Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

3 Resolusi yang ingin kuwujudkan di 2017

39 Komentar

Tahun 2016 umurnya tinggal menghitung hari lagi, tepatnya tinggal 16 hari lagi.  Rencana-rencana libur akhir tahun sudah dimatangkan tentunya, bukan? Iya laah… Terutama bila akan berlibur ke luar kota, kalau baru direncanakan mepet-mepet di akhir tahun nanti, bisa-bisa kesulitan mencari akomodasi dan batal liburannya, hehe…

Bagaimana dengan Resolusi Tahun Baru?

Ya, seperti biasa, di akhir tahun seperti ini, selain kata LIBURAN, kata lain yang seringkali kita dengar / baca adalah kata RESOLUSI. Sebenarnya apa sih maksudnya?

Jika mencari kata itu di kamusnya mbah Google, akan mudah didapatkan pengertiannya ya. Intinya, RESOLUSI yang dimaksud di sini bukan yang berhubungan dengan kamera ya… melainkan mengenai sebuah TEKAD atau KETETAPAN HATI untuk melakukan suatu tindakan / mengambil sikap yang baru / berbeda dari sebelumnya -dan lazimnya adalah sikap / tindakan yang lebih baik- yang dilakukan sebagai langkah besar dalam hidup seseorang untuk mencapai suatu tujuan / cita-cita hidupnya.

Halaah…pengertiannya muter-muter ya? Hihi… tapi bisa diambil intinya bukan? Wis, pokoke Resolusi adalah tekad untuk melakukan tindakan yang penting untuk dilakukan. Resolusi Tahun baru, berarti tekad untuk melakukan satu / beberapa tindakan di tahun yang akan datang, yang lebih baik dari tahun ini.

Hm, apa ya #resolusiku2017 nanti?

Jujur saja, ada 4 hal yang menjadi resolusiku di tahun ini, dan -karena satu dan lain hal- baru 1 yang sudah tercapai, yaitu mengenakan toga kedua dalam hidupku.  Nah, oleh karena itu, 3 hal lainnya yang belum tercapai  itulah yang ingin kujadikan resolusi 2017 ku, yaitu :

(1) Umroh bersama Ibu

Thawaf

Merindu syahdunya thawaf bersama Ibu…

Sejak awal bercita-cita menjadi tamu Allah, ingin kulakukan bersama keluarga, minimal bersama Ibu, sebagaimana pernah beliau berkata ingin bersama-sama menjejakkan kaki di Tanah Suci. Terbayang alangkah nikmatnya menjalankan satu demi satu rangkaian ibadah sambil menggandeng tangan Ibu tercinta.

Namun apa daya, mimpi itu belum mampu kuwujudkan. Keterbatasanku menyebabkan baru dapat mensupport keberangkatan Ibu berhaji sendiri pada tahun 2006 lalu, sambil menahan sedih tiap kali ada yang berkomentar “kok tega sih, melepas Ibu yang sudah sepuh tindak haji sendiri..”.  Duuh…kok tega ya mereka berkomentar begitu? Kalau kami mampu, tentunya tak akan kami biarkan beliau (saat itu berusia 70 tahun) tindak sendiri, namun apalah daya… 😦

Saat aku berkesempatan menjadi tamu Allah di tahun 2011 lalu, kembali rasa haru itu memenuhi hati. Andai bisa menjalani semua nikmat itu bersama Ibu… Maka dalam doa-doaku di sana, kumohonkan kesempatan berikutnya untuk menjadi tamu Allah bersama Ibu dan keluarga lainnya.

Lima tahun berlalu, namun mimpi itu belum terwujudkan. Ada saja hal-hal mendesak lainnya yang mendorong mimpi itu ke sudut hati, namun tidak hilang. Asa itu tetap ada di sana, dan terpatri dalam lantunan doa-doaku. Semoga Tahun 2017 merupakan waktu yang paling tepat menurut-NYA untuk mewujudkan harapanku umroh bersama ibu. Aamiin…

