Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Aku dan Instagramku

21 Komentar

Hai.. IG-nya apa? Follow yaaa…

Hm…tampaknya sekarang kita makin sering ya menerima pertanyaan itu. Kalau dulu yang biasa ditanya akun FB dan URL blog, lalu tambah twitter dan sekarang tak ketinggalan akun IGnya ditanyakan pula.

Meskipun memang hobby cekrak-cekrek sejak dulu, aku belum lama membuat akun instagram. Awalnya membuat IG sebagai tambahan galery penyimpanan fotoku..hihi..

Foto pertama di akun IG @mechtadeera pada 29 Nop 2014

Oya, suka motret dan pinter motret itu beda lhoo… Aku sih suka cekrak-cekrek tapi yo asal jepret saja, gak mikir teknik-teknik apapun itu..hehe.. Pokoke, senang bisa mendokumentasikan sesuatu, entah itu suatu kegiatan ataupun sekedar rekaman atas hal-hal -yang menurutku- unik dan ingin kukenang.

Seperti kusebutkan tadi, pada awalnya aku memang kurang berminat main IG, lalu suatu waktu berkesempatan ngangsu kawruh dalam sebuah pertemuan dengan teman-teman blogger, yang antara lain menyimpulkan bahwa media sosial pun dapat kita berdayakan untuk menunjang kinerja blog kita.. (aiih..kinerja..bahasa tinggi nih..hehe..)

Nah, setelah itu mulailah timbul minatku untuk memberdayakan media sosial yang kupunya, dan juga membuat akun IG untuk melengkapinya.

Post pertama promosi blog Lalang Ungu ( 2014 )

Post promosi blog lainnya (2017)

Ternyata, makin ke sini makin asyik rasanya. Apalagi setelah sejak beberapa waktu lalu kubergabung dengan salah satu komunitas pepotoan yang makin menjamur di instagram akhir-akhir ini..

Adanya tema-tema harian yang diangkat oleh akun-akun belajar fotografiย di IG sangat membuka wawasan tentang cekrak-cekrek ini. Teknik pemotretan, bermacam angle, tips n trik eksekusi foto, dan lain-lain tentang fotografi yang sangat menarik bagiku. Tak hanya fotografi, akun minat khusus lainnya pun banyak : masak, DIY, jahit, disain ruang, dll.

Belajar motret ‘white on white‘ , ‘splash‘ ataupun dengan teknik ‘bottom angle

Aku makin semangat untuk cekrak-cekrek terutama dengan HP. Apaa..saja jadi sasarannya. Sampai kadang-kadang diledekin teman & keluarga, hehe… Kalau sebelumnya asal jepret saja, sekarang ya…gak jauh beda…hihi.. Nggak ding, minimal sedikit tambahlah pengetahuanku tentang istilah-istilah & teknik memotret.. Yah, sekarang sih baru nambah tahu, semoga lama-lama bisa tambah trampil dalam menerapkan apa yang dipelajari itu.. Aamiin..

Jika bisa ‘ngegrid‘ sesuai tema, alhamdulillah… Jika pun belum berhasil tetap alhamdulillah juga…kita jadi bisa banyak belajar dari foto-foto lain yang berhasil.. Oya, rasanya sekarang tuh jadi makin perhatian terhadap sekitar, bahkan hal-hal remeh sekalipun. Senang rasanya mengetahui hal-hal sepele bisa tampil indah & nyeni bila kita tahu cara menampilkannya dengan tepat.

Ngegrid pertama….lebay surebay dweeh…hehe…

Selain makin banyak menikmati foto-foto keren yang meramaikan berbagai hestek tema yang diangkat, mengamati kelebihan-kelebihan foto-foto yang berhasil ‘ngegrid’ per tema, juga yang tak kalah asyik hasil main instagram adalah bertambahnya teman.

Kalau di ranah bloging ada Blog Walking atau BW yaitu aktivitas saling kunjung blog yang sudah terbukti selain menjalin silaturahmi di dunia maya juga berdampak positif pada statistik blog kita, maka demikian juga halnya di instagram.

Dengan saling follow, like for like dan tentu saja berbalas komen -yang positif dan tidak OOT- maka akan berdampak positif terhadap statistik akun-akun yang terlibat.

