Lalang Ungu

ruang ekspresi sepotong hati


33 Komentar

Masakan favorit saat Ramadhan

Hai… Pa kabar, teman-teman..?

Alhamdulillah kita sudah berjumpa kembali dengan Bulan Ramadhan, bulan suci yang tentunya dinanti-nanti oleh kaum muslimin. Selamat menunaikan ibadah di Bulan Ramadhan bagi teman-teman yang menjalankannya yaa…

Ramadhan memang terasa istimewa, baik suasananya..maupun aneka makanan yang disajikan di rumah-rumah kaum muslim. Mungkin bahkan ada menu-menu khusus yang hanya hadir di kala Ramadhan saja.

Bagaimana di rumah kami?

Hm, mungkin agak berbeda dengan yang lainnya, di rumah kami memang tidak ada menu khusus selama Bulan Ramadhan ini.  Semua yang terhidang di bulan ini bisa juga terhidang di luar bulan Ramadhan, baik itu menu takjil, menu berbuka ataupun menu sahurnya.

Kenapa begitu? Entahlah, mungkin karena kebiasaan saja di rumah kami. Bukan berarti tak menghormati bulan suci lho yaa… Luar biasanya bulan Ramadhan adalah bahkan menu biasa terasa istimewa disantap di bulan ini. Mungkin lebih ke suasananya ya?

Nah, kalau ada yang bertanya apa menu favorit di bulan Ramadhan, jadi agak mikir juga ya..hehe.. Mungkin kata favorit di sini kuterjemahkan saja jadi yang sering muncul ya? ­čÖé Baca lebih lanjut


21 Komentar

Aku dan Instagramku

Hai.. IG-nya apa? Follow yaaa…

Hm…tampaknya sekarang kita makin sering ya menerima pertanyaan itu. Kalau dulu yang biasa ditanya akun FB dan URL blog, lalu tambah twitter dan sekarang tak ketinggalan akun IGnya ditanyakan pula.

Meskipun memang hobby cekrak-cekrek sejak dulu, aku belum lama membuat akun instagram. Awalnya membuat IG sebagai tambahan galery penyimpanan fotoku..hihi..

Foto pertama di akun IG @mechtadeera pada 29 Nop 2014

Oya, suka motret dan pinter motret itu beda lhoo… Aku sih suka cekrak-cekrek tapi yo asal jepret saja, gak mikir teknik-teknik apapun itu..hehe.. Pokoke, senang bisa mendokumentasikan sesuatu, entah itu suatu kegiatan ataupun sekedar rekaman atas hal-hal -yang menurutku- unik dan ingin kukenang.

Seperti kusebutkan tadi, pada awalnya aku memang kurang berminat main IG, lalu suatu waktu berkesempatan ngangsu kawruh dalam sebuah pertemuan dengan teman-teman blogger, yang antara lain menyimpulkan bahwa media sosial pun dapat kita berdayakan untuk menunjang kinerja blog kita.. (aiih..kinerja..bahasa tinggi nih..hehe..)

Nah, setelah itu mulailah timbul minatku untuk memberdayakan media sosial yang kupunya, dan juga membuat akun IG untuk melengkapinya. Baca lebih lanjut


23 Komentar

3 hal penting dalam persiapan dialog on air

on-air

Sumber Foto : Pixabay

“Maaf bu, ini dari radio bsp…mau menawarkan untuk komunitas blogger bisa ikutan on air bsok malam selasa jam 7…apakah bisa bu….untuk program acara nya trensetter…”

Itu adalah sebuah pesan yang masuk via Whatsapp ku beberapa waktu lalu.. Waah, langsung hepi deh membacanya. Siaran ? Hayuuuk… Baca lebih lanjut


19 Komentar

Pengalaman Ngubin Pertamaku

img_20170225_103452

“Bu, jadi ikut Ngubin?”

“Pagi ini? Di mana?”

“Ya, Bu.. Hari ini ada di Kecamatan Utara dan Timur, Bu”

“Ok.. Aku ikut yang ke Timur saja kalau begitu…”

Percakapan pagi itu terjadi antara aku dan koordinator penyuluh, sesaat setelah aku sampai di ruang kerjaku beberapa hari lalu. Memang sebelumnya aku pernah berpesan pada teman-teman penyuluh untuk bisa mengikuti kegiatan di lapangan agar aku semakin memahami seluk beluk tugas baruku. Nah, salah satu kegiatan di lapangan pada musim panen ini adalah NGUBIN.

Apa itu Ngubin? Baca lebih lanjut


43 Komentar

COPAS oh COPAS

copas

Sumber gambar : Pixabay

” Rin, kenapa sih muka lo jutek amat sama si Bunga?”

Gue sebel sama dia!”

“Iya gue tahu… Muka lo gak bisa bohong… Tapi kenapa? Bukannya kemarin-kemarin kalian sohiban?”

“Gue remidi di MaKul Pak Ali. Nah dia, yang jelas-jelas nyontek ke gue, justru dapat B. Gimana gue gak sebel?”

“Wah, pasti persis banget tuh jawaban kalian… Pak Ali kan sudah bilang kalau ada jawaban sama persis, salah satu pasti dapat nilai D, terlepas dari betul tidaknya jawaban itu…”

“Nah itu dia… Gue sudah bilang ke Bunga, boleh nyontek jawaban gue, tapi tulis lagi pakai kata-kata sendiri. Eh, rupanya dia nyontek plek-ketiplek sama persis, apesnya lagi lha kok punya gue yang dapat D. Huuh…”

Baca lebih lanjut


22 Komentar

Punai…oh Punai…

“Harapkan burung terbang tinggi PUNAI di tangan dilepaskan”

Ada yang pernah dengar peribahasa itu ? Tahu artinya?

Peribahasa itulah yang langsung teringat olehku ketika mendengar kata PUNAI.  Sebuah peribahasa yang mempunyai arti : melepaskan sesuatu yang kecil yang sudah didapat, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar yang belum tentu didapat.

Nah, kenapa pula kata PUNAI tiba-tiba hadir dalam percakapan kami yang membuatku teringat peribahasa itu?

Ceritanya, beberapa waktu yang lalu saat sedang di Ibu Kota, kami diundang makan malam di sebuah resto yang salah satu menu-unggulannya adalah BURUNG PUNAI goreng.

Terus terang itu kali pertama aku merasakannya, dan memang enak, empuk dan gurih. Rasanya lebih enak daripada Burung Dara atau Burung Puyuh, dua menu burung goreng yang pernah kurasakan sebelumnya.

Lalu aku penasaran, seperti apa sih si Burung Punai itu? Beberapa teman mengatakan bahwa itu adalah burung yang seperti Burung Puyuh. Hm, apa iya? Aku masih penasaran, yang mengantarkanku pada kegiatan mencari tahu tentang Si Burung Punai itu. Baca lebih lanjut


29 Komentar

Berkunjung ke Lokawisata Baturraden yang semakin cantik

judul_post

Akhir pekan lalu, aku berkesempatan mengikuti acara piknik keluarga yang diadakan Dharma Wanita kantor kami.  Rencana awal ke Pulau Panjang Jepara, namun karena satu dan lain hal, harus terjadi perubahan tempat tujuan. Setelah beberapa alternatif diajukan untuk dipilih, ternyata pilihan terbanyak adalah ke Baturraden.

Hm, aku pribadi sempat merasa kecewa karena perubahan tujuan dari Jepara ke Baturraden itu. Ya, karena aku sudah beberapa kali ke Baturraden, sedangkan ke Jepara samasekali belum pernah ­čśŽ

Tapi, kupikir lagi, Lokawisata Baturraden itu sudah cukup lama tak kukunjungi, lebih dari 5 tahun. Terakhir tahun lalu memang ke Baturraden, tapi ke hutan wisatanya. Naah, mungkin saja suasana lokawisata itu sudah berubah, bukan?
Baca lebih lanjut