(2) Menerbitkan buku baru

Buku bertuliskan namaku adalah proyek monumentalku di Tahun 2014.  Menerbitkan buku ternyata numani. Proses menulis atau mengumpulkan tulisan-tulisan untuk dibukukan, sungguh mengasyikkan. Dua buku di tahun 2014 dan satu buku di tahun 2015, semuanya terbit secara indie. Tahun 2016 ini, sebenarnya ingin mengumpulkan tulisan-tulisan tentang perjalanan yang pernah kutulis di 2 blogku, namun terkendala dengan kesibukan sekolah -yang alhamdulillah menghasilkan satu bentuk ‘buku’ lain- sehingga mudah-mudahan di Tahun 2017, sebuah buku kumpulan tulisan perjalananku bisa diterbitkan. Insya Allah…

mybook(3) Rutin Ngeblog lagi

Ini adalah screenshoot dari dashboard blog ku… suatu gambaran aktivitas posting yang menyedihkan bukan? hiks…

post_lalangungu

Oleh karena itu, satu hal lagi yang ingin kulakukan di 2017 adalah : rutin ngeblog lagi.  Banyak hal positif yang kudapatkan dari aktivitas ngeblog selama ini, namun tahun ini blog ini lebih banyak nganggur daripada update..hihi… kasiaaan… Aktifitas offline cukup menyita waktuku kemarin-kemarin, ah..alasan saja ya, intinya aku belum pintar bagi waktu untuk ngeblog!

Dan itu yang tak boleh terjadi lagi di tahun depan. Minimal seminggu sekali update blog, sehingga rumah mayaku ini tidak jamuren atau bahkan lumuten, hehe… Boyongan ke TLD? Hm…mudah-mudahan 🙂

Nah, itulah 3 #resolusiku2017 nanti, yang mudah-mudahan bisa terlaksana semuanya, tidak seperti resolusi 2016 yang hanya terwujud 25% saja… Semoga semesta mendukung! Aamiin…

Bagaimana denganmu, teman? Apa #resolusi2017 mu?

www.hidayah-art.com

Tulisan ini diikutkan dalam Hidayah-Art First Giveaway “Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan”

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

39 thoughts on “3 Resolusi yang ingin kuwujudkan di 2017

  1. Semoga resolusinya tercapai tahun depan ya mbaak…. 😀

  2. smoga smuanya tercapai ya mbk, amiinnn

  3. Ahh si mba satu ni sukak gitu…..
    Sy yakin pake banget 3 hal itu bs terwujud. Apalagi jika menilik ‘notes from mecca’ InsyaAllah terlaksana.

  4. Semoga ketiganya segera kesampean ya mbak. Semangat

  5. Masih ndak jauh-jauh juga dari nulis yo mbak.

    Bismillah, makin semangat ngelarin naskah novel.
    Semoga ikut numani, some day later. Aamiin.

  6. Amin. Moga tercapai semua ya mbak mehta. Sukses buat blognya sukses lombanya juga 🙂

  7. Semoga semua resolusinya dan doanya tercapai juga dikabulkan oleh Alloh ya mbak 😇

  8. semoga kesampaian semua ya Mba, aamiin.

  9. semoga resolusinya tercapai ya auntiiiie, aku entah kapan terakhir buat (semacam) resolusi begini heuheu

  10. semoga tercapai mbakkk resolusinya.. 😀
    dan menang kontesnya. hehe.

  11. Semoga resolusinya terlaksana semua ya mba 🙂

  12. Aamiin.. Semoga tercapai ya mbaa

  13. Rutin ngeblog, ih, aku merasa kesindir sendiri Mbak. Soalnya bulan Desember ini aja aku belum posting tulisan. Sok sibuk sama UAS murid2.

  14. Semoga semuanya terwujud dibtahun 2017 tar ya mbak mechtaa. Semangat dan sukses selalu dgn tulisan2nya.

  15. Barakallah Mba.. Moga sukse resolusi 2017 nya, saya juga pengen banget bisa umroh.. 😊😊

  16. Ingin nulis lebih rajin juga ditahun depan kayaknya *tepatnya menyingkirkan rasa malas 🙂
    Semoga tercapai semua mbak. Sukses juga buat GA-nya.

  17. semoga semua keinginannya terlaksana secepatnya auntie

  18. Satu demi satu, impian dan permohonan Jeng Mechta diwujudkanNya.
    Salam hangat

  19. Aamiin, moga terwujud resolusinya ya mbak Tanti.

    Makasih udah ikutan GA aku, moga beruntung ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s