Intinya, menurutku ada banyak sisi positif yang bisa kita dapat melalui instagram, tak sekedar pamer saja via foto-foto yang kita tampilkan.

Pamer?

Iya, ada lho yang berpendapat bahwa posting di IG hanya untuk pamer saja. Apa yang mau dipamerkan? Ya banyak lah, tempat-tempat yg dikunjungi, menu-menu yang dicicipi, kegiatan-kegiatan yang dilakan, dll. Ah, itu kan pendapat orang nyinyir saja.

Kalau menurutku, itu kembali ke niat masing-masing. Kalau diniatin pamer ya silakan saja..tapi kalau diniatkan berbagi informasi atau hal positif lainnya, insya Allah akan lebih baik. Perkara orang mau menilai bagaimana : terinspirasi atau justru menerbitkan iri.., ya itu kembali lagi ke individu masing-masing.

Turut memperkenalkan budaya & wisata daerah via instagram

Berbagi pengalaman / momen menyenangkan

Berbagi kebahagiaan…

Buatku, melalui akun @mechtadeera kuingin bisa berbagi. Berbagi momen membahagiakan, berbagi pengalaman, berbagi informasi, bahkan berbagi rizqi bila memungkinkan ๐Ÿ™‚ Dan jika dampak positifnya adalah jaringan pertemanan yang meluas, tambahan wawasan, bahkan tambahan penghasilan…ya alhamdulillah.. Kusyukuri nikmat dari Nya.

kadangkala galery IG ku cerah ceria dengan semarak bunga-bunga…

ada kalanya pula adem ayem bernuansa hijau menyejukkan mata…

Nah, itu cerita tentang aku dan instagramku. Bagaimana denganmu, teman, suka main IG juga? Ada pengalaman khusus kah? Bagi pengalaman / pendapatmu di kolom komen yaa…

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

21 thoughts on “Aku dan Instagramku

  1. Saya masih belum punya IG. Dulu facebook dan twitter pun sama, tidak menyenangkan. Baru pas membuat blog berasa menyenangkan karena ternyata saya suka menulis.

    Nah kalo main ig biasanya yg suka foto2 pasti seru.Sedangkan saya nggak suka. Jadi nggak punya IG sesampai sekarang.

  2. Halo mbak Mechta..
    Saya juga dulu punya IG juga buat punya-punyaan Mbak. Trus lihat foto orang-orang kok bagus, jadi pengen belajar motret bagus. Sekarang belajar upload foto2 yang menurut saya bagus hehe..

  3. IG’ku biasaa wae mba, pengen dibikin rapi tapi blm mampu.
    Gimana dgn tripod, udh kebeli mba’yu….hihihi

  4. Saia punya IG tp jarang update. Msh setia dg facebook, haha!
    Follow IG nya ah ;p

  5. mbak Mechta saya dong udah follow dari kapan haha.. sama saya juga di ig skarang masuknya komunitas bookstagram, ya karena saya suka baca. dari bookstagramer saya balajar banyak motoin buku. bukan itu saja, di ig pun bisa bikin cerita salah satunya ikutan 30haribercerita. ternyata dunia fotografi itu luaass banget ya kan mbak.. *numpang ngiklan IG saya @fitrianelestari ๐Ÿ˜€

  6. Aih mbak mechta memang pinter motret kok..bagus kok ditinggal mb

  7. Tapi kalo menurut saya njenengan bukan hanya suka, tapi juga pinter motret, sebab hasilnya bagus-bagus gitu kok, Mbak ๐Ÿ™‚

  8. yey asiik sekarang jadi sering upload.

  9. bener deh.. aku buat IG juga untuk promosi blog..
    baru follow aja akun2 grup foto, tapi belum pernah ikutan, nggak punya stok fotonya..
    selamat mbak fotonya udah masuk grid, makin lihai pepotoannya

  10. Kalau saya Pakai Facebook, Instagram, dan Twitter …. tapi ya itu kadang juga gak ter urus, wkwkwk
    salam Kenal

  11. mbak Mechta, aku udah follow Ig mbak Mechta belum ya? heheu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s