Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Masakan favorit saat Ramadhan

33 Komentar

Hai… Pa kabar, teman-teman..?

Alhamdulillah kita sudah berjumpa kembali dengan Bulan Ramadhan, bulan suci yang tentunya dinanti-nanti oleh kaum muslimin. Selamat menunaikan ibadah di Bulan Ramadhan bagi teman-teman yang menjalankannya yaa…

Ramadhan memang terasa istimewa, baik suasananya..maupun aneka makanan yang disajikan di rumah-rumah kaum muslim. Mungkin bahkan ada menu-menu khusus yang hanya hadir di kala Ramadhan saja.

Bagaimana di rumah kami?

Hm, mungkin agak berbeda dengan yang lainnya, di rumah kami memang tidak ada menu khusus selama Bulan Ramadhan ini. Β Semua yang terhidang di bulan ini bisa juga terhidang di luar bulan Ramadhan, baik itu menu takjil, menu berbuka ataupun menu sahurnya.

Kenapa begitu? Entahlah, mungkin karena kebiasaan saja di rumah kami. Bukan berarti tak menghormati bulan suci lho yaa… Luar biasanya bulan Ramadhan adalah bahkan menu biasa terasa istimewa disantap di bulan ini. Mungkin lebih ke suasananya ya?

Nah, kalau ada yang bertanya apa menu favorit di bulan Ramadhan, jadi agak mikir juga ya..hehe.. Mungkin kata favorit di sini kuterjemahkan saja jadi yang sering muncul ya? πŸ™‚

Dimulai dari menu takjil. Ada banyaak makanan manis yang bisa menjadi pilihan untuk mengawali buka puasa, bukan? Nah, di antara yang banyak itu, yang paling sering menjadi pilihan kami adalah es buah dan kolak. Hihi..standar banget yak?

Kolak, baik itu berbahan pisang maupun ubi memang menjadi salah satu kegemaran kami. Mudah membuatnya, bisa disajikan panas / dingin sesuai selera. Aku pribadi sih lebih suka yang dingin, bukan ditambah es batu, tapi cukup didinginkan di lemari es beberapa waktu sebelum disantap..hm..maknyuuuus… Begitupun Es Buah atau Es Campur. Di hari-hari biasa terutama saat mentari cukup terik, makanan ini menjadi pilihanku. Nah, apalagi setelah berpuasa seharian… Semangkuk Es Buah menjadi pelepas dahaga yang juara! Rasa haus yang mendera setelah berpuasa seharian jadi lenyap tak bersisa πŸ™‚

Es Campur / Es Buah

Sst..satu rahasia lagi kenapa kolak dan es buah jadi pilihan, karena kalau lagi malas bikin tetap mudah menemukannya di penjual-penjual takjil yang menjamur di sore hari bulan Ramadhan! Haha… *emakmales

Selanjutnya untuk menu buka puasa, yang paling sering muncul adalah yang seger-seger semacam Sayur Sop, Sayur bening atau Asem-asem. Sayur asem meskipun seger tapi adik-adikku kurang suka jadi jarang muncul hehe.. Sesekali yang bersantan muncul juga yaitu Sayur Lodeh. Oya ada satu menu bersantan yang juga jadi kesukaan, yaitu Ikan Nyem-nyem. Masakan apa itu?

Nyem-nyem adalah sebutan kami untuk masakan yang berbahan dasar Ikan pindang, Tomat dan Santan. Bumbu yang diperlukan hanya Bawang merah, Bawang putih, Daun Salam, Serai, minyak sayur, Gula dan garam seperlunya. Cara masaknya : Bawang mer-put diiris tipis-tipis, lalu ditumis dengan sedikit minyak sayur. Setelah harum masukkan santan dan bumbu lainnya sambil diaduk pelan-pelan lalu masukkan ikan-ikan pindangnya. Irisan tomat menyusul kemudian setelah santan mendidih, tambahkan juga gula & garam untuk menyeimbangkan rasa sesuai kesukaan. Tunggu hingga tomat layu dan santan menyusut, Nyem-nyem siap dinikmati bersama nasi hangat πŸ™‚

Oya untuk lauknya alias temannya sayur, karena kami kurang suka daging-dagingan -kurang sehat bagi tubuh dan juga kantong, hehe- maka duet tempe-tahu lebih sering muncul di meja makan. Entah itu digoreng begitu saja, dibacem atau diolah menjadi masakan lain misal perkedel tahu, sambel tempe, semur tahu, oseng tempe, dll.

Nah, itu tadi tentang takjil dan menu berbuka yang selalu sederhana. Bagaimana menu sahur kami? Tentunya tak kalah sederhana & apa adanya! Hihi..

Yang menjadi pertimbangan utama pilihan menu untuk sahur adalah praktis namun tetap dapat menyuplai gizi dan energi sebagai bekal puasa seharian. *eh kok seperti tag line iklan tertentu ya? πŸ™‚

Telur adalah bahan yang hampir selalu muncul, terutama bila kulkas kosong dan belum sempat belanja. Ya, telur memang praktis diolah dan disajikan, untuk hidangan sahur.

Orak-arik telur dengan sayuran yang berbeda adalah salah satu triknya. Buncis, wortel, sawi putih, kol, tahu dan jamur adalah pendamping telur yang sering muncul di menu Orak-arik ini.

Kalau sedang ingin berkuah, maka Capcay kuah adalah salah satu pilihannya, selain tumis-tumis sayuran tapi dengan kuah yang lebih. Tak ada sayuran tapi ingin berkuah? Sambal goreng telur saja, praktis…tinggal nyeplok telur lalu disambel-goreng dengan santan yang encer saja deh.. Atau menjelang akhir Ramadhan, adikku yang hobby membuatΒ kue kering mulai berkarya. Naah, kan banyak sisa putih telur tuh, tinggal dikukus lalu dipotong-potong jadi deh bahan buat sambel goreng atau balado atau bumbu bali *emakngirits πŸ™‚

Tumis Kangkung

BTS – Buncis Telur Sosis

Bagaimana dengan bebuahan dan minuman? Hm, masih senada dengan yang lain, tentunya buah yang sering muncul adalah buah yang sedang musim. Pepaya, Pisang, Jeruk, Mangga dan Buah Naga itu yang sering muncul. Sedangkan untuk minumannya tidak ada yang khusus pula, yang senang teh ya memilih ngeteh begitu pula pecinta kopi ya tetap setia dengan kopinya. Tambahan susu di saat sahur untuk menambah stamina saat puasa -ni bukan lagi ngiklan lho., hehe. Oya jus buah juga menjadi pilihan minuman yang menyegarkan ya.. Paling sering sih jus wortel-tomat, jus mangga dan jus buah naga.

Naah..itu dia cerita tentang masakan favorit -atau tepatnya yang sering muncul- saat Ramadhan di rumah kami. Oya tulisan ini dibuat untuk menjawab tema arisan Blogger Gandjel Rel yang dilontarkan oleh dua blogger keren mba Wati dan mba Ika .

Bagaimana denganmu, teman? Ada masakan favorit saat Ramadhan juga? Sila bagi ceritanya di kolom komen yaa…

Iklan

Penulis: mechtadeera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

33 thoughts on “Masakan favorit saat Ramadhan

  1. Kalau aku sih paling doyan tumis kangkung ituuu

  2. anak2 paling doyan es pisang iji mbak, kalu emaknya sih apa aja yg penting buah

  3. Selamat menunaikan ibadah puasa ya Jeng. Kami juga ikutan memadati stan penjaja makanan berbuka puasa dg aneka segeran.

  4. Duh buahnya nenggiurkan *glek*

    Emang ya mbak kolak ato es buah itu favorit banget saat ramadan πŸ˜€

  5. Tumis2an macem Kangkung biasanya buat menu sahur klo drmhku mb,, soale cepet mateng..

  6. Duuhh tumis kangkungnya nampak enak πŸ˜€

  7. takjil yang aku suak ya bubur candil, kl suamiku cendol

  8. Tumis kangkungnya menggoda mbak bikin galfok πŸ˜€

  9. Mangganya enak tuh ya , suka banget ama mangga 😊

  10. Tumis kangkung itu gampang enak sehat pula

  11. Mangganya enyak banget buah favoritku tuuh tp belinya nunggu pas harganya murah 😁😁

  12. buat buka, harus batalin pake teh manis anget.
    menu buka n sahur, sayur2an deh mba. bisa cha, sayur sop atau pun sayur bening.

  13. Tumis kangkung…yeayy itu makanan legendaris kesukaan sejak saya.SD mbak. Dulu ibu pernah ngambilin tanaman kangkung tetangga untuk dimasak, tapi udah ijin loh ya..

    Sampai sekarangpun saya masih suka mbak tapi harus mulai mengurangi ya karena faktor u, hehe..

  14. Ngiler bacanya, kayaknya klo udh kebnyakan kaya gitu udh gk kuat perutny hhe

  15. Hmmmmm…. kangkung e ora nguati ah, po maneh disandingi tempe goreng anget πŸ˜€

  16. Tumis kangkung juaraaa banget. Sepanci ya bablas deh Mbak. Apalagi pas hamil Kak Ghifa, Mbak, hampir setiap hari aku nggak tumis kangkung. Hihi. Murah meriah dan mudah didapat sih ya.

    Mbak Mechta, makasih ya sudah meramaikan arisan blog yang kedua ini.

    • Haha… Itu kesukaanku, Ika.. Mudah didapat bahannya, gampil masaknya..dan biasanya langsung ludess..hehe.. Terima kasih juga Ika utk tema arisan yg kedua ini…

  17. Baru tau namanya nyem nyem hahaha

  18. Hampir semua makanan disebut Mbak πŸ˜„

  19. Es Campur favorit aku kalo udh mau berbuka puasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s