Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati

Anyang-anyangan? Di Uri-cran saja…

16 Komentar

Hai teman.. Pa kabar?

Sudah move on dari liburan? Hehe.. Iyalah, mestinya sih sudah mulai fokus lagi ke aktivitas sehari-hari setelah liburan usai yaa..

Begitupun aku, sudah mulai bergelut dengan tugas sehari-hari yang rasanya seolah tak ada habisnya itu. Lebaaay… Tapi dibuat asyik saja laah, lha wong memang sudah tugas kita kan ya, dikerjakan segera atau ditunda-tunda toh kita juga yang akan merasakan akibatnya. Apa enaknya sekarang bisa berleha-leha eh ternyata nanti kita juga yang harus nglembur menyelesaikan tugas-tugas yang tertunda itu, ya nggak?? Yuuk, mariiii kita kerjaaa….

Tapi, seheboh-hebohnya pekerjaan, jangan sampai lupa menjaga kesehatan ya.. Jangan sampai pekerjaan membuat kita lupa waktu makan, kurang minum, nahan buang air kecil… Hah, apa sih bahayanya nahan pipis?

Eh, jangan salah ya… Kelihatannya memang hal yang sepele, tapi terlalu sering menahan buang air kecil itu tak baik buat kesehatan kita, karena sering menahan Buang Air Kecil -BAK- bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan lho!

Tahu kan ya, anyang-anyangan? Itu lho, gangguan BAK yang membuat kita sangat tidak nyaman, karena frekwensi BAK yang sering namun hanya sedikit-sedikit yang keluar, bahkan sering juga disertai rasa nyeri / sakit di perut bagian bawah. Nah, pasti teman-teman -terutama wanita- sudah mengetahui atau bahkan sebagian mungkin pernah mengalaminya lebih dari sekali.

Kenapa wanita lebih rentan terhadap penyakit ini? Hal itu dikarenakan pada wanita, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran Buang Air Besar (BAB) lebih dekat, sehingga rentan mengalami gangguan di saluran kemih. Jangan anggap remeh anyang-anyangan ini ya… Karena anyang-anyangan bila tidak segera ditangani dapat mengakibatkan Infeksi Saluran Kemih -ISK.

Sebenarnya, apa penyebab anyang-anyangan itu? Apakah hanya karena sering menahan BAK saja? Atau ada sebab-sebab lainnya?

Setelah gugling sana-sini, ternyata memang ada cukup banyak penyebab anyang-anyangan selain dari menahan BAK itu. Beberapa di antaranya adalah sbb :

  • Bakteri E Coli yang masuk ke dalam saluran kemih. Menjaga kebersihan saat BAK dan saat ke kamar mandi sangatlah penting.
  • Bakteri Chlamydia yang masuk ke saluran kemih. Menjaga kebersihan pakaian dalam kita sangat penting untuk mencegah hal ini.
  • Kurang menjaga kebersihan organ intim juga dapat menjadi sebab terjadinya anyang-anyangan pada pasangan.
  • Gangguan prostat bisa menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan pada pria.
  • Penyakit kronis, antara lain Diabetes, Batu Ginjal.
  • Dehidrasi atau kurang mengkonsumsi cairan / air minum.
  • Kehamilan.
  • Alat KB
  • Menopouse

Nah, itu beberapa penyebab anyang-anyangan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah cukup dengan banyak minum air putih, atau bahkan dengan cara kuno seperti mengikat jempol kaki dengan karet? 🙂

Ternyata tak cukup hanya mengkonsumsi banyak air saja, karena air saja tidak bisa mengusir bakteri yang ada. Sedangkan cara mengikat dengan karet aku belum mendapat penjelasan ilmiahnya!

Salah satu solusi untuk mengatasi anyang-anyangan ini adalah dengan mengkonsumsi buah Cranberry (vaccinium oxycoccos), yaitu buah berwarna merah tua dari tumbuhan berry liar yang tergolong tumbuhan semak pendek dan banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada.

Buah Cranberry ( Sbr Gb : Web Uricran )

Konon, suku Indian kuno telah menggunakan buah ini untuk mengobati luka akibat panah, dan beberapa tahun terakhir ini buah ini telah dikenal luas sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati & mencegah sariawan serta berfungsi sebagai antioksidan.

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap buah Cranberry ini, dan akhirnya pada Bulan April 2004, AFSSA -Lembaga Pengawas Obat dan Makanan Prancis- telah mengizinkan penggunaan jus buah Cranberry yang mengandung Proantocyanidin ini sebagai anti bakteri untuk kesehatan saluran kencing, yang merupakan hasil dari 4 uji klinis secara acak dengan hasil bahwa Cranberry terbukti mampu menghambat ISK.

Tapi, di mana kita bisa mendapat buah Cranberry atau Jus Cranberry untuk mengobati anyang-anyangan itu?

Ah, tak perlu repot-repot, teman… Sekarang, Combiphar telah memproduksi Uricran yang mengandung ekstrak Cranberry dengan segala keutamaannya. Prive Uri-cran tersedia dalam 2 jenis, yaitu Prive Uri-cran kapsul dan Prive Uri-cran plus dengan sediaan bubuk dalam sachet yang dapat dilarutkan dalam air. Naah.. kalau aku sih pasti pilih yang ini, karena aku paling gak bisa minum kapsul! Haha…

Uri-cran Plus : ekstrak Cranberry dalam kemasan sachet ( Sbr Gbr : Web Uricran )

Nah teman-teman… Sudah jelas kan kalau menjaga kesehatan itu penting, meskipun itu ‘hanya’ dengan tidak sering menahan BAK yang menyebabkan anyang-anyangan. Ya, meskipun sudah ada solusi untuk mengatasinya, tapi lebih baik menghindari nya bukan?

Oya, ada pengalaman teman-teman dengan anyang-anyangan ini? Sila bagikan di komen yaa…

Iklan

Penulis: Mechta Deera

ASN yang bekerja dan berdomisili di Kota Pekalongan, blogger ( https://mechtadeera.wordpress.com dan http://mechta.blogdetik.com ) dan penulis buku : Notes from Mecca (memoar); Janji Pagi (kumpulan puisi); Tentang Mimpi dan Kaca yang Telah Pecah (kumpulan cerpen).

16 thoughts on “Anyang-anyangan? Di Uri-cran saja…

  1. Aku di rumah juga ada yg sachet mbak. Seger dan menyehatkan

  2. Sering banget ayang-ayangan waktu kecil .. hiks ga enak bgt mana gatau obatnya lagi so i have no idea what to do
    kemaren juga muncul lagi tuh gejala ayang-ayangan untung sudah tau obatnya 🙂 minum uricran dong

  3. Paling ga enak ya mba klo kena anyang2en. Bawaannya ke belakang mulu pdhl keluarnya ntar mung sakencrit. Untung skrg dah ada Uricran, ga susah2 lagi cari obat anyang2en.

  4. Uricran memang bisa menghempaskan anyang-anyangan ya mbak 😊

  5. Dulu sering anyang-anyangen… nggak enak banget rasanya. kalau di kampung dulu cuma dikasih treatment pakai cara tradisional (yang ga tau benar apa ga) alhamdulilah sekarang ada inovasi Uricran 🙂

    • Pernah diket jempolnya? hehe..duluuu waktu kecil pasti itu yang dilakuin.. Juga minum air putih yang banyak.. tapi ternyata itu tak cukup ya.. ada yg lebih praktis sekarang 🙂

  6. Moga2 sehat trs ya mbak ga dateng lagi deh si anyang2an yg nyebelin itu

  7. iya sih cowo jarang ya yg beseran hahaha

  8. Uricran ini rasanya enaaak anak2 ku aja sukaak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s