerah Mbak 😀

  2. Cerita saya mau memperpanjang sim tapi mesti tes ini itu (menurut cerita). Padahal dulu ngurus sim mudah sekali. Ini gara2 terjadi pelanggaran dgn adanya calo makanya sekarang ngurus sim kayak diperumit gak seperti dulu.

  3. Memang sekarang sih kalau ada orang baik perlu dicurigai wkkwkw

  4. cerita hari ini… mm tadi habis ikut persiapan mau baksos akhir bulan ..
    pulang2 ujan gede banget, khawatir banjir dan pohon tumbang lagi

  5. Kalo katanya bang haji: T.E.R.L.A.L.UUUH 😆

  6. modus sekarang macem2,…dari yang isiin pulsa mama, sampai yg tingkat tinggi menyangkut instansi